Gambar prenjak lokal
Prenjak

Panduan Memilih Prenjak Kepala Merah Bakalan Lengkap

Memilih prenjak kepala merah memang lebih puas daripada jenis prenjak lumut yang kurang berbakat dalam mengeluarkan suara. Hal ini karena prenjk merah memang memiliki potensi lebih besar untuk mengeluarkan kicauan yang keras dan bisa menyanyikan banyak lagu sehingga bervariasi serta menghasilkan suara yang indah.

Tentu saja suaranya yang keras dan banyak variasi merupakan pilihan utama bagi para kicau mania untuk dijadikan sebagai burung lomba atau isian.

Biasanya prenjak merah menjadi burung yang wajib dimiliki bagi para kicau mania karena sebagai burung peliharaan untuk meramaikan rumah ataupun bisa juga salah satu masteran yang dahsyat.

Namun untuk memiliki prenjak berkualitas, tentunya harus bisa memilih bakalan berbakat dan merawatnya hingga gacor agar bisa dijadikan burung lomba ataupun masteran.

Gambar prenjak lokal

Gambar prenjak lokal

Bakalan prenjak merah prospek cukup mudah diidentifikasi pada bentuk fisiknya dari ujung kepala sampai ujung ekor.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan membeli prenjak yaitu memilih jenis kelamin jantan karena memiliki potensi bersuara tinggi.

Amati seluruh tubuhnya untuk mengetahui dan memastikan bahwa tidak ada cacat fisik sedikitpun. Hal ini sangat penting, karena burung yang cacat akan mengalami kemunduran dalam segi fisik dan mental. Kesehatan fisiknya akan terganggu dan tidak merasa nyaman sehingga mengakibatkan stress serta membuat mental jatuh.

Mempunyai mata besar dan melotot sebagai ciri khas burung yang memiliki mental tinggi dan juga siap tarung di segala arena dan tidak minder dengan lawannya.

Tentu saja hal ini juga sepadan dengan kepalanya yang besar sehingga proporsional. Kepala yang besar memiliki suplai oksigen yang bagus didalam otak sehingga mudah menangkap sinyal atau suara dari pendengaran. Kepala memiliki bulu berwarna merah yang bersih dan mengkilap dari pangkal paruh sampai di bawah mata.

Bentuk leher juga panjang dan padat sehingga oksigen mampu mengalir dengan lancar untuk menghasilkan suara yang keras.

Gambar prenjak hutan gacor

Gambar prenjak hutan gacor

Dengan leher yang panjang, maka saat berkicau juga bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini juga didukung dengan bentuk paruh yang panjang dan tebal sehingga tampilan tubuh terlihat serasi.

Tentu saja dalam memilih prenjak kepala merah memang mengutamakan tekstur paruh karena bisa mengeluarkan suara yang nyaring dan merdu.

Posisi lubang hidung yang terdapat pada paruh sangat dekat dengan mata sehingga pernapasan menjadi lebih mudah. Udara yang masuk ke lubang hidung lebih cepat di transformasi ke dalam kepala sehingga kesehatan otak terjaga dengan baik.

Otak yang sehat akan lebih mudah menyimpan memori dari suara masteran berjarak dekat maupun jauh. Tentu saja prenjak akan lebih reflex dan menyahut ketika terdengar suara berkicau dari burung lainnya.

Sedangkan bentuk kaki memang sangat kuat ketika melakukan cengkeraman pada kayu tenggeran dan membuat badannya tetap tegak berdiri.

Dengan kaki yang kuat akan selalu stabil untuk menjaga keseimbangan ketika berkicau meskipun mengeluarkan tenaga yang besar.

Selain itu, ekornya yang rapat sering diangkat ke atas menandakan bahwa burung selalu siap tarung kapan saja. Hal ini membuat burung tidak akan minder ketika berhadapan dengan burung lainnya di lapangan sehingga kicauan bisa keluar dengan maksimal.

Burung prenjak jantan

Burung prenjak jantan (sumber gambar : burungmaster)

Kondisi burung juga selalu energik dan sering bergerak penuh semangat sebagai pertanda bahwa staminanya sangat baik serta tidak cepat lelah.

Tentu saja stamina yang baik sangat mendukung untuk melakukan kicauan dalam jangka panjang dan tidak terputus-putus. Perlu diamati juga kondisi burung masih liar atau sudah jinak.

Jika sudah jinak, maka tidak akan ketakutan apabila sangkarnya didekati. Sedangkan burung yang masih liar akan kelabakan jika ada orang yang mendekat pada sangkar.

Tentu saja ciri-ciri diatas sudah cukup untuk mengidentifikasi prenjak yang berpotensi memiliki suara yang keras dan panjang. Jika menemukan burung dengan kriteria diatas, maka bisa langsung mengambilnya agar tidak didahului pembeli lain. Hal ini karena harga bakalan burung yang murah membuat selalu laris di pasaran.

Panduan Memilih Perkutut Bakalan Lengkap

Tentu saja karena burung prenjak memiliki banyak manfaat untuk digunakan sebagai masteran yang bagus dan juga diikutkan pada lomba.

Untuk para kicau mania yang memiliki informasi mengenai prenjak bisa berbagi dalam blog ini melalui kolom komentar agar bermanfaat bagi para pembaca. Selain itu, jika memiliki saran, kritik mengenai tips cara memilih prenjak kepala merah bisa langsung menuliskannya dalam kotak komentar yang ada di halaman bagian bawah.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Panduan Memilih Prenjak Kepala Merah Bakalan Lengkap
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas