Telur Lovebird Telat Menetas ? Berikut Solusinya

Beberapa penyebab kenapa telur lovebird telat menetas – Pada umumnya, telur lovebird akan menetas seteleh proses pengeraman memasuki hari ke- 21.

Namun pada beberapa khasus, telur tersebut enggan menetas meski telah melewati masa 21 hari.  Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi dilema tersebut? Simak sedikit tips untuk menangani telur lovebird yang tidak kunjung menetas berikut ini.

Menangani Telur Lovebird yang Telat Menetas

Menetaskan telur lovebird
Menetaskan telur lovebird

Sebelum melakukan penanganan yang tepat pada si telur, pastikan Anda telah menghitung dengan cermat usia pengeraman telur lovebird tersebut.

Pastikan bahwa telur memang telah melewati hari ke- 21, sebab jika salah menghitung, dan ternyata masih kurang satu hari saja, maka telur yang ditetaskan secara paksa tersebut akan menghasilkan anakan yang cepat mati.

Baca juga : Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Lengkap

Sang anakan bisa-bisa tidak akan bertahan lama sebab usianya memanglah kurang. Berikut langkah penanganan selanjutnya jika telur lovebird telat menetas. Praktekkan cara di bawah ini saat malam hari karena biasanya telur lovebird menetas di malam hari.

  Download Kumpulan Suara Lovebird Terbaik MP3

Persiapan alat:

  • Senter
  • Sarung tangan
  • 1 Buah peniti berukuran besar
  • Air hangat
  • Kapas
  • Alkohol atau antiseptik lainnya

Cara penanganan:

Setelah memastikan usia telur telah memasuki hari ke- 22, raba permukaannya untuk mendapatkan tekstur kasar utamanya pada bagian telur yang lebih lonjong. Tekstur kasar tersebut adalah tanda bahwa telur sudah merekah.

Beri pencahayaan dengan senter, dan Anda akan mendapatkan bayangan hitam / anakan lovebird dari dalamnya. jika kasusnya anda tidak melihat bayangan hitam kemungkinan besar telur tersebut memang kosong / tidak isi.

Gunakan sarung tangan Anda, karena dalam proses “operasi” ini haruslah streril. Demikian juga peniti yang akan kita pergunakan sebagai alat utama penanganan, rendam dahulu di dalam alkohol atau cairan antiseptik. Bagian jarum yang akan kita gunakan nantinya adalah bagian pangkalnya atau yang tidak tajam.

Basuh telur lovebird dengan menggunakan air hangat secara perlahan. Kuliti telur tersebut secara perlahan mulai dari bagian telur yang tidak ada janinnya.

Baca juga : Foto Hasil Kawin Silang Burung Parkit Dengan Lovebird

Saat proses menguliti tersebut, secara perlahan akan nampak selaput tipis yang menyelubungi anakan lovebird, robek selaput tersebut secara perlahan untuk mengeluarkan anakan.

  Inilah cara Penilaian Burung Lovebird di Kontes Kecantikan

Setelah berhasil mengeluarkan anakkannya, segera lap menggunakan kapas dengan lembut, dan letakkan anakannya pada glodok dengan hati-hati. Proses “operasi” telur lovebird dinyatanyakan selesai.

Mengapa telur yang lewat usia 21 harus segera ditetaskan? Jawabannya adalah karena semakin lama maka sumber pakan yang terdapat pada telur tersebut akan habis, akibatnya anakan akan mati jika tidak segera dikeluarkan.

Kesimpulan

Telur lovebird yang boleh ditetaskan secara manual adalah telur yang telah melewati hari ke-21 sejak hari pertama keluar dari rahim sang induk.

Jangan sampai hitungan harinya kurang atau juga lebih, karena akan menyebabkan kematian pada anakan tersebut. Demikian yang bisa kami bagikan seputas menangani telur lovebird yang tidak kunjung menetas, semoga bermanfaat bagi Anda.

 

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.