Kumpulan suara burung tledekan
Tledekan

Download Kumpulan Suara Burung Tledekan Banyak Pilihan

Suara Burung Tledekan terdengar merdu dan bisa ngeroll dengan durasi yang lumayan panjang. tledekan juga serubf disebut dengan Sikatan atau Sulingan, burung tersebut berasal dari famili Muscicapidae dan genus Cyornis. Panjang tubuhnya berkisar antara 8-10 cm. Ia berhabitat di area hutan lebat yang di sekitarnya terdapat aliran sungai.

Tledekan tersebar di Indonesia, Thailand, Kamboja, Cina Barat Daya, India dan Nepal. Di negara kita sendiri, ia dapat ditemui di daerah Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Makanan kesukaannya ketika berada di alam liar adalah ulat, capung serta buah-buahan.
Di samping memiliki kicauan yang istimewa, ia juga hadir dengan warna bulu nan cantik. Tapi, itu bukan faktor utama keunggulannya. Dari segi kecerdasan, Sikatan tidak perlu diragukan lagi. Ia bisa meniru suara gacor burung lain dengan tingkat kemiripan yang hampir sama.

Bila dilatih dengan baik, kicauannya pun akan lebih istimewa. Contohnya, pada tahun 2000-an, Sulingan pernah menjadi raja kicau di hampir semua kejuaraan yang diikutinya. Itulah yang membuatnya sangat populer dan masih banyak dipelihara hingga sekarang.

Jenis-jenis Burung Tledekan

Terdapat beberapa macam Tledekan beserta ciri khasnya yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Tledekan Gunung (Cyornis Banyumas)

Burung yang bernama lain Sikatan Cacing ini banyak dijumpai di Pulau Jawa dan Kalimantan. Para mania burung sangat menyukai Tledekan Gunung karena mempunyai kicauan yang mendayu-dayu dan warna bulu nan apik. Antara jantan dan betina mudah dibedakan menurut warna bulu badannya.

Cyornis Banyumas jantan memiliki warna kombinasi biru gelap dan hitam, dari bagian kepala hingga ekornya. Sementara yang betina lebih mencolok, yakni kuning keabu-abuan.

Tledekan Laut (Cyanoptila Cyanomelana)

Sesuai namanya, burung yang juga dikenal dengan Sulingan Laut ini berhabitat di sekitar laut atau hutan bakau. Sering ditemui di daerah Sulawesi, Kalimantan, Sumatera dan Karimun Jawa. Penggemarnya di negara kita cukup banyak. Meski kicauannya tidak terlalu istimewa, tapi lumayan keras dan merdu.

Download Juga : Download Kumpulan Suara Burung Robin MP3 Untuk Masteran

Ciri utama Cyanoptila Cyanomelana terletak pada warna bulunya. Untuk yang berkelamin jantan memiliki warna biru mengkilap pada bagian atas tubuhnya, dengan gabungan nuansa hitam pada area leher, dada dan muka. Sedangkan Tledekan Laut betina berwarna coklat dan sedikit abu-abu di bagian atas tubuhnya. Tapi, tenggorokan dan perutnya didominasi oleh warna putih cerah.

Tledekan Bakau (Cyornis Rufigastra)

Meski bernama lain Sikatan Gunung Kalimantan, bukan berarti burung ini hanya bisa ditemukan di Borneo. Ia juga terdapat di daerah Sumatera, Sulawesi dan Karimun Jawa. Penampilannya secara fisik hampir serupa dengan Tledekan Gunung, tapi tetap dapat dibedakan.

Tledekan Bakau yang berjenis kelamin betina memiliki warna bulu agak pucat. Bagian punggung hingga ekornya berwarna biru gelap. Paruh atasnya membentuk huruf “V” dan area di bawah dagunya berwarna kuning.
Suara kicauan Cyornis Rufigastra sendiri berbeda antara betina dan jantan. Pada betina, bunyinya seperti suling, terkadang juga ngeriwik, sedangkan suara jantan bervariasi, hampir sama dengan Tledekan Gunung.

Tledekan Selendang Biru (Cyornis Unicolor)

Jenis burung ini terbagi menjadi dua, yakni Ninon dan Sikatan Biru Muda. Tapi, yang terakhir lebih disukai oleh penggemar burung. Namanya sendiri diambil dari warna biru yang mendominasi bagian atas tubuh tledekan tersebut. Area penyebaran Tledekan Selendang Biru di Nusantara meliputi, Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Cyornis Unicolor yang berkelamin jantan dan betina sangat mudah dibedakan. Si jantan memiliki punggung yang berwarna biru terang, namun bagian dada dan tenggorokannya bernuansa biru cerah. Suara kicauannya sangat merdu dan bervariasi.

Sedangkan si betina mempunyai punggung yang lebih gelap, yaitu coklat keabu-abuan. Selain itu, ekornya berwarna coklat kemerahan. Pada bagian lingkar mata Tledekan Selendang Biru betina akan terlihat warna kuning kecoklatan. Berbeda dengan jantan, bunyi kicauannya terdengar monoton dan tidak bervariasi.

Tledekan Kembang

Disebut demikian karena warna bulu burung tersebut indah seperti bunga. Hitam gelap mendominasi bagian punggungnya, sementara nuansa putih hanya bisa ditemukan pada area mata dan sayapnya. Ia memiliki ukuran badan yang kecil dengan ekor dan paruh pendek. Sekilas, ia tampak seperti Burung Decu atau Kacer.

Download Suara Tledekan

Burung Tledekan mempunyai kicauan yang merdu dan unik. Untuk menghasikan suara gacor sendiri tidak membutuhkan pelatihan yang menguras tenaga. Itu menjadi salah satu faktor banyaknya peminat burung tersebut di Indonesia. Berikut link download suara Tledekan:

Download Suara tledekan gunung full isian

Download Suara tledekan berkualitas bagus

Download Suara Tledekan Gacor

Download Suara Burung sulingan atau tledekan

Download sulingan gacor

Download Tledekan gacor

Download Suara Burung tledekan

Download Kicau burung tledekan

Seiring berjalannya waktu, keberadaan Tledekan hampir langka. Meski begitu, ia masih banyak dipelihara, baik sebagai peliharaan maupun untuk memaster burung lain, seperti murai, kacer dan cucak ijo karena suara Burung Tledekan yang nyeklek serta unik.

2 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Download Kumpulan Suara Burung Tledekan Banyak Pilihan
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas