Ternak kacer
Uncategorized

Potensi Ternak Burung Kacer dan Caranya Lengkap

Salah satu hal yang membuat banyak orang berminat menangkarkan kacer adalah dikarenakan banyaknya pengemar burung kacer di indonesia selain itu kacer juga memiliki harga jual kacer yang memang cukup tinggi namun anda bisa menjalankannya dengan modal yang kecil.

Sehingga potensi bisnis ternak kacer memang terus berkembang sepanjang waktu. Namun cara perawatannya memang membutuhkan teknik khusus sehingga burung kacer bisa berkembang biak dengan baik. Sehingga ternak kacer bukanlah ide yang buruk untuk berbisnis terutama bagi anda yang menyukai burung hias dan kicau.

Kacer merupakan burung memiliki ciri khas unik saat mengeluarkan kicauannya, yaitu mendongakkan kepala sembari mengeluarkan bunyi lantangnya yang merdu. Ciri khas yang dimiliki kacer ini disebut dengan istilah “ngobra”, hal ini karena memang perilakunya yang mirip seperti ular kobra saat sedang berkicau. Peminat burung kacer juga semakin hari semakin banyak, tak hanya tertarik dengan suaranya yang merdu namun corak bulunya yang indah membuat siapapun ingin memilikinya. Kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai tips ternak kacer agar sukses dan berhasil.

Persiapkan Kandang

hal pertama sebelum memulai ternak kacer adalah anda harus mempersiapkan kandang burung terlebih dahulu. Kriteria kandang yang baik jika anda ingin beternak kacer adalah kandang berukurang cukup luas dan nyaman sehingga mempercepat proses reprodusksi.

Untuk ukuran kandang, anda bisa membuat dengan panjang: 100 cm, lebar: 100 cm, dan tinggi: 200 cm. Sebaiknya gunakan bahan baku kayu balo untuk membuat kandang. Karena struktur kayu yang keras akan sangat baik untuk bahan kandang ternak kacer. Jangan lupa melengkapinya dengan pangkringan (tempat kacer bertengger), tempat minum dan makan yang higienis, dan lainnya.

Pilih Indukan Ternak Kacer

ilustrasi gambar kacer juara

ilustrasi gambar kacer juara

Untuk mendapatkan anakan kacer yang berkualitas, tentu saja anda ahrus mendapatkan indukan burung yang juga berkualitas.  Anda bisa mendapatkan burung kacer jantan berkualitas bagus di arena lomba burung akan tetapi dana yang anda siapkan haruslah memadai juga karena harga kacer lomba biasanya di jual di atas Rp 700.000 bahkan bisa sampai jutaan. Sedangkan untuk kacer betina coba cari yang masih muda tapi kalau anda memiliki teman yang menjual kacer betina janda yang sudah pernah produksi saya rasa itu lebih bagus.

Masa Penjodohan

Untuk penjodohan indukan kacer sendiri tidak bisa sembarangan, anda perlu mengetahui teknik yang tepat seperti di bawah ini:

  • Masukkan indukan jantang ke dalam kandang yang sudah dipersiapkan
  • Setelah itu masukkan induk betina ke dalam sangkar, dan kemudian masukkan snagkar ke dalam kandang
  • Anda bisa memperhatikan reaksi keduanya, apakah rukun atau tidak

Ciri indukan burung kaceryang berjodoh bisa dilihat dari induk jantan yang terus menerus berkicau sembari mendekati indukan betina. Selain itu indukan betina juga akan memberikan respon melalui gerakan dari dalam sangkar

Pemberian Pakan

Selalu jaga kebersihkan kandang, minimal 2 kali seminggu. Untuk pemberian pakan, air minum dan air mandi juga harus diperhatikan dengan benar. Sehingga burung kacer bisa lebih brekosentrasi pada masa perjodohan dan proses perkawinan bisa segera berlangsung. Jika perlu jauhkan dari gangguan burung lainnya selama proses perkawinan sehingga tidak menganggu kenyamanan burung.

Masa Pengeraman

Dalam masa pengeraman, induk betina membutuhkan ketenangan dan kenyamanan ekstra dari berbagai gangguan yang ada di sekitar kandang. Hindari dari gangguan anjing, tikus, cica, kecoa, dan lainnya hingga selesai masa pengeraman selama 14 hari.

Meloloh

Jika anakan kacer sudah menetas, maka anda bisa mencoba memberikan makanan belalang, kroto, jangkrik, dan ulat untuk meloloh anakan kacer. Anda bisa melakukannya pada pagi dan sore hari hingga anakan kacer dapat keluar dari sarang dan makan dengan sendirinya.

Menjual Anakan Kacer Hasil Penangkaran

Ternak kacer

sumber gambar : deepak nashine

Jika indukan kacer yang anda ternakan memiliki kualitas yang bagus ataupun setidaknya sudah memiliki nama di arena lomba burung saya rasa anda tidak akan kesulitan menjual anakan kacer ini.

Anakan kacer pada umumnya di jual setelah berusia lebih dari 2 bulan, kenapa ? karena kalau usia kurang dari dua bulan persentase anakan kacer mati akan semakin tinggi.

Untuk penjualan bisa dengan cara oline manfaatkan sosial media seperti facebook maupun instagram, karena kedua sosial media tersebut banyak digunakan oleh oara kicaumania di Indonesia.

nah itu tadi bagaimana cara beternak burung kacer yang mudah agar sukses dan berhasil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

2 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Potensi Ternak Burung Kacer dan Caranya Lengkap
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas