pleci jantan
Pleci

Ini Dia Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina Paling Akurat

Untuk membedakan burung pleci jantan dan betina memang memerlukan pengamatan secara khusus, sehingga kita tidak salah pilih. Terlebih lagi, untuk membawa burung pleci ke arena lomba kicauan, Anda harus lebih selektif saat memilih burung kicauan ini. dikarenakan pada umunya hanya pleci yang berjenis kelamin jantan lah yang sering ngalas / ngerol sehingga harga jualnya lebih tinggi jika di bandingkan dengan pleci betina.

Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina

gambar kumpulan pleci

gambar kumpulan pleci

untuk membedakan mana pleci yang bejenis kelamin jantan dan betina ada beberapa cara atau hal yang bisa anda perhatikan, mulai dari bentuk fisik, sifat dan karakter yang perlu diperhatikan untuk membedakan jenis kelamin pleci jantan dan betina, seperti berikut :

Klep Mata

Gambar pleci jantan

Gambar pleci jantan

Burung pleci sering dijuluki sebagai burung kacamata, ini dikarenakan pleci memiliki lingkaran atau klep di sekitar matanya. Biasanya, burung pleci jantan memiliki lingkaran mata terlihat putus-putus dan tebal. Sementara, untuk pleci betina sendiri memiliki klep mata tebal tapi tidak putus-putus.

Bagian Ekor

Pleci jantan memiliki ekor lebih panjang dibandingkan pleci betina. Pada pleci jantan, bagian ujung ekornya terlihat meruncing, tampak berbentuk seperti huruf “V”. Berbeda dengan ekor pada pleci betina yang memiliki ujung ekor rata dan terlihat pendek.

Bagian Kepala dan paruh

Bentuk kepala burung pleci betina tampak besar dan membulat, dengan paruhnya yang terlihat kasar. Berbeda dengan kepala pada pleci jantan yang terlihat ramping dan lebih kecil.

Ciri Burung Perkutut Jantan dan Betina Lengkap dengan gambar

Bentuk paruh pada pleci betina tapak sedikit memanjang, berbeda pada pleci jantan yang berbentuk agak pendek dan tebal. akan tetapi ini juga masih di jadikan perdebatan diantara kicaumania di karenakan tida ada tolak ukurnya

Dubur/pen

Pleci jantan memiliki pen atau dubur memanjang, dan memiliki banyak bulu di area sekitarnya. Sementara pen atau dubur pleci betina bentuknya lebih kecil, dan terlihat sedkit bulu di area sekitarnya dengan fungsi mempermudah penetrasi.

Bagian Tubuh

pleci jantan

pleci jantan

Ciri burung pleci jantan dan betina yang bisa membedakan keduanya terlihat dari postur tubuhnya. Pada pleci jantan, postur tubuhnya cenderung lebih besar dan panjang. Sementara postur tubuh pada pleci betina agak pendek dan bulat.

Warna Bulu

jika anda perhatikan pada umumnya Warna bulu pada pleci jantan terlihat lebih cerah dan mencolok. Berbeda dengan bulu pada pleci betina yang tampak kusam. Akan tetapi hal ini tidak bisa di jadikan acuan / jaminan di karenakan banyak juga pleci yang sudah berumur warnanya mulai memudar.

Suara

Jenis suara pada pleci jantan terdengar lebih mengkristal dan nyaring jika dibandingkan burung betina. Namun untuk membedakan burung pleci dari suaranya memerlukan pengamatan yang ekstra. Tapi kalau anda ingin hasil instan tingal beli pleci yang sudah terpantau gacar / ngalas dan dapat di pastikan jenis kelamin burung tersebut adalah jatan.

Download Kumpulan Suara Pleci Berbagai Jenis MP3

Semprotan Air

Anda dapat membedakan burung pleci betina atau jantan saat masih dalam ombyokan, caranya dengan menyemprotkan air pada kepala burung. Apabila jambulnya tampak terlihat dengan bentuk pupil mata yang mengecil, hal ini bisa menandakan jika burung pleci ini berjenis kelamin jantan.

Lincah dan Agresif

Gambar pleci koloni

Gambar pleci koloni

Pleci jantan akan terlihat lebih lincah dan agresif, walaupun tidak semua pleci jantan seperti itu. Jika anda memperhatikan pleci ombyokan di toko burung anda akan melihat beberapa pleci yang sering bergerak kesana kemari sambil mengeluarkan suara khasnya ci ci ci kemungkinan besar burung tersebut adalah pleci jantan.

Kesimpulan

Dengan melihat perbedaan ciri burung pleci jantan dan betina di atas bisa kita simpulkan bahwa jenis kelamin burung pleci jantan paling cocok untuk dijadikan sebagai burung lomba, karena karakter, sifat dan bentuk fisik yang dimilikinya. Selain itu, burung pleci merupakan burung pemakan serangga dengan perawatan dan pemeliharaan yang lebih mudah dibandingkan burung pemakan serangga lainnya.

Ciri Burung Pleci Jantan

  • Biasanya burung pleci jantan memiliki bentuk ekor yang lancip pada bagian ujungnya, dengan membentuk seperti huruf “V”.
  • Kepala burung pleci jantan tampak lebih besar dan bulat.
  • Pen/dubur pleci jantan tampak panjang, disertai bulu-bulu yang banyak disekitarnya.
  • Klep di bagian matanya tampak tebal dan putus-putus pada bagian bawah.
  • Warna bulu pada pleci jantan tampak lebih panjang.
  • Ukuran paruh pada pleci jantan lebih pendek.
  • Memiliki warna tenggorokan yang hitam pada bagian kiri dan kanan.
  • Ukuran badannya terlihat lebih panjang.

Ciri Burung Pleci Betina

  • Pleci betina biasanya memiliki bentuk ekor yang pendek dengan bagian ujungnya yang rata.
  • Kepala pleci betina tampak lebih kecil.
  • Pen/dubur pleci betina terlihat kecil, dan ditumbuhi sedikit bulu di sekitarnya.
  • Klep di bagian matanya tampak tebal dan tidak terputus.
  • Warna pada bulu pleci betina lebih kusam.
  • Ukuran paruh pleci betina panjang.
  • Warna tenggorokan berwarna merah muda.
  • Ukuran tubuhnya lebih pendek dan bulat.
1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Ini Dia Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina Paling Akurat
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas