Gambar anakan murai batu
Uncategorized

Sukses Mendulang rupiah dari Ternak Murai Batu

Sukses Mendulang rupiah dari Ternak Murai Batu-  Apapun pekerjaan yang dilakukan, jika anda menekuninya dengan sabar tentu saja akan menghasilkan kesuksesan seperti yang anda idamkan. Salah satunya yaitu dengan menangkarkan burung murai, yang kini menjadi ladang bisnis yang cukup menguntungkan di kalangan masyarakat terutama pecinta burung kicau.

Burung murai memang sering dijadikan sebagai salah satu burung ternak, tak hanya karena suara kicaunya yang merdu dan bervariasi namun juga dikarenakan burung murai memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Untuk anakan murai batu yang berusia 2-3 bulan, bisa dihargai Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000 tergantung dari kualitas anakan dan  indukan burung itu sendiri.

Apalagi murai batu memang seringkali memenangkan perlombaan yang keuntungannya bisa mencapai ratusan juta rupiah. jika anda masih pemula dan berminat untuk ternak murai batu, maka anda bisa mencoba tips di bawah ini.

Persiapkan Modal yang Cukup

Gambar indukan murai betina

Gambar indukan murai betina

Ada beragam jenis murai yang di jual di pasaran mulai dari murai nias, murai kalimantan / borneo, murai aceh sampai murai medan, harga jual jenis burung murai tersebut bisa dikatan cukup berbeda-beda akan tetapi yang menjadi favorit penangkar murai saat ini adalah jenis murai ekor panjang dan murai nias.

Prospek Cerah Ternak Cucak Ijo yang Masih Sedikit Saingan

untuk indukan murai batu produktif dengan ekor kisaran 20cm biasanya di jual dengan harga 10 jutaan dan untuk anakannya sendiri biasa di jual dengan harga kisaran 2 – 5 jutaan / per ekor, sedangkan untuk indukan murai nias harga jualnya berkisar 5- 7 jutaan sedangkan untuk anakan harga jualnya berkisar sekitar 1 – 2 jutaan tergantung kulitas anakan, usia dan juga indukannya.

Jika target anda adalah mendapatkan penghasilan sampai 10 juta perbulan stidaknya murai yang anda tangkarkan harus bisa produksi sekitar 5 ekor per bulan, kalau di itung kasar setidaknya anda membutuhkan 5 indukan murai produktif.

Tentukan Lokasi Kandang

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah tentukan lokasi dimana anda akan menempatkan kandang murai batu. Kandang ini akan berfungsi memudahkan peternak untuk memberikan makan, minum, pengelolaan kotoran hingga perkawinan burung murai. Penempatan kandang menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam penangkaran sehingga benar-benar perlu anda perhatikan dengan baik. Akan lebih baik jika kandang murai batu anda tempatkan di luar rumah, entah itu di pekarangan maupun samping rumah. Yang paling penting adalah pastikan jika lokasi kandang cukup tenang dan jauh dari gangguan.

Perhatikan Ukuran Kandang

Ukuran kandang burung juga perlu untuk diperhatikan karena akan sangat berpengaruh pada kesehatna serta produktivitas burung murai batu. Sebaiknya buatlah ukuran kandang yang tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Jika terlalu besar maka akan menyebabkan burung akan lebih banyak bergerak atau terbang sehingga energinya lebih banyak terkuras untuk bergerak. Sedangkan jika terllau kecil, akan membuat burung merasa stress dan menganggu reproduksi burung murai batu.

Perlengkapan Kandang

Kandang yang digunakan untuk tempat penangkaran burung murai batu juga perlu dilengkapi dengan sarana pendukung, antara lain adalah:

Tempat bersarang, anda bisa menggunakan baskom plastic yang berukuran kecil, kuali bekas, anyaman bamboo, dan lainnya. namun yang terbaik adalah menggunakan anyamanan bamboo karena dinilai memberikan efek sejuk sehingga bruung dapat nyaman bertelur dan mengeram

Tempat pakan dan minum, usahakan agar tempat pakan dan minum saling berdekatan dan mudah dilihat. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihkan tempat pakan dan minum burung murai. Jika bisa anda bisa menambahkan wadah yang digunakan untuk tempat mandi burung.

Tenggeran, anda bisa meletakkanya di dalam kandang pada posisi tepat sehingga nantinya tidak akan menganggu burung untuk leluasa bergerak dalam kandang. Selain itu, tenggeran yang digunakan pada proses perkawinan juga sebaiknya tidak sembarangan dipilih. Untuk jenis, penempatan dan ukuran juga harus diperhitungkan dengan baik.

Jaga kebersihan kandang

Yang paling penting dalam ternak burung murai adalah dengan selalu menjaga kebersihan kandang. Anda bisa membersihkan tempat makan dan minum burung setiap hari, lakukan pergantian pakan dan air minum setiap pagi, bersihkan tempat penampungan kotoran setiap hari, setidaknya lakukan pembersihan kandang burung 1 kali seminggu, jangan lupa sterilkan kandang menggunakan obat anti kuman atau disinfektan, dan lainnya. pastikan kondisi kebersihan kandang burung benar-benar terjaga sehingga burung tetap sehat

Pemberian Pakan Burung Murai Batu

Agar nutrisi burung terpenuhi, maka selalu gunakan pakan yang segar dan beragam untuk burung murai batu. Untuk pakan burung sendiri bisa menggunakan pakan alami, buatan, maupun campuran keduanya. Jangan lupa untuk memberikan pakan ekstra agar mendongkrak pertumbuhan burung serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh murai batu. Untuk pakan ekstra ini anda bisa memberikan ulat hongkong, jangkrik, cacing, belalang, maupun orong-orong.

Menjual Murai Hasil Tangkaran

Grup murai batu

Grup murai batu

Karena peminat burung murai yang lumayan banyak, saya rasa anda tidak akan kesulitan untuk menjual anakan burung tersebut, beberapa penangkar kenalan saya malah kandang sebelum telur menetas biasanya sudah di pesan orang terlebih dahulu. Akan tetapi jika belum ada yang memesan anda bisa mencoba menawarkanke penjual ataupun di post ke beberapa grup murai batu di facebook jika kualitas anakan yang anda jual bagus dan sesuai dengan harganya saya rasa burung murai tersebut akan laku di pasaran

Ternak murai akan bisa memberikan keuntungan yang cukup besar jika memang anda rutin dan telaten dalam beternak burung kicau ini. Semoga informasi diatas bisa membantu anda.

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Sukses Mendulang rupiah dari Ternak Murai Batu
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas