lovebird kawin
Lovebird

Perhatikan Tanda-Tanda Ketika Lovebird Mau Kawin

Perhatikan tanda-tanda ketika lovebird mau kawin – Penting diperhatikan khususnya untuk para breeder pemula! Simak catatan di bawah ini guna mengetahui apa saja tanda-tanda lovebird Anda siap dikawinkan.

Menurut sebuah survei, beternak lovebird memang cenderung lebih mudah jika dibandingkan dengan beternak burung kicauan lainnya seperti murai atau juga kenari. Namun jika tidak diawali dengan pengetahuan yang cukup, maka bisnis peternakan lovebird Anda bisa mandek alias kurang berkembang.

Salah satu kunci penting dari usaha ternak lovebird adalah bagaimana kita mengetahui tanda-tanda atau ciri lovebird yang siap kawin, sehingga kita tidak melewatkan momentum yang sangat berharga tersebut.

Tanda-Tanda Lovebird Ketika Mau Kawin

lovebird kawin

Lovebird kawin – sumber: kicaumania.net

Inilah beberapa ciri yang akan Anda lihat pada lovebird yang sedang birahi dan siap dikawinkan,

  • Jika lovebird yang Anda jodohkan sudah cocok satu sama lain, maka mereka akan bertengger berdampingan hampir di sepanjang hari.
  • Sang pejantan biasanya lebih aktif dalam merayu dan menyuapi sang betina dan mengunyahkan makanannya.
  • Tidak lama setelah itu, Anda akan melihat sang pejantan mengambil posisi di belakang indukan betina. Dengan demikian, lovebird hampir siap untuk memulai proses reproduksinya, silahkan diamati dari jauh.
  • Indukan betina pun akan membuka sayapnya, sementara sang pejantan akan naik di atas punggung betinanya. Inilah cara lovebird kawin.
  • Kalau sudah kedapatan kawin, maka Anda harus segera meletakkan beberapa bahan untuk membuat sarang. Berikan saja potongan bambu yang tipis-tipis, kulit jagung, atau juga jerami. Kedua indukan tersebut akan mulai membangun sarang mereka.
  • Jika Anda amati, bahan-bahan tersebut akan diselipkan pada bulu-bulu di punggung sang betina untuk dirangkai menjadi sarang.
Patut Dibaca :  Telur Lovebird Telat Menetas ? Berikut Solusinya

Penting untuk diperhatikan:

Setelah Anda melihat lovebird kawin, Anda harus tetap melakukan pengamatan. Perhatikan tempat di mana kedua indukan tersebut melangsungkan proses reproduksi.

Jika lovebird kawin di atas tenggeran, maka Anda harus memastikan bahwa tenggeran tersebut cukup kuat agar selama lovebird kawin, tenggerannya tidak bergeser dan mengakibatkan gagalnya pembuahan.

Begitu pula jika sang burung kawin di bawah kandang, maka pastikan tidak ada sesuatu yang menghalangi atau membuat mereka kesulitan bergerak.

Setidaknya amati bahwa indukan tersebut dapat membuka sayapnya tanpa mengenai apapun. Karena itu, kandang perjodohan hendaknya dibuat cukup luas agar sang indukan bisa kawin dengan leluasa.

Kesimpulan

Sebagai seorang breeder, Anda harus memperhatikan tanda-tanda ketika lovebird mau kawin agar momentum perjodohannya bisa tepat waktu.

Tempatkan indukan lovebird dalam satu sangkar, jika keduanya sudah menunjukkan ciri atau tanda berjodoh seperti yang telah kami ungkapkan di atas, maka indukan tersebut bisa dimasukkan ke dalam kandang reproduksi dan disiapi beberapa bahan untuk membangun sarangnya.

Patut Dibaca :  Ragam Jenis Lovebird Biola yang Perlu Kamu Ketahui

Selama proses kawin tersebut Anda wajib melakukan pengamatan demi menjamin keberhasilan proses reproduksi lovebird.

Bagaimana lovebird lover? Sudah siap untuk mengawinkan lovebird Anda? Jika proses kawin tersebut berhasil, maka Anda pun akan mandulang keuntungan dari hasil penjualan anakannya.

Namun apapun tujuan Anda menernak lovebird, tetap sayangi burung tersebut dan jangan memaksakan sang burung kawin sebelum usianya matang agar indukannya selamat, anakan yang dihasilkan pun berkualitas. Semoga artikel ini mengispirasi Anda, tetap semangat dan giat dalam berusaha, salam dari Burungpedia !

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Perhatikan Tanda-Tanda Ketika Lovebird Mau Kawin
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas