Gambar kenari
Kenari

Praktik Terbaik Memaster Burung Kenari Agar Punya Isian yang Bagus

Praktik terbaik memaster burung kenari agar punya isian yang bagus – Yang cukup memprihatinkan dalam dunia lomba gantangan adalah minimnya panitia yang memasukkan kelas kenari ke dalam daftar mainnya.

Kendati demikian, burung berwarna kuning cantik ini tetap memiliki penggemar sendiri. Mereka umumnya adalah kaum yang akan terpuaskan jika berhasil memaster kenari dengan isian lagu-lagu yang anti mainstream.

Meskipun dalam prakteknya memang tidaklah mudah untuk memaster sang burung. Butuh banyak-banyak kesabaran dan ketekunan hingga sang burung berhasil menguasai lagu-lagu yang diajarkan.

Gambar kenari

Gambar kenari (Jocelyn Erskine-Kellie)

Baiklah, bagi Anda yang sudah tidak sabar, inilah praktik terbaik memaster burung kenari agar punya isian yang bagus.

1. Cari kenari yang berusia kurang dari 3 bulan

Untuk hasil terbaik, maka Anda bisa mulai memaster kenari sejak usia kurang dari 3 bulan atau yang baru saja lepas lolohan.

Pada usia tersebutlah, kenari punya kemampuan untuk mendengar, mempelajari, dan merekam suara-suara yang diajarkan dengan lebih baik.

2. Siapkan isiannya

Setelah burung kenari yang hendak dimaster sudah diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan suara isian untuk diberikan pada kenari Anda.

Jenis suara burung yang biasa dipakai untuk memaster kenari adalah: sanger, siskin, gelatik, cililin, dan blackthroat.

Sediakan pula ruangan khusus untuk melakukan pemasteran tersebut. Ruangan khusus bertujuan agar sang kenari bisa lebih fokus dalam belajar dan menghafal lagu masterannya.

Dalam memaster kenari, Anda bisa menggunakan burung asli atau lewat rekaman audio yang sudah tersedia. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Metode mana yang lebih baik? Jawabannya tergantung dari ketersediaan bahan dan kemampuan Anda. Jika memang tidak memungkinkan untuk mendatangkan burung asli ke rumah, maka memaster lewat rekaman audio mp3 juga tidak masalah.

Suara Kenari Yorkshire Untuk Variasi Masteran Burung Kicau

Suara Kenari Prestasi Untuk Masteran

Suara Burung mozambik Jantan Dan Betina

Syaratnya, suara rekaman terdengar jelas dan jernih (tidak tercampur suara burung lain), hal yang sama berlaku pula untuk perangkat audio yang digunakan.

Sedangkan jika Anda berniat untuk memaster kenari menggunakan burung asli, maka sediakanlah ruangan dengan beberapa gantangan untuk meletakkan burung-burung tersebut.

Letakkan kenari sejajar dengan burung masterannya, atau bisa juga dipola melingkar dengan kenari berada di ditengah-tengah.

Pastikan selama proses pemasteran tersebut burung-burung dikerodong masing-masing sesuai dengan kebiasaan yang sudah dijalaninya.

3. Waktu terbaik untuk memaster

Waktu yang dianjurkan untuk memaster burung kenari adalah pada saat pagi, siang, dan sore / malam hari. Berikut pembagian waktunya.

  • Pemasteran di pagi hari bisa dilakukan sehabis kenari mandi dan dijemur. Kisarannya antara pukul 08.00 – 09.00.
  • Pemasteran di siang hari bisa dilaksanakan saat burung beristirahat atau sekitar pukul 13.00 – 15.00
  • Pemasteran di sore hari bisa dimulai saat kenari kembali aktif atau sekitar pukul 16.00 – 17.30
  • Pemasteran pada malam hari bisa dilakukan menjelang burung beristirahat kembali atau sekitar pukul 19.00.

Selama proses pemasteran, banyak dari pemiliknya yang menginginkan sang burung mempunyai suara full isian dan menghilangkan suara aslinya.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, maka pemasteran kenari perlu dilakukan lebih rutin lagi, dan yang tidak kalah penting adalah menjauhkan sang burung dari kenari lainnya agar tidak glender.

Kesimpulan

Praktik terbaik memaster burung kenari agar punya isian yang bagus bisa Anda mulai sejak dini, atau sejak burung sudah bisa lepas lolohan.

Berikan isian suaara yang sesuai dengan karakter kenari, yaitu suara burung cililin, siskin, atau gelatik. Untuk masalah masterannya, bisa Anda ambilkan dari burung asli atau menggunakan file rekaman mp3.

Lakukan pemasteran di pagi, siang, sore, serta malam hari untuk mendapatkan hasil maksimal, lebih-lebih jika Anda menginginkan suara kenari berganti full isian. Pantau terus Burungpedia.Com untuk mendapatkan informasi penting dan menarik seputar burung kicauan. Selamat memaster burung kenari Anda, dan sampai berjumpa lagi di lain kesempatan.

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Praktik Terbaik Memaster Burung Kenari Agar Punya Isian yang Bagus
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas