suara burung cucak ijo kalimantan
Cucak ijo

Download Kumpulan Suara Cucak Ijo Berbagai Jenis MP3

Suara burung cucak ijo – Burung Cucak Ijo dengan nama ilmiah Chloropsis sonnerati  juga dikenal sebagai Leafbirds atau Leafbirds yang lebih tua dari Malachite. Cucak ijo adalah burung penyanyi yang di beri nama sesuai berwarna aslinya dan tumbuhan hijau tempat tinggalnya. Cucak ijo secara alami di temukan  di Brunei, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura dan Thailand.

Mereka menghuni hutan dataran rendah subtropis atau tropis lembab dan hutan bakau, sebagian besar tersisa di hutan-hutan tua, namun juga ditemukan di hutan sekunder dan di sepanjang tepian hutan. Mereka biasanya tetap berada di tingkat kanopi, melompat di antara dahan pohon atau terbang dari pohon ke pohon.

Burung ini berukuran sedang, lidahnya seperti sikat dan cukup kuat, lurus sampai ke bawah yang melengkung dengan bulu yang kaku dan mirip rambut di dasar yang melindungi mata mereka dari kaki dan sayap serangga mereka. Perutnya sebagian besar berwarna hijau.

Gambar Burung Cucak ijo betina

Gambar Burung Cucak ijo betina (sumber @annisakhotijah)

Cucak Ijo membangun sarang berbentuk cangkir terbuka dari batang halus, bagian daun dan akar rumput. Sarang ini biasanya diletakkan di ujung dahan di dekat mahkota pohon; meskipun beberapa mungkin menggantung dari tunas horizontal tipis pohon, atau menempel pada sepasang ranting vertikal. Bertelur rata-rata terdiri dari 2 – 3 butir telur merah muda. Inkubasi berlangsung sekitar 14 hari dan dilakukan oleh betina saja, sementara jantan memberi makan sang betina. Mereka sebagian besar memakan serangga, buah, buah beri dan nektar.

Kumpulan Suara Cucak Ijo

Cucak Ijo adalah burung yang dapat bernyanyi. Penasaran dengan suaranya? Anda bisa mendownload suara cucak ijo. Berikut ini link download.

Kumpulan Suara Cucak Ijo Download Tanpa Ribet
Suara Cucak ijo banyuwangi Download
Suara cucak ijo gacor Download
Suara Cucak ijo mini Download
Suara Cucak ijo betina gacor Download

Ragam Jenis Cucak Ijo

Selain warnanya yang hijau khas, cucak ijo juga memiliki suara yang khas lho. Burung cucak ijo memang burung yang bisa bernyanyi. Suara burung cucak ijo khas, tak heran banyak orang yang memeliharanya untuk mendengarkan kicauannya atau untuk bertarung. Cucak ijo setiap jenisnya memiliki suara yang berbeda.

Cucak Ijo Banyuwangi

suara burung cucak ijo banyuwangi

suara burung cucak ijo banyuwangi (Sumber ig :
@khamim_aza)

Jenis ini merupakan yang terbaik di antara jenis lainnya. suara burng cucak ijo sangat atraktif dan ketika ngentrok jambul yang ada di kepalanya akan berdiri. Cucak ijo yang berasal dari daerah Banyuwangi, Jawa timur, memiliki kepala yang besar, warna hijaunya tajam, tubuhnya meliuk sempurna dan suara yang merdu. Burung yang sempurna.

Baca juga : Download Koleksi Suara Burung Jalak Suren Terlengkap

Karena keindahan fisik dan suaranya, cucak ijo memiliki harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan yang lainnya. maka dari itu hati-hatilah ketika bertransaksi, karena burung cucak ijo kalimantan dan Banyuwangi sekilas terlihat sama. Jangan sampai tertipu.

Cucak Ijo Kalimantan

suara burung cucak ijo kalimantan

suara burung cucak ijo kalimantan

Yang satu ini sekilas akan sama dengan Cucak Ijo Banyuwangi. Tetapi sangat berbeda walaupun Jenis ini memiliki mental baik dan tangguh. Suaranya tidak seatraktif cucok ijo Banyuwangi. Jambulnya juga tidak akan berdiri ketika sedang ngentrok.

Jika cucok ijo Banyuwangi warna hijaunya tajam, jenis ini memiliki warna hijau yang kekuningan. Ketika ia dewasa warna biru tidak akan ada di burung ini. Postur tubuh cucok ijo kalimantan tidak sebesar cucak ijo yang berasal dari Banyuwangi, ia tidak melengkung. Berukuran sedang dan pendek. Ekornya pendek, kaku dan tidak melengkung.

Cucak Ijo Sumatera

Suara burung cucak ijo sumatra

Suara burung cucak ijo sumatra (sumber : @ridhauliya)

Walaupun namanya cucok ijo, jenis yang ini memiliki kepala berwarna kuning. Makanya ia memiliki nama lain Cucak Ijo kepala kuning. Di bagian pipi cucok ijo sumatera terdapat warna biru yang mengkilap.  Untuk postur tubuhnya sendiri berukuran lebih kecil dari jenis yang kalimantan dan Banyuwangi.  Tak heran jenis ini lebih murah jika di bandingkan dengan kedua jenis diatas.

Walaupun badannya kecil, burung ini kecil-kecil cabe rawit. Suara burung cucak ijo sumatera lantang dan mengalun merdu. Sama dengan jenis yang Banyuwangi, jenis ini akan berdiri jambulnya ketika ngentrok. Dan suaranya jua atraktif. Jenis ini murah tapi berkualitas.

Cucak Ijo Mini

suara burung cucak ijo mini

suara burung cucak ijo mini

Masih di jenis yang mini, ada juga Cucak Ijo Mini dengan nama ilmiah  Chloropsis cyanopogon. Sesuai namanya, jenis ini lebih kecil dari semua jenis yang sudah disebutkan diatas.

Untuk fisik dan warnanya mirip dengan burung cucak ijo Kalimantan yaitu tidak ada warna biru. Dari segi suaranya ia lebih variatif. Jika cucak ijo besar kurang variatif, jenis ini lebih bervariasi suaranya. Suara burung cucak ijo mini terbilang nyaring tetapi merdu.

Demikian tadi beberapa hal mengenai burung cucak ijo. Penasaran dengan suara burung cucak ijo, silahkan klik link-link di atas.

7 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Download Kumpulan Suara Cucak Ijo Berbagai Jenis MP3
1 Comment

1 Comment

  1. Deery anoman

    Mei 20, 2018 at 7:00 pm

    Joss hanya di burungpedia.com download suara cucak ijo ga pake ribet, selain itu suarNya juga lumayan jernih dan enak di dengar. Btw saran aja sih tambah juga koleksi suara cucak ijo mininya lumayan bisa di jadikan sebagai masteran

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas