Menangkarkan burung cucak ijo
Cucak ijo

Prospek Cerah Ternak Cucak Ijo yang Masih Sedikit Saingan

Prospek Cerah Ternak Cucak Ijo yang Masih Sedikit Saingan – di pasaraan kebanyakan yang dijual adalah burung cucak ijo hasil tangkapan hutan baik burung yang masih anakan maupun yang sudah dewasa. Akan  tetapi saat ini cukup susah menemukan anakan burung cucak ijo hasil penangkaran, kalaupun ada bisanya penjual memberikan harga yang cukup tinggi.

Dari hal tersebut bisa dilihat jika penangkar burung satu ini memang masih sangat sedikit tidak seperti pembudidaya lovebird, maupun murai batu yang saya rasa hampir di setiap daerah ada. Sedikitnya jumlah penangkar burung cucak ijo ini disebabkan karena susahnya menangkarkan burung satu ini. Akan tetapi jika anda sukses saya yakin banyak kicau mania di luar sana yang mau membeli cucak ijo hasil penangkaran.

jika anda penasaran ingin mencoba menangkarkan burung cucak ijo mungkin anda bisa mencoba cara yang kami tulis di artikel ini.  Tidak sedikit bagi penikmat burung kicau yang memilih burung cucak ijo sebagai favorit. Selain karena warna bulunya yang hijau segar, kicauan burung cucak ijo juga sangat merdu didengar.

Ternak cucak rowo juga bisa menghasilkan puluhan juta perbulan

Selain itu cucak ijo juga termasuk dalam kategori burung kicau petarung. Sehingga tak hanya dipelihara dan dinikmatis aja suaranya, burung cucak ijo juga sering diikutsertakan dalam perlombaan. Hal ini pula lah yang membuat para pecinta burung juga berniat untuk melakukan ternak burung cucak ijo karena dinilai benar-benar menguntungkan.

Perawatan cucak ijo sebenarnya dapat dikatakan tidak mudah namun juga tidak sulit, yang diperlukan adalah keseriusan dalam perawatan. Namun bagi anda yang ingin mencoba merawat ataupun ternak cucak ijo, mungkin tips di bawah ini akan sangat membantu.

Memilih Indukan Cucak Ijo Yang Tepat

Menangkarkan burung cucak ijo

Menangkarkan burung cucak ijo

Sebelum memulai ternak cucak ijo, maka anda perlu memilih indukan cucak ijo yang tepat dan berkualitas. Hal ini akan sangat berpengaruh pada keturunan atau anakan yang dihasilkan. Untuk memilih indukan cucak ijo yang berkualitas, maka simak ciri-ciri di bawah ini:

  • Untuk indukan jantan, pilih yang usianya sekitar 2 tahun. Dan untuk indukan betina, pilih yang usianya 1 tahun.
  • Pastikan kondisi sehat dan berstamina
  • Untuk indukan jantan, pastikan pilih yang rajin gacor
  • Tubuh berukuran besar dan seimbang
  • Tidak memiliki tanda-tanda cacat

Persiapkan Kandang

Setelah indukan sudah terpilih, maka anda bisa mengumpulkannya pada wadah yang sudah disiapkan dan segera melakukan proses perjodohan. Untuk tempatnya sendiir, anda bisa menggunakan sangkar sekat ataupun jenis sangkar ternak yang biasanya khusus digunakan untuk proses penjodohan cucak ijo. Jika tidak ada, anda bisa menggunakan ukuran kandang yang lebih besar sehingga proses perkawinan bisa berlangsung lancar.

Penjodohan Cucak Ijo

Gambar Burung Cucak Ijo jantan dan Betina

Gambar Burung Cucak Ijo jantan dan Betina

Pertama-tama anda bisa memulai mendekatkan sangkar indukan jantan dan betina, jangan dicampur terlebih dahulu. Lihat reaksi dari keduanya, jika memang sudah akur dan cocok maka kemudian anda bisa mencampurkan indukan menjadi satu kandang. Untuk mengetahui cocok atau tidak, maka anda bisa melihat dari tanda-tanda seperti cucak ijo jantan berkicau terus menerus dan indukan betina akan meresponnya.

Pemberian Pakan

Untuk pemberia n pakan, pastikan menggunakan pakan berkualitas yang akan membuat cucak ijo sehat. Untuk pakannya sendiri beragam, anda bisa memberikan serangga, cacing, voer, buah, sayur, dan lainnya yang dapat memenuhi gizi cucak ijo.

Perawatan Masa Pengeraman

Selama masa pengeraman, letakkan cucak ijo di lingkungan yang nyaman dan jauh dari gangguan. Biasanya proses pengeraman ini terjadi sekitar 2 minggu. Dalam kondsii ini, jangan anda memberikan pakan EF yang dapat membuat burung lebih agresif.

Perawatan Meloloh Anakan

Jika anakan sudah berusia 5-10 hari, anda bisa mengambil dan meloloh anakan tersbeut. Jika sudah mencapai usia 15 hari, anda dapat memberikan pakan seperti jangkrik yang membuat anakan cepat tumbuh dewasa.

Cucak ijo dapat menjadi pilihan yang tepat jika anda hobi mendengarkan suara-suaa yang unik. Namun cucak ijo juga menjadi pilihan yang tepat untuk peluang bisnis yang menguntungkan. Yang paling penting adalah keseriusan anda dalam ternak cucak ijo.

Menjual Anakan Cucak Ijo

Biasanya para penangkar menjual burung cucak ijo kepada penghobi di karenakan harga jualnya akan agak lebih tinggi jika di bandingkan harus dijual ke pedagang. Jika anda belum memiliki link ataupun kenalan penghobi mungkin anda bisa mencoba untuk menawarkannya melalui akun sosial media seperti facebook maupun instagram dan pastikan yang anda upload adalah foto atau gambar yang benar benar berkualitas bagus.

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Prospek Cerah Ternak Cucak Ijo yang Masih Sedikit Saingan
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pilihan Editor

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas