gambar sarang perkutut
Perkutut

Inilah Bentuk Sarang Burung Perkutut yang Perlu Kamu Tahu

Sarang burung perkutut – Pernahkah kamu menjumpai burung perkutut di alam liar secara langsung? Burung perkutut di alam liar memiliki bentuk sarang datar dan kecil yang terbuat dari ranting pohon dan tumbuhan. Untuk lapisan atas sarang burung perkutut biasanya memiliki tekstur yang lebih halus di bandingkan dengan lapisan bawah sarang burung perkutut ini.

Burung perkutut biasanya mulai membuat sarang ketika burung ini akan berkembang biak dan itu terjadi di antara bulan April hingga bulan Juni. Di pulau Jawa burung perkutut akan membuat sarangnya di dahan pohon atau di semak yang memiliki ketinggian rendah dan burung ini biasanya membuat sarang bersama dengan pasangannya.

Burung perkut memakan biji-bijian yang di dapat dari rerumputan. Di alam liar burung perkutut biasanya hidup secara berpasangan atau ada juga yang hidup berkelompok. Tetapi tidak jarang ada burung perkutut yang hidupnya menyendiri.

Untuk mencari makan biasanya burung perkutut akan turun ke tanah di kebun, ladang ataupun halaman rumah yang sekiranya ada makanan. Bagi pencinta burung tentu sudah tidak asing lagi dengan keunikan dari burung perkutut ini.

Salah satu keunikan yang di miliki oleh burung perkutut ini dapat terlihat ketika burung perkutut memanggil pasangannya. Ketika burung perkutut memanggil pasangannya maka burung ini akan mengeluarkan suara pendek berulang-ulang dan di sertai dengan gerakan mengangguk-anggukan kepala dengan membuka sayap serta mengangkat dan membeberkan ekornya. Sehingga bagian ujung bawah ekor burung perkutut yang bewarna putih akan terlihat sangat jelas.

Inilah Sarang Burung Pleci, Bentuknya Kecil Tetapi Rapi

Ketika merasa dirinya terancam biasanya burung perkutut akan terbang dengan sangat cepat tetapi dengan jarang yang pendek-pendek atau jarak dekat. Tetapi bukan berarti burung perkutut tidak dapat terbang lama dengan jarak yang jauh.

Untuk pemberian makan kepada anak burung perkutut maka induk perkutut akan memakannya terlebih dahulu kemudian di muntahkan kembali dalam bentuk yang lebih halus agar lebih mudah untuk anak perkutut mencerna makanan tersebut.

Ketika anak perkutut sudah cukup besar maka induk perkutut tidak perlu membantu memakan makanan anaknya dan sudah dapat di beri makan biji-bijian seperti induknya.

Bentuk Sarang Burung Perkutut Di Alam Liar

gambar sarang burung perkutut

gambar sarang burung perkutut

Karena burung perkutut lebih sering mencari makan di daratan atau tanah maka di alam liar kamu akan menemui sarang burung perkutut yang di buat di dahan pohon atau di semak-semak yang memiliki ketinggian rendah atau dekat dengan tanah. Untuk kamu yang ingin melihat bentuk sarang burung perkutut di alam liar kamu bisa lihat video berikut ini.

Dari video yang di upload oleh akun youtube Hawaii Holticulture di atas dapat kamu lihat bahwa burung perkutut membuat sarang di atas pohon pisang dan di tayangkan juga proses perawatan anak perkutut oleh induknya mulai bayi hingga dewasa.

2 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Inilah Bentuk Sarang Burung Perkutut yang Perlu Kamu Tahu
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas