Rekomendasi Pakan Tambahan Murai Batu Agar Gacor

Gambar ikan cetol sumber : pecintabinatang.net

Rekomendasi pakan tambahan murai batu agar gacor – Memelihara murai batu berarti kita harus siap untuk melakukan perawatan maksimal demi mendapatkan peforma puncak dari sang burung.

Salah satu faktor yang tidak boleh diabaikan begitu saja adalah faktor pemberian pakan tambahan. Tepat sekali, dalam memberi pakan burung kicauan khususnya murai batu memang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Pasalnya jenis pakan yang tidak cocok pada lidah burung akan menyebabkan burung menjadi stres, mengalami gangguan kesehata, hingga macet bunyi, terlebih lagi jika usia sang murai masih tergolong muda.

Agar tidak salah memberi pakan, berikut ini rekomendasi pakan tambahan murai batu yang paling baik untuk diberikan.

Pakan Tambahan yang Sesuai untuk Murai Batu

pakan murai batu – sumber: kicaumania.net

Sebenarnya, pakan murai batu bisa dibedakan menjadi dua, yaitu pakan alami dan buatan. Pakan buatan tersebut antara lain adalah voer.

Namun pada kesempatan ini, secara khusus kita akan membahas pakan tambahan yang alami semisal serangga, kroto, ikan guppy, dan beberapa lagi lainnya.

Silahkan disimak keterangan berikut ini.

  Murai Batu Medan Ekor 25 CM

1. Serangga Kecil

Gambar jangkrik

Serangga kecil seperti belalang, jangkrik, dan orong-orong dikenal memiliki kandungan protein tinggi yang sangat dibutuhkan oleh burung murai batu.

Namun sebelum memberikan pada murai batu kesayangan Anda, sebaiknya bagian kepala, kaki, dan bulu ari serangga tersebut dibuang terlebih dahulu.

Bagian tubuh serangga yang tajam demikian dapat melukai mulut burung dan sulit untuk dicerna.

2. Kroto

Gambar kroto via elfianpermana010

Pakan alami yang sering diberikan pada burung murai batu adalah kroto. Kroto merupakan telur dari semut rang-rang yang memiliki kandungan nutrisi berupa protein tinggi.

Tentu saja kualitas pakan yang demikian sangat cocok untuk burung murai batu.

Kendati demikian, ada aturan tersendiri dalam memberikan kroto sebagai pakan murai batu, berikan pakan secukupnya saja. Kroto yang berlebihan justeru akan membuat burung kicauan seperti murai batu mengalami over birahi dan mabung sebelum waktunya.

3. Ikan Guppy

Gambar ikan cetol sumber : pecintabinatang.net

Mungkin Anda baru mendengar bahwa burung murai batu bisa diberi pakan ikan. Jika demikian, maka tujuan kami untuk menyebar informasi menarik telah terlaksana.

  Merawat Murai Hutan Sampai Siap Dibawa ke Latberan

Sama seperti kedua jenis pakan murai batu yang sudah kami sebutkan di atas, ikan guppy pun memiliki kandungan protein tinggi. Kelebihannya adalah, ikan ini mampu menekan tingkat stres yang dialami oleh burung.

Ikan guppy dapat menjadi pakan faforit bagi burung muarai batu Anda, sebab teksturnya lunak dan ukurannya kecil sehingga ramah untuk paruh burung.

4. Ulat Kandang / Balap

Gambar ulat kandang
Gambar ulat kandang via arenahewan

Dalam hal kandungan protein, jangan lupakan ulat. Pakan murai batu yang satu ini mempunyai banyak jenis yang biasa diberikan pada burung kicauan, diantaranya: ulat bambu, ulat kayu, ulat pohon, ulat pisang, dan yang paling sering adalah ulat hongkong.

Sama seperti kroto, pemberian ulat hongkong juga tidak boleh berlebihan, cukup sesuai porsi hariannya. Terlalu banyak mengkonsumsi ulat hongkong bisa menyebabkan burung murai batu mengalami pembengkakan pada bagian matanya.

Yang lebih parah, ulat hongkong yang telalu banyak juga memicu munculnya katarak pada murai batu.

5. Cacing Tanah

Burung murai makan cacing – sumber: omkicau.com

Pakan murai batu yang alami selanjutnya bisa Anda dapatkan dari cacing tanah. Khusus untuk cacing tanah ini, Anda harus memberi perhatian ekstra sebelum menyajikannya pada sang burung.

  Rekomendasi Suara Masteran untuk Burung Murai Batu

Cacing tanah yang hendak diberikan baiknya sudah dibersihkan terlebih dahulu, demi menjamin kehigienisan pakan, sehingga murai batu Anda terhindar dari keracunan.

Cara yang benar untuk membersihkan cacing tanah adalah dengan merendamnya selama beberapa menit pada air bersih.

Pastikan juga cacing yang Anda berikan masih segar atau baru diambil dari tanah, hal tersebut untuk mencegah terganggunya sistem pencernaan pada burung murai batu Anda.

Kesimpulan

Itu tadi rekomendasi pakan tambahan murai batu yang bisa Anda berikan agar burung cepat gacor dan memiliki peforma yang prima.

Selain pemberian ekstra fooding di atas, imbangi pula dengan pemberian vitamin dan suplemen khusus burung.

Ssemoga artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu Anda tentang pakan burung kicauan, utamanya murai batu. Sampaikan krik, saran, atau pertanyaan seputar burung peliharaan Anda.

Jika tidak ada halangan, kami akan menjawab secara langsung atau melalui artikel pada halaman khusus, terima kasih atas kunjungannya.

2 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.