Rekomendasi Suara Masteran untuk Burung Kacer

Rekomendasi suara masteran untuk burung kacer – Tren memaster burung kacer yang tengah populer saat ini adalah memilih jenis suara yang paling cocok untuk karakter burung kacer, misalnya suara-suara yang rapat dan kasar.

Hal tersebut sangat berbeda dengan tren di masa lalu, dimana para kacer mania memasukkan materi isian dari burung-burung jawara, harapannya, kacer miliknya bisa segacor dan sebagus burung jawara tersebut.

Namun apa pun itu, sebenarnya tren suara masteran untuk kacer tidak jauh-jauh dari karakter suara isian wajib yang harus ada pada burung berkarakter fighter semacam kacer dan murai batu. Apa sajakah rekomendasi suara masteran untuk burung kacer tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

Isian Suara Wajib untuk Memaster Burung Kacer

lovebird kawin
Lovebird kawin – sumber: kicaumania.net

Secara Garis Besar suara yang di rekomendasikan untuk memaster burung kacer adalah suara burung dengan tipikal roll panjang dan tanpa putus, seperti suara burung lovebird, kenari, cililin maupun suara burung cucak jenggot, untuk lebih detailnya silahkan baca di bawah ini :

1. Suara Burung Lovebird

Suara burung yang dianggap paling pas untuk memaster burung kacer adalah suara ngekek lovebird yang tajam dan kasar. Jenis suara ini sesuai dengan karakter kacer yang agresif dan fighter dalam mempertahankan teritorialnya.

Download Suara Lovebird Disini

2. Suara Burung Blackthroat

Blackthroat memiliki karakter suara ngerol yang tajam, jika menjadi salah satu isian suara burung kacer, maka jenis suara ini biasanya akan menjadi senjata andalan bagi sang burung.

Download suara Blackthorat Disini

3. Suara Burung Cucak jenggot

Suara cucak jenggot memiliki karakter suara yang hampir sama dengan kacer, maka tentu saja suara dari burung ini masuk dalam rekomendasi suara masteran untuk kacer.

Download Suara Cucak Jenggot Disini

4. Suara Burung Burung gereja tarung

Cerecetan kasar dari burung gereja juga bisa dijadikan sebagai masteran kacer. Biasanya isian suara ini akan menarik perhatian juri jika dikeluarkan oleh kacer saat lomba.

Download Suara Burung Gereja Disini

5. Suara Burung Cililin

Jangan lupakan pula cililin yang memiliki suara tembakan rapat dan tajam. Suara dari burung ini sudah seperti isian wajib untuk memaster kacer.

Download Suara Cililin Disini

6. Suara Belalang

Suara belalang yang rapat pun bisa menjadi alternatif untuk menguatkan karakter suara burung kacer.

Download Suara Lovebird Disini

Selain tren suara isian wajib seperti yang kami sebutkan di atas, untuk menambah variasi suara pada burung kacer, para pemiliknya juga menambahkan dengan suara burung lain.

Baca Juga : Rahasia dalam Memaster Burung Kacer

Beberapa suara alternatif yang bisa dimasukkan dalam program pemasteran kacer antara lain: ciblek, ciblek gunung, kenari, parkit, serta jalak suren yang dominan suara hutannya.

  Seputar Tingkah Kacer Mbagong yang Perlu Kamu Tahu

Sementara itu, ada pula suara yang masuk kategori haram diberikan pada kacer, berikut adalah daftarnya.

Suara Yang Kurang Direkomendasikan

burung kedasih
Burung kedasih, salah satu yang masuk kategori suara mati – sumber: jalaksuren.net

Adapun beberapa suara yang kurang di rekomendasikan oleh kicaumania, karena mungkin dinilai kurang sesuai untuk burung kacer :

1. Suara siulan

Beberapa penggemar kacer secara terang-terangan mengharamkan suara siulan atau suara burung yang mengalun untuk memaster kacernya.

Alasannya sederhana, yaitu karena tipe suara yang mengalun serta mendayu tersebut akan mengganggu suara masteran lain yang sudah masuk ke dalam memori kacer.

Lagi pula, kacer dikenal sebagai burung yang kiacauannya didominasi oleh suara siulan, dikhawatirkan nantinya kacer malah lebih rajin mengeluarkan suara siulannya tersebut dibanding dengan lagu-lagu lain yang lebih bervariasi.

2. Suara mati

Suara mati atau suara setan yang dimaksud di sini adalah suara-suara yang dianggap mengganggu kinerja burung atau menyebabkan variasi suara yang sudah dimiliki oleh burung kicauan lenyap begitu saja saat sang burung melagukan suara mati tersebut.

Sesuai dengan namanya, suara mati ini sangat ditakuti oleh para kicau mania. Bahkan mereka sudah mengharamkan suara mati tersebut masuk ke dalam arena perlombaan.

  Mencegah dan Menangani Kacer yang Stres / Macet Bunyi

Kacer merupakan salah satu burung yang pandai sekali menirukan suara mati tersebut, hmm… sayang sekali, bukan? Adapun yang tergolong dalam suara mati adalah sebagai berikut:

  • Suara kedasih
  • Suara ayam
  • Suara kucing
  • Suara perkutut
  • Suara kutilang. Khusus untuk suara kutilang, yang masuk dalam kategori suara mati adalah suara “tilung… tilung…” dan bukan suara cerecetannya.

Entah dari mana fenomena ini muncul, namun pantangan suara mati tersebut telah berjalan sejak lama. Apakah itu semata karena menuruti keingginan juri di masa lalu yang di-copy paste begitu saja oleh juri masa kini?

Tidak ada yang tahu pasti.

Namun jika tujuan Anda memaster burung kacer sekedar untuk didengarkan nyanyiannya di rumah, maka isian suara mati tersebut tidak masalah untuk diberikan pada burung kacer.

Kesimpulan

Beberapa suara burung kicauan yang berkarakter tajam dan rapat merupakan pilihan utama untuk memaster burung kacer. Hal ini seturut dengan tren yang sedang berkembang saat ini, yaitu mengisi suara masteran dengan suara-suara yang dianggap cocok dan hampir mirip dengan karakter suara sang burung. Bagaimana menurut Anda? Kami tunggu pendapat Anda pada kolom komentar, dan terimakasih sudah mengunjungi Burungpedia.Com

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.