Gambar Burung Cucak Ijo jantan dan Betina
Cucak ijo

Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina –  Seiring dengan banyaknya kontes burung akhir-akhir ini, banyak para penggemar burung memburu jenis burung yang indah dan mempunyai kicauan yang merdu untuk dibawa ke kontes burung. Salah satu burung yang banyak dicari adalah burung cucak ijo yang berjenis kelamin jantan.

Burung cucak ijo atau juga bisa sebut burung Cica Daun, adalah satu dari sekian banyak burung yang memiliki bulu cantik, dan suara yang sangat indah. Namun untuk para pecinta burung, tidak semua jenis burung dapat dirawat untuk dibawa ke latber ataupun lomba burung berkicau. Mereka sering membedakan burung cucak ijo yang jantan dan betina. Burung cucak ijo jantan lebih banyak diminati oleh para pecinta burung di karenakan memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi dan bisa untuk di lombakan.

Membedakan jenis kelamin burung cucak ijo sangatlah penting, karena jenis kelamin akan sangat menentukan terhadap kualitas burung, mulai dari mental di arena lomba, kicauan, serta tipe suara juga sangat berbeda dengan burung yang berjenis betina. Oleh sebab itulah, ciri burung cucak io Jantan dan Betina harus dikuasai oleh semua pecinta burung, terlebih ketika burung yang dibeli diproyeksikan untuk kontes lomba.

Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Jika sudah dewasa bisa dikatan cukup mudah untuk membedakan mana cucak ijo jantan dan mana cucak ijo betina. Hal ini di karenakan ketika sudah dewasa antara cucak ijo jantan dan betina memiliki perbedaaan yang cukup mencolok pada bagian lehernya, jika anda memperhatikan Cucak ijo jantan memiliki leher berwara hitam pekat sedangkan yang betina memiliki bulu yang cMembedakan ciri burung cucak ijo jantan dan betina, akan sangat sulit ketika burung masih dalam keadaan muda dan anakan.

Akan tetapi untuk membedakan ciri burung cucak ijo jantan dan betina, ada beberapa langkah yang sudah biasa dilakukan oleh para pecinta burung. Hal ini dilakuka oleh para pecinta burung untuk menemukan brung cucak ijo yag berkualitas, untuk dibawa ke kontes lomba besar.

Para pemula pasti bertanya-tanya kenapa ciri burung cucak ijo jantan dan betina sangatlah penting untuk dikethui, kita bisa mengetahuinya di sini.

Untuk para pecinta burung yang ingin mendengarkan kicau burung cucak ijo setiap pagi, atau bagi para master burung yang ingin memenangkan kontes burung cucak ijo maka haruslah memilih burung cucak ijo yang berjeis kelamin jantan. Tipe suara burung cucak ijo yang paling indah dengan tipe yang gacor dan bahkan bisa gantrak, hanya ada di suara burung cucak ijo jantan, bukan betina.

Anakan Cucak Ijo jantan dan Betina

Untuk membedakan ciri burung cucak ijo jantan dan betina Anakan harus memperhatikan beberapa tanda yang ada di tubuh burung cucak ijo.

Gambar Mata Cucak ijo jantan dan betina

Gambar Mata Cucak ijo jantan dan betina

Yang pertama, adalah perhatikan mata burung cucak ijo. Langkah membedakan burung cucak ijo jantan dan betina dengan cara ini hanya bisa diterapkanpada burung yang telah berusia dewasa. Lingkaran mata cucak ijo jantan memiliki warna lingkaran kuning. Pada lingkaran mata cucak ijo betina lingkaran matanya berwarna putih.

Baca Juga : Perbedaan Antara Kenari betina dan Kenari Jantan

Langkah membedakan burung cucak ijo jantan dan betina yang ke dua adalah dengan melihat pupil mata burung. Pupil mata burung jantan biasanya berwarna hitam jernih. Sedangkan untuk pupil mata cucak ijo betina berwarna hitam kecoklatan.

Gambar Paruh cucak ijo jantan dan betina

Gambar Paruh cucak ijo jantan dan betina

Ketiga dengan cara, melihat dengan jeli paruh bagian bawah burung. Untuk paruh bawah cucak ijo jantan akan terlihat hitam kecoklatan, sementra untuk betina berwarna putih bersih. Kemudian perbedaan yang sangat tampak ada di bagian leher, untuk cucak ijo jantan, pada bagian leher bulu betina ketika masih muda berwarna kuning, seiring bertambah usia akan berubah menjadi putih keijoan. Sedangkan untuk yang jantan, warna leher ketika masih muda berwarna kuning dan akan berubah menjadi hitam ketika tumbuh dewasa.

Untuk lebih mudah membedakan burung cucak ijo jantan dan betina, kita klasifikan ciri-ciri yang ada pada Cucak ijo.

Burung cucak ijo jantan, ini dia ciri-cirinya.

  • Lingkaran mata berwarna kuning tegas
  • Pupil mata berwarna hitam murni
  • Tulang supit keras dan rapat
  • Paruh berwarna coklat ketika masih muda
  • Sisik kaki berwarna hitam dengan bintik-bintik
  • Warna leher kuning ketika muda, dan menjadi hitam ketika dewasa

Burung cucak ijo betina, ini dia ciri-cirinya

  • warna lingkar mata kuning
  • pupil mata berwarna coklat
  • supit lembek
  • paruh berwarna putih ketika masih muda
  • tidak ada bintik hitam pada sisik kaki
  • warna leher menjadi putih keijoan ketika dewasa.

Kesimpulan

Jadi membedakan burung cucak ijo jantan dan betina haruslah sangat teliti, untuk menemukan burug yang benar-benar memiliki kualitas suara yang kita inginkan. Dan untuk membedakan kelamin burung cucak ijo ini sudah bisa dilakukan berdasarkan beberapa langkah di atas.

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina
1 Comment

1 Comment

  1. cucakijo jantan

    Mei 24, 2018 at 12:47 pm

    Gampang banget mas bro, CI betina pasti bisa bertelur sedangkan yang jantan ga bisa bertelur

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas