Sarang burung trucukan
Trucukan

Penampakan Sarang Burung Trucukan Di Habitat Aslinya

Sarang burung trucukan – Bagi sebagian besar kicau mania tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis burung trucukan ini. Suaranya yang sangat merdu di dengarkan serta kemudahan dalam perawatan membuat banyak kicau mania yang menyukai burung trucukan untuk di pelihara. Namun pernahkah Anda melihat bentuk sarang burung trucukan secara langsung di habitat aslinya?

Di alam liar burung trucukan membuat sarangnya di dahan-dahan pohon atau di cabang pohon. Sarang ini biasanya terbuat dari tumpukan ranting pohon yang sudah kering dan berbagai macam tumbuhan yang di susun menjadi sebuah sarang. Uniknya burung trucukan termasuk jenis burung yang menyukai sarang lamanya daripada harus membuat sarang yang baru. Sehingga banyak burung trucukan yang akan kembali ke sarang lamanya dan lebih memilih untuk memberbaikinya dengan tambahan ranting pohon daripada harus membuat sarang baru.

Indukan burung trucukan

Indukan burung trucukan

Burung trucukan atau orang Jawa biasa menyebutnya dengan burung crocokan termasuk ke dalam jenis burung legendaris yang eksistensinya sudah di kenal sejak dahulu kala sama halnya seperti jalak suren, poksai maupun kutilang. Hal ini di karenakan memang perawatan burung trucukan sangatlah mudah apalagi untuk pemula. Meskipun perawatan mudah bukan berarti suaranya tidak bagus, suara yang dimiliki oleh burung ini sangatlah nyaring serta indah sehingga banyak kicau mania yang jatuh cinta terhadap burung trucukan ini.

Burung Langka Kacer Albino / Putih Memang Benar Adanya

Di alam liar burung trucukan terbiasa hidup secara berkelompok atau bersama-sama dengan burung sejenisnya. Bahkan burung trucukan ini tidak segan untuk bertengger bahkan tidur bersama burung jenis lain karena memang sifat dasarnya yang lebih menyukai hidup secara berkelompok daripada sendiri. Untuk makanan burung trucukan termasuk ke dalam burung pemakan segalanya atau dapat di bilang burung ini bisa memangsa serangga maupun buah-buahan.

Meski bukan termasuk ke dalam jenis burung petarung tetapi burung trucukan akan melindungi dengan sangat keras daerah teretorinya agar tidak ada burung lain yang mencoba merebutnya. Biasanya para kicau mania akan memelihara burung ini ketika masih menjadi anakan atau lolohan dengan tujuan agar ketika besar burung trucukan sudah jinak dan tidak takut dengan manusia.

Bentuk Sarang Burung Trucukan Di Alam Liar

Burung trucukan dapat dengan mudah Anda temui di berbagai tempat seperti taman kota, hutan sekunder, maupun di kota besar yang memiliki pepohonan. Burung trucukan biasanya membuat sarang di pohon yang rindang ataupun di semak-semak. Untuk Anda yang ingin mengetahui sarang burung trucukan di alam liar Anda dapat menyimak video berikut ini.

Dari video di atas yang di upload oleh akun youtube Hendi Bird Home dapat Anda lihat ada indukan burung trucukan yang sedang mendiami sarangnya sambil menyuapi makanan ke anak trucukan.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Penampakan Sarang Burung Trucukan Di Habitat Aslinya
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas