Gambar Lovebird Jantan dan Lovebird Betina
Lovebird

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Lengkap

Berdasarkan analisa ciri lovebird jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk paruh, supit udang, ekor, sayap dan juga cara bertengger, akan tetapi keakuratannya tidak bisa mencapai 100%. Banyak orang yang masih belum memahami ciri burung lovebird jantan dan betina, sehingga sulit sekali membedakan keduanya.

Untuk membedakan lovebird jantan dan betina, Anda bisa melihat beberapa ciri fisik pada burung lovebird di bawah ini, akan tetapi hal ini tidak bisa jadi patokan utama, mengingat burung lovebird jantan dan betina memiliki ciri fisik bahkan suara yang hampir sama.

Ciri Burung Lovebird Jantan

Bagi Anda yang ingin mengetahui perbedaan burung lovebird jantan dan betina, terlebih dulu kita kenali ciri-ciri fisik burung lovebird jantan, di bawah ini :

Bentuk Paruh Lovebird Jantan

Lovebird jantan dapat dilihat lewat bentuk paruhnya, lebih tepatnya lis di area pangkal paruh maupun paruh atasnya. Lis yang terdapat dalam pangkal paru burung lovebird umumnya berwarna merah muda atau putih. Selain itu, bentuk lis paruh lovebird jantan umumnya lebih lancip dan tipis pada bagian tengahnya.

Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh burung lovebird juga dapat membedakan jenis kelamin burung lovebird. Pada burung lovebird jantan biasanya memiliki postur tubuh lebih ramping dan panjang daripada burung lovebird betina.

Bentuk Sayap

Bentuk sayap bisa dilihat ketika lovebird sedang berdiam diri, sebab ketika burung lovebird sedang aktif, biasanya pengamatannya menjadi kurang akurat. Pada lovebird jantan memiliki sayap dengan bentuk menyilang pada bagian ujungnya.

Bentuk Ekor Lovebird

Bentuk ekor pada burung lovebird jantan berbentuk huruf V atau runcing di bagian ujungnya.

Bentuk Kepala

Bentuk kepala pada lovebird jantan umumnya lebih rata dan menyerupai bentuk kotak-kotak.

Cara Bertengger

Posisi bertengger burung juga bisa membedakan ciri burung lovebird jantan dan betina. Pada lovebird jantan mempunyai posisi sedikit rapat ketika bertengger.

Tulang Pubis

Pada burung lovebird jantan, biasanya jarak diantara kedua tulang pubis terasa menyempit ketika diraba. Selain itu, ketika meraba dan menekan dua tulang supit atau tulang pubis pada lovebird jantan, kedua tulang supit udangnya tersebut terasa lebih keras, rapat, dan lancip.

Tingkah Laku Lovebird Ketika Sedang Birahi

Biasanya lovebird jantan berdiri tepat didekat burung lovebird betina sembari manggut-manggut. Lalu lovebird jantan pun langsung mengeluarkan suara cit-cit-cit atau tek-tek-tek dengan satu ketukan suara. Lovebird jantan terkadang juga melompati burung lovebird betina, kemudian menggesek-gesek tangkringan lalu menaiki tubuh burung lovebird betina.

Ciri Burung Lovebird Betina

Setelah mengulas tentang ciri burung lovebird jantan, kini saatnya Anda mengetahui ciri burung lovebird betina, diantaranya :

Bentuk Paruh Lovebird Betina

Jika pada lovebird jantan bentuk paruhnya terlihat mancung atau runcing, pada lovebird betina terlihat cenderung lebih besar, melebar, dan tumpul.

Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh pada lovebird betina lebih pendek dan bulat.

Bentuk Sayap

Bentuk sayap pada lovebird betina di bagian ujung sayapnya terlihat tidak menyilang dan tidak saling bertemu. Anda bisa mengamatinya ketika lovebird sedang terdiam.

Bentuk Ekor

Ekor lovebird betina bagian ujungnya lebih besar.

Bentuk Kepala

Pada lovebird betina, bentuk kepalanya biasanya telrihat lebih membulat dan bundar di bagian atasnya. Hal ini dapat dilihat ketika Anda memperhatikan lepet dalam waktu cukup lama, sebab perbedaannya memang sangat tipis.

Cara Bertengger

Cara bertengger pada lovebird betina biasanya dengan posisi sedikit membentang. Hal tersebut disebabkan lovebird betina memiliki struktur tubuh yang sedikit lebar, baik itu pada sapit urang atau kloaka.

Bentuk Supit Udang

Bentuk supit udang atau tulang pubis lovebird betina umumnya lebih elastis. Selain itu, jarak diantara kedua tulang pubis ini lebih lebar, sama seperti ukuran pada jari tangan manusia.

Tingkah Laku Lovebird Ketika Birahi

Pada lovebird betina, ketika birahi akan langsung merunduk serta membuka lebar-lebar bagian sayapnya. Biasanya lovebird betina suka menggigit setiap benda yang ada di sekitarnya.

Baca Juga : Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina 

Dengan mengamati ciri burung lovebird jantan dan betina di atas, bisa disimpulkan bahwa burung lovebird betina memiliki kriteria yang baik untuk diusung menuju arena lomba. Namun tak semua semua orang dapat membedakannya dengan jelas dan pasti sebab semuanya tergantung dari pengalaman tiap-tiap pecinta burung. Untuk lebih akurat membedakan jenis kelamin burung lovebird, Anda bisa melakukan tes DNA, hanya saja biayanya cukup mahal.

3 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Lengkap
2 Comments

2 Comments

  1. Andi soekamti

    Mei 23, 2018 at 7:48 am

    Terimakasih banyak mas, menurut saya gampang banget untuk membedakan mana lb jantan dan mana lb betina, syaratnya Harua beli sepasang lb yang positive produksi. Lb betina pasti yang bertelur. Kalu Dari gamba diatas pasti lb betinanya yang bawah

  2. Pasukan armada

    Desember 9, 2018 at 3:42 am

    Mas update tambah gambar dong, soalnya kalo cuma baca doang rasanya kek ada yang kurang

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas