Seputar Tingkah Kacer Mbagong yang Perlu Kamu Tahu

Seputar tingkah kacer mbagong yang perlu kamu tahu – Kacer mbagong adalah masalah klasik yang kerap dihadapi oleh kacer mania. Kalau menilik dari karakternya, rata-rata burung kacer memang pasti akan mbagong. Hanya saja kapan muncul “mbagongnya” tersebut tergantung dari kondisi fisik dan mental sang burung.

Penyebab kacer mbagong

Gambar kacer mbagong
Gambar kacer mbagong (burungmaster.com)

Cukup banyak kicaumania yang bertanya-tanya apa saja sih yang menyebabkan kacer suka mbagong,Menurut pakar kacer, berikut ini beberapa hal seputar tingkah kacer mbagong yang perlu kita pahami adalah sebagai berikut:

Bisa jadi itu Merupakan Bawaan alaminya

Ada beberapa kacer yang dari gennya saja sudah biasa mbagong. Jadi sebaiknya kacer seperti ini tidak diikutkan lomba atau dipoles lagi, karena hasilnya akan mentok. Lebih baik dipelihara sendiri di rumah atau dijual ke pasar.

Semua kacer memang pasti mbagong

Hal tersebut benar adanya, karena seperti yang kami sampaikan di awal, mabgong merupakan “bakat” alami dari kacer. Bahkan kacer jawara atau yang sudah malang melintang di arena lomba pun pernah bertingkah mbagong.

  Solusi untuk Kacer Kurang Gacor yang Bisa Anda Coba

Inilah Bentuk Sarang Burung Kacer yang Ada Di Alam Liar

Tapi bedanya, kacer-kacer yang diikutkan lomba tersebut tidak pernah menampakkan perilaku mbagong saat naik gantangan. Mungkin saja mereka mbagong di rumah saat perawatan sehari-harinya.

Bagaimana cara mengaturnya?

Pemilik kacer sebaiknya punya catatan tersendiri mengenai perilaku mbagong pada sang burung. Misalnya, kapan dan dalam kondisi apa kacer tersebut mbagong.

Apakah saat bertemu dengan kacer / lawan lainnya? Atau ada hal lain yang memicu kacer mbagong seperti yang sudah kami utarakan di atas?

Catatan kecil inilah yang akan kita jadikan senjata untuk menekan semaksimal mungkin agar kacer tidak mbagong saat dilombakan.

Perawatan hariannya kurang tepat

Dari segi perawatan hariannya seperti mandi, berikanlah terapi mandi satu kali sehari saja, kalau kacer terlalu sering mandi, justeru akan mengundang birahi mbagongnya. Sementara untuk penjemuran, coba perhatikan bagaimana burung dalam kesehariaanya.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor Atau Cepat Bunyi

Untuk kacer bakalan, jika burung mau dijemur lama dan tidak ada masalah yang mengikuti, maka silahkan saja. Karena terapi jemur memang bertujuan untuk pembentukan badannya dan melatih napas agar tidak mudah sakit.

  Perhatikan Hal Ini Dalam Memilih Burung Kacer untuk Dilombakan

Sedangkan untuk burung yang sudah jadi, penjemuran cukup dilakukan kurang lebih selama 3 jam saja. Terlalu lama menjemur burung yang sudah “pandai” malah akan menghabiskan stamina sang burung.

Dan ini akan terbawa saat lomba, burung jadi cepat habis tenaganya alias nggembosi di tengah jalan.

Untuk menjamin burung bisa beristirahat lebih lama, baiknya sangkarnya dikerodong saja utamanya saat burung akan turun kontes.

Pola pemberian pakan yang keliru

Kroto memang baik, tapi untuk burung kacer, pemberian kroto baiknya tidak terlalu banyak. Sebab nantinya akan menimbulkan birahi sang burung.

Cukup berikan kroto selang dua hari untuk menunjang stamina sang burung.

Untuk ekstra foodingnya, jangkrik adalah akternatif yang lebih baik. Berikan sekitar 10 -20 jangkrik dalam sehari, karena jangkrik sifatnya lebih dingin dibanding kroto.

Lagi pula, kacer yang rajin mengkonsumsi jangkrik suaranya lebih jernih dan bertenaga. Sedangkan kacer yang kebanyakan kroto biasanya akan mbagong karena over birahi.

Kesimpulan

Jadi, jika suatu saat nanti kacer Anda mbagong, jangan buru-buru mengecapnya sebagai burung yang tidak bisa dipoles lalu menjualnya ke pasar atau kenalan.

  Merawat Kacer Bakalan Agar Bisa Memiliki Mental yang Bagus

Karena mbagong adalah salah satu karakteristik yang dimiliki oleh kacer. Coba cari penyebab dan asal muasal mbagongnya kacer tersebut.

Jika sudah ketemu, maka akan mudah bagi Anda untuk mengendalikan sifat mbagong tersebut agar tidak muncul di saat-saat penting seperti lomba.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan seputar tingkah kacer mbagong yang perlu Anda pahami. Jika ada yang perlu ditambahkan, mohon disampaikan melalui fanspage Burungpedia.Com atau bisa juga pada kolom komentar yang tersedia.

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.