Gambar cipoh mudah hutan
Sirtu

Cara Memilih Burung Sirtu gacor di Kandang Ombyokan Lengkap

Proses memilih cipoh / sirtu yang bagus dan bisa bisa berkicau dengan gaconya  meamang sangat penting dan cara terbaik yaitu merawat sejak usia bakalan atau masih lolohan. Hal ini karena usia cipoh dewasa memang sulit untuk berbunyi meskipun dilakukan perawatan secara intensif.

Karena itulah, banyak para pecinta burung yang menyerah ketika merawat burung ini dan menganggap bahwa cipoh sulit untuk mengeluarkan suara.

Pada dasarnya burung ini tidak berbeda jauh dengan burung lainnya karena faktor yang menentukan burung bisa gacor atau tidak tergantung dari bakat dan perawatannya. Jika burung memiliki prospek, tentu saja selanjutnya tergantung dari metode perawatan yang dilakukan.

Ketika memilih bakalan cipoh tentu saja untuk mengambil jenis kelamin jantan karena burung ini memiliki suara kicauan alam liar serta bisa membunyikan banyak lagu.

Memilih Sirtu / Cipoh Ombyokan

Gambar cipoh mudah hutan

Gambar cipoh mudah hutan

Burung cipoh mudah didapatkan dipasaran dan biasanya ditempatkan dalam ombyokan serta jumlahnya bisa mencapai puluhan. Tentu saja memang agak sulit untuk menentukan jenis kelamin jantan karena bentuknya hampir mirip dan bergerombol sehingga harus teliti sebelum mengambilnya. Ciri-ciri burung jantan memang bisa dilihat dari bentuk tubuh dan juga tingkah lakunya yang lebih proaktif dibanding betina.

Ciri yang mudah dikenali yaitu cipoh jantan memiliki kepala yang besar dan bentuk tubuhnya panjang atau lonjong serta ramping. Pada sayapnya terdapat garis-garis berwarna putih bersih, sedangkan betina memiliki garis dengan warna agak kekuningan. Warna bulu cipoh jantan terlihat bersih dan mengkilap sehingga enak dilihat. Untuk warna bulu betina memang terlihat agak kusam dan bisa dilihat jelas jika membandingkannya dengan garis putih yang ada pada sayapnya.

Panduan Memilih Burung Pleci Gacor di Kandang Ombyokan

Tekstur tubuh jantan memang tampak lebih tegap ketika berdiri diatas tenggeran dan tentunya juga terlihat tingkah lakunya yang nakal terhadap burung lainnya. Bentuk ekor jantan memang lebih rapat dan sering menutupnya ketika berada di atas tenggeran. Sedangkan bentuk ekor betina lebih renggang dan sering melebarkan ekornya sehingga terlihat seperti kipas. Selain itu, pejantan juga sering mengeluarkan suara siulan seperti bunyi panggilan atau kode bagi burung cipoh.

Jika sudah mengetahui ciri-ciri fisik dan tingkah laku pejantan, maka tidak akan keliru dan tentu saja bisa lebih mudah ketika memilih cipoh. Masih ada lagi beberapa ciri fisik lainnya yang perlu diketahui para kicau mania, yaitu bentuk paruh anakan cipoh berwarna putih atau abu-abu. Sedangkan paruh cipoh muda mulai berubah dan ketika dewasa berwarna hitam. Hal ini juga terjadi pada sayapnya dan semakin dewasa warna sayapnya semakin hitam

Tidak Pingin Ribet ?

Gambar Burung Sirtu Gacor

Gambar Burung Sirtu Gacor

Kalau tidak mau ribet cukup siapkan dana yang lebih banyak, kemudian sebaiknya memilih yang sudah jinak atau tidak merasa ketakutan jika didekati agar lebih mudah ketika merawatnya. Jika ingin mendapatkan burung yang sudah benar-benar jinak bisa memilih yang dipisahkan dari ombyokan dan memiliki sangkar sendiri. Biasanya para penjual menyediakan cipoh jinak berada di sangkar terpisah, namun harganya lebih mahal. Hal ini karena proses untuk menjinakkan burung ini memang membutuhkan waktu yang agak lama. Karena itulah, cipoh yang sudah jinak selalu menjadi rebutan bagi para kicau mania karena tinggal memolesnya saja.

Download Kumpulan Suara Burung Sirtu Jantan dan Betina Gacor

Hal yang terbaik dalam membeli cipoh agar cepat jadi yaitu memilih yang sudah mulai ngeriwik atau mengeluarkan suara, meskipun hanya satu siulan saja. Hal ini menunjukkan bahwa burung cipoh sangat potensial dan tidak akan membutuhkan waktu lama jika mau merawatnya dengan baik agar bisa jadi. akan tetapi pada umumnya burung yang seperti ini sudah di pisahkan oleh pedagang sehingga harganya bisa lebih tinggi jika di bandingkan sirtu yang ada di kandang ombyokan.

Karena itulah, sebelum membeli bakalan burung ini tentu saja harus sangat selektif, kemudian bisa dilanjutkan dengan perawatan yang baik agar nantinya mampu berkicau dengan suara yang indah. Hal ini karena cipoh juga memiliki karakter sebagai burung pengicau sehingga bisa dilatih agar menghasilkan suara yang keras dan memiliki banyak variasi lagu dari beberapa masteran.

Jenis Burung CIpoh / Sirtu

Burung cipoh memiliki beberapa spesies dan 2 diantaranya banyak terdapat di Indonesia yaitu jenis cipoh kacat dan cipoh jantung. Cipoh kacat memiliki habitat di pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan. Namun spesies paling banyak tersebar di pulau Jawa dan Bali. Sedangkan jenis cipoh jantung hanya terdapat di pulau Sumatera dan Kalimantan. Karena itulah, yang kita temui di pasaran lebih banyak dari jenis cipoh kacat.

Gambar burung cipoh kacat

Gambar burung cipoh kacat yang biasa di pelihara

Bentuk tubuh dari cipoh kacat dan cipoh jantung memang sangat mirip sehingga jika tidak memiliki pengetahuan mengenai burung ini, tidak akan bisa membedakannya. Ukuran tubuhnya memang hampir sama, hanya terpaut 1 cm saja. Untuk cipoh kacat memiliki tubuh dengan panjang sekitar 14cm, sedangkan cipoh jantung sekitar 13cm. Tentu saja bentuk tubuh cipot kacah terlihat lebih besar dan tubuh cipoh jantung terlihat lebih ramping.

Gambar burung cipoh jantung

Gambar burung cipoh jantung

Perbedaan lainnya terdapat pada warna bulu tubuhnya yang memiliki warna hijau tua dan muda. Bulu cipoh kacat berwarna hijau kekuning-kuningan atau hijau muda seperti warna buah yang telah masak. Sedangkan cipoh jantung memiliki warna hijau bening dan warnanya seperti daun segar atau kelapa muda. Warna hijau memang dominan dari kepala sampai pangkal ekor dan sayap serta ujung ekornya memiliki warna hitam dengan garis-garis putih.

Tentu saja masih banyak lagi perbedaan atau ciri-ciri burung cipoh agar mudah dikenali. Selain itu, tentunya para kicau mania banyak yang memiliki pengalaman serta informasi mengenai cara memilih cipoh prospek. Para pecinta burung yang memiliki informasi, tips, saran dan kritik bisa melayangkan pada kolom komentar yang ada di bawah. Informasi yang anda berikan tentunya bisa bermanfaat bagi para pecinta burung di seluruh Indonesia.

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Cara Memilih Burung Sirtu gacor di Kandang Ombyokan Lengkap
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas