ratusan juta jalak suren
Jalak Suren

Ratusan juta dari Ternak Jalak suren, Begini Caranya

Ratusan juta dari Ternak Jalak suren, Begini Caranya – Burung jalak suren merupakan salah satu burung yang cukup eksotis, warna bulu nya yang hitam dan putih memang menjadi ciri khas dari Jalak Suren. Jalak Suren merupakan jenis burung kicau yang sangat merdu didengarkan. Namun saat ini agak sangat sulit untuk menemukan burung jalak suren berkeliaran di alam bebas, karena memang keberadaannya yang cukup langka. Untuk mengatasi hal tersebut lah banyak pecinta jalak suren yang sudah mulai menangkarkan burung jalak suren.

Apalagi dengan harga jalak suren yang cukup tinggi di pasaran, tentunya akan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Beternak jalak suren sebenarnya hampir sama seperti anda beternak kacer atau murai batu. Untuk bisa berhasil dalam ternak jalak suren, anda bisa mencoba tips-tips di bawah ini.

Memilih Calon Indukan Yang Tepat

Ternak jalak suren

Ternak jalak suren

Agar menghasilkan anakan berkualitas, maka anda harus memilih indukan yang berkualitas pula. Usia indukan yang ideal adalah 1-2 tahun, karena pada usia tersebut merupakan usia dimana jalak suren produktif dan siap kawin. Pastikan jika kondisi indukan jalak suren sehat dan bebas dari penyakit. Selain itu pastikan jika calon indukan sudah jinak sehingga proses reproduksi bisa berlangsung lancar.

Buat Kandang Penangkaran

Sebenarnya tidak ada ukuran yang mutlak yang digunakan dalam pembuatan kandang penangkaran untuk jalak suren. Namun anda bisa memilih dengan ukuran 2m x 1m x 2,25 m, atau anda bisa menggunakan ukuran 1m x 1m x 1m. yang terpenting adalah jangan lupa untuk menyediakan tempat mandi atau keramba di dalam sangkar penangkaran.

Menjodohkan Indukan Jalak Suren

Menjodohkan jalak suren

Menjodohkan jalak suren

Jika anda lebih memilih indukan jalak suren jantan dan betina yang terpisah maka untuk menjodohkan indukan jalak suren, maka anda bisa terlebih dahulu memasukkan indukan ke dalam kandang sebagai tahap awal perkenalan dari kedua burung.

Namun letakkan keduanya dalam sangkar yang berbeda, namun diletakkan berdekatan. Atur posisi tempat tenggeran burung bisa searah dan berdekatan. Selain itu, letakkan pula wadah pakan yang saling berdekatan sehingga burung bisa seolah makan dan minum bersama. Setelah itu anda bisa menunggu beberapa hari untuk melihat reaksi dari kedua indukan jalak suren. Jika memang berjodoh, biasanya indukan jantan akan berkicau dan indukan betina akan meresponnya.

Pakan Burung Jalak Suren

Untuk pakan jalak suren, anda harus mencukupi kebuthan nutrisinya baik itu dalam pakan utama maupun pakan tambahan. Pilih voer yang berkualitas untuk makanan utama. Dan untuk makanan ekstra, anda bisa memberikan ulat hongkong, pisang kapok, atau jangkrik. Jika proses perkawinan jalak suren berhasil, maka biasanya indukan betina akan bertelur dalam jangka waktu seminggu.

Merawat Anakan Jalak Suren

Saat telur sudah menetas, maka anda dapat membiarkan anakan bersama dengan induknya selama kurang lebih 1 minggu hingga 1 bulan lamanya. Anakan jalak suren yang sudah berusia 1 minggu bisa anda rawat sendiri dengan meloloh. Jika memang ingin dirawat sendiri, maka anda bisa menyiapkan incubator untuk merawat anakan jalak suren. Pisahkan anakan di masing-masing incubator yag menggunakan sarang buatan ataupun besek. Untuk masalah pakan, anda bisa memberikan voer yang dihaluskan dan tambahkan dengan air hangat.

Untuk alat pelolohan, anda dapat meggunakan jarum suntik besar atau spet dan lakukan setiap 1 jam sekali. Jika kondisi burung sudah semakin besar, maka pemberian makan dpat dilakukan 2-3 jam sekali. Lakukan pemberian makan tersebut hingga anakan sudah dapat makan dengan sendirinya. Jika anakan sudah bisa makan sendiri, maka anda bisa memberikan makan berupa jangkrik kecil maksimal 5 ekor 3 hari sekali. Pastikan jika kaki-kaki jangkrik sudah dibersigkan terlebih dahulu sebelum anda berikan pada anakan jalak suren.

Cara mendapatkan ratusan Juta dari menangkarkan jalak suren

Ratusan juta dari ternak burung

Ratusan juta dari ternak burung

Kalau menyebutkan nominal ratusan juta pastilah hal ini tidak semudah yang anda pikirkan saat ini, tentu di perlukan juga modal yang tidak sedikit, lokasi dan mungkin pegawai untuk membantu membersihakan kandang / pakan.

Jika anakan jalak suren di pasaran di jual dengan harga 250 ribu per ekor maka untuk mencapai angka 100 juta perbulan anda harus bisa memproduksi jalak suren sebanyak 400 Anakan, apakah anda sudah siap ? dengan target 400 anakan jalak suren per bulan maka di perlukan indukan dalam jumlah yang banyak pula, gambaran kasar saja jika jalak suren anda bisa memproduksi 2 anakan / bulan maka di butuhkan lebih dari 200 pasang jalak suren indukan produktif.

itu pun dengan asumsi semua anakan jalak suren yang anda jual ludes terjual di pasaran atau untuk memudahkanpenjualan mungkin anda bisa mengajak kerjasama pedagang di pasar burung.

Nah itu tadi cara untuk ternak jalak suren yang mudah dilakukan bagi anda yang masih pemula sekalipun. Cara ternak diatas juga bisa anda terapkan pada jenis burung jalak lainnya. Bisnis ternak jalak suren merupakan bisnis yang cukup menjanjikan untuk anda jalani jika anda benar-benar serius melakukannya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari indormasi seputar ternak jalak suren.

4 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Ratusan juta dari Ternak Jalak suren, Begini Caranya
1 Comment

1 Comment

  1. Masamune

    Oktober 6, 2018 at 9:35 pm

    Ujung ujungnya perlu modal yang banyak juga ya

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas