Solusi untuk Kacer Kurang Gacor yang Bisa Anda Coba

Kacer macet bunyi - sumber: arenahewan.com

Solusi untuk kacer kurang gacor yang bisa Anda coba – Sebagai burung yang memiliki jiwa fighter tinggi, burung kacer tidak jarang menunjukkan karakter labilnya, oleh sebab itulah sang burung membutuhkan perhatian yang konsisten dari pemiliknya.

Sedikit saja lalai dalam perawatan hariannya, mental sang burung bisa nge-drop dan mengalami stres yang berujung pada macet bunyi. Tentu hal tersebut sangat dihindari oleh para kacer mania, terlebih jika sang kacer sudah gacor dan pandai memainkan lagu-lagu yang bervariasi. Alamak, bisa pusing dibuatnya!

Namun jika hal tersebut terjadi pada kacer kesayangan Anda, jangan panik, coba pikirkan dan diingat-ingat lagi apa yang mungkin menyebabkan kacer tersebut macet bunyi.

Penyebab Kacer Macet Bunyi

Kacer macet bunyi – sumber: arenahewan.com

Beberapa penyebab umum biasanya terjadi karena kacer sedang memasuki masa mabung, mengalami stres, atau sedang sakit, tanda-tanda atau ciri kacer yang mengalami masalah tersebut adalah: nafsu makannya berkurang, gerakannya lamban, dan bulu-bulunya terlihat kusam. Untuk lebih jelasnya, silahkan disimak penjelasan berikut ini,

Kacer Mengalami Masa Mabung

Kacer yang sedang mabung akan mengurangi aktivitasnya dan menghemat energi dengan berdiam diri saja, termasuk tidak mau berkicau. Hal ini wajar saja, selama proses mabung tersebut berlangsung secara alami dan bukan karena burung sakit. Jika kacer telah melewati masa mabung, nantinya akan kembali ke peforma awalnya

  Merawat Kacer Bakalan Agar Bisa Memiliki Mental yang Bagus

Kacer Mengalami Stres

Stres yang dialami kacer biasanya dipicu oleh trauma akibat sangkar pernah terjatuh, atau adanya gangguan dari binatang asing seperti serangga besar atau lab-laba yang masuk ke dalam sangkarnya. Saat stres itulah, kacer akan menunjukkan perilaku yang nampak gelisah dan tidak tenang.

Baca Juga : Mencegah dan Menangani Kacer yang Stres / Macet Bunyi

Perawatan Hariannya Kurang Tepat

Perawatan harian yang kurang tepat atau tidak konsisten bisa memicu kacer menjadi macet bunyi. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemiliknya adalah mengganti pakan atau ekstra fooding sang kacer secara mendadak, tanpa dilakukan proses secara bertahap.

Mentalnya Lagi Drop

Terkadang pemilik terlalu ambisius dengan menurunkan kacer muda untuk dilombakan. Memang saat di rumah burung sudah menunjukkan peforma yang bagus, namun jika mentalnya belum siap, terlebih lagi berjumpa dengan burung senior, mentalnya bisa jatuh seketika.

Banyak sekali kasus yang membuktikan jika mental sang burung sudah drop, maka perilaku selanjutnya burung menjadi macet bunyi.

Kacer Mengalami Gangguan Kesehatan

Gangguan kesehatan yang kerap menjadi pangkal masalah dari kacer yang macet bunyi adalah sakit tenggorokan atau gangguan saluran pernapasan.

  Perhatikan Hal Ini Dalam Memilih Burung Kacer untuk Dilombakan

Awal gejalanya burung menampilkan suara serak, lalu berlanjut ke macet bunyi. Segera ambil tindakan pengeobatan bila kacer Anda mengalami masalah tersebut.

Solusi Kacer Macet Bunyi

Terapi pengembunan pada burung – sumber: jitunews.com

Untuk solusi kacer macet bunyi akibat salah perawatan atau berbagai masalah lainnya, silahkan dicoba tips di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang bisa Anda ambil adalah dengan memindahkan sangkarnya ke tempat yang lebih sejuk.
  2. Putar beragam audio terapi seperti suara percikan air atau bunyi-bunyian alami lainnya untuk merangsang kacer agar mau berkicau lagi.
  3. Berikan ekstra fooding berupa jangkrik secara rutin sebanyak 4 – 5 ekor per harinya. Jika memungkinkan, kroto juga bisa diberikan seminggu sekali.
  4. Berikan multivitamin yang berfungsi untuk meningkatkan stamina sang burung, multivitamin ini bisa Anda dapatkan di toko-toko burung terdekat.
  5. Berikan terapi pengembunan di subuh hari hingga menjelang matahari bersinar.
  6. Jika kacer mengalami macet bunyi karena sedang terserang penyakit, maka tidak ada alasan untuk menunda pemberian obat. Semakin cepat penanganan, maka semakin cepat pula burung kembali ke peforma terbaiknya.
  7. Selalu jaga kebersihan sangkar dan peralatan di dalamnya agar burung kacer merasa lebih nyaman.
  8. Setelah kacer menunjukkan perubahan yang positif, berikan pelatihan ulang dengan menggunakan burung kacer yang bermental kurang bagus (kacer untulan) agar kacer milik Anda terangsang untuk bunyi dan mentalnya kembali terangkat.
  9. Setelah itu Anda baru bisa memberikan perawatan harian seperti sebelumnya, namun tentu saja harus dilakukan secara bertahap agar burung tidak kaget.

Itulah beberapa solusi kacer macet bunyi yang bisa Anda coba untuk memulihkan kondisi burung Anda, atau sebagai jaga-jaga jika suatu saat nanti sang burung mengalami masalah serupa.

  Burung Langka Kacer Albino / Putih Memang Benar Adanya

Kesimpulan

Meskipun kacer terkenal dengan karakter agresif dan petarung yang handal, namun tidak berarti burung ini terbebas dari masalah macet bunyi.

Untuk menangani masalah yang “menyeramkan” tersebut, pertama-tama Anda harus mengerti penyebab atau alasan burung menjadi macet bunyi.

Setelah sumber persoalan didapatkan, baru solusi kacer macet bunyi bisa Anda kerjakan, dengan demikian, permasalahan bisa teratasi dengan tuntas dan secepat mungkin. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menambah referensi seputar penanganan kacer macet bunyi.

Sampaikan kritik dan saran atau pertanyaan yang mengganjal mengenai burung peliharaan Anda, sebisa mungkin kami akan segera menjawab dan menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut. Ikuti terus Burungpedia.Com agar Anda tidak melewatkan artikel-artikel menarik lainnya, salam kicau mania!

3 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.