Gambar Burung Cucak Jenggot
Cucak Jenggot

Download Kumpulan Suara Cucak Jenggot Lengkap

Suara Cucak Jenggot sangat khas dan unik. Wajar bila ia dikenal sebagai burung masteran. Salah satu jenis dari burung kutilang ini merupakan kerabat dekat dari cucak ijo dan cucakrawa. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lumayan besar, yakni mencapai 22 cm. Terdapat jambul di kepalanya yang akan tegak ketika ia terbang atau berkicau. Di bagian tenggorokan ada bulu halus lebat yang mirip seperti jenggot. Dari situ lah namanya diambil.

Warna burung tersebut sangat bervariasi, mulai dari kuning, putih, coklat zaitun hingga hitam keabu-abuan. Khusus yang terakhir, terlihat pada area pipi sampai tengkuk. Kicauan Grey-cheeked Bulbul di alam liar dengan hasil peliharaan atau tangkaran sebenarnya tidak begitu berbeda. Biasanya, ia mengoceh dengan cukup keras dan terdengar seperti, “cret..cret..”.

Gambar Burung Cucak Jenggot

Gambar Burung Cucak Jenggot (agrobur.com)

Suaranya memang cenderung monoton serta hanya terdiri atas dua jenis variasi saja. Ketika berkicau, bulu-bulu di area tenggorokan dan mahkota kepalanya akan tegak.

Jenis-jenis Burung yang Mirip dengan Cucak Jenggot

Berikut ini beberapa burung yang meskipun tidak serupa, tapi disebut-sebut memiliki tampilan fisik yang mirip dengan Cucak Jenggot:

Kapas Tembak (Ochraceous Bulbul)

gambar burung kapas tembak

gambar burung kapas tembak

Burung yang bernama ilmiah Alophoixus ochraceus ini tidak begitu berbeda dengan Cucak Jenggot. Warna bulu dan keberadaan jambul serta jenggotnya serupa. Tapi, bila diperhatikan dengan seksama akan terlihat perbedaannya. Dari segi suara pun lebih kasar.

Palawan Bulbul

Gambar Belum Tersedia

Dikenal juga dengan Grey-throated Bulbul, ia merupakan spesies burung cucak endemik Pulau Palawan di Filipina. Dulu, ia diklasifikasikan sebagai spesies tersendiri, namun sekarang telah dimasukkan sebagai sub spesies cucak jenggot. Kicauannya kasar, seperti perpaduan antara kapas tembak dan cucak jenggot.

White-throated Bulbul

burung mirip cucak jenggot

burung mirip cucak jenggot (wikimedia.org)

Jenis burung cucak-cucakan bernama lain Alophoixus flaveolus ini masih satu ras dengan cucak jenggot. Penyebarannya ada di Thailand, China, Nepal, Burma, India, Bangladesh dan Bhutan. Anda tidak bisa menemuinya di Indonesia.

Puff-throated Bulbul

Burung puff throated bulbul

Burung puff throated bulbul

Spesies burung pengicau tersebut berasal dari keluarga Pycnonotidae dan bernama latin Alophoixus pallidus. Ia banyak ditemui di wilayah Thailand, Kamboja, China, Burma, Laos dan Vietnam. Habitat aslinya ada di hutan, baik tropis maupun sub tropis.
Ukuran tubuhnya cukup panjang, yakni sekitar 23 cm. Bulu bagian atasnya berwarna coklat zaitun dan bergaris kuning dasar. Area tenggorokannya berwarna putih. Itu membuat penampilannya sekilas mirip White-throated Bulbul, tapi lebih kusam.
Bagian tubuh lainnya, seperti kaki berwarna hitam serta iris mata dan paruh bernuansa coklat. Puff-throated Bulbul jantan dan betina secara fisik hampir sulit dibedakan.

Kumpulan Suara Cucak Jenggot

Nama Cucak Jenggot seringkali dikaitkan dengan Cucakrawa. Tapi, jika dilihat dari segi popularitas, burung terakhir jauh lebih populer. Meskipun begitu, Cucak Jenggot bisa dikatakan cukup unggul, terutama bila kicauannya dijadikan master isian untuk burung lain.

Maksudnya, suara ocehan burung itu dimanfaatkan untuk melatih songbird lain supaya tetap berkicau. Misal, pemilik Cucak Ijo ingin meningkatkan kualitas atau variasi suara peliharaannya. Maka salah satu caranya adalah dengan mendengarkan suara master, ia perlu memperdengarkan kicauan Cucak Jenggot setiap hari agar dapat ditirukan oleh Cucak Ijo.

Di bawah ini link yang bisa Anda gunakan untuk mendownload ocehan Cucak Jenggot:

Kumpulan Suara Cucak Ijo Download Tanpa Ribet
Suara Cucak Jenggot MP3 Download
Suara Cucak Jenggot Gacor Download
Mp3 Cucak Jenggot Betina Download
Suara Masteran Cucak Jenggot Download

Download Juga : Kumpulan Suara Perkutut lengkap

Demikianlah jenis-jenis burung yang bernama latin Alophoixus bres dan kumpulan suara cucak jenggot di atas. Semoga suara Burung Cucak Jenggot di atas bisa membantu Anda melatih peliharaan yang ingin dilombakan.

6 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Download Kumpulan Suara Cucak Jenggot Lengkap
2 Comments

2 Comments

  1. Jenggotmania

    April 10, 2018 at 7:31 am

    Jos untuk namabah suara masteran

  2. kicauom

    April 10, 2018 at 8:47 pm

    saya tunggu koleksi burung lainnya

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas