Gambar Burung Parkit
Parkit

Perbedaan Burung Parkit Jantan dan Betina Lengkap

Burung parkit jantan dan betina memiliki perbedaan yang sangat mudah dikenali dari perilaku dan bentuknya. Para pecinta burung parkit sangat mengenal perbedaan nyata dari jenis burung parkit jantan dan betina.

Perlu anda ketahui burung parkit merupakan salah satu burung jenis kakaktua yang berukuran kecil. Burung Parkit memiliki jenis bulu ekor yang panjang. Banyak orang menyebutnya paroquet atau paraquet.

Nama “parkit” berasal dari kata Perancis perroquet. Di Perancis, perroquet merupakan jenis burung pseudo-francismeatau burung beo. Sementara untuk sebutan burung parkit adalah perruche. kembali lagi ke topik utama, Lalu apa ciri burung parkit jantan dan betina?

Ciri Burung Parkit Jantan dan Betina

Untuk membedakan ciri burung parkit jantan atau betina, Anda dapat melihat dari organ seksualnya. Namun, organ tersebut terlalu kecil tertutup oleh sejumlah bulu. Ini membuat penentuan gender burung parkit berdasarkan anatomi sulit.

Satu-satunya cara yang mudah untuk mengetahui jenis burung parkit adalah dengan melakukan tes DNA pada bulu atau sampel darahnya. Dokter hewan unggas dapat memberikan hasil sampel yang teruji profesional. Namun, hal tersebut terlalu mahal.

Cara lain untuk mengetahui jenis burung parkit jantan atau betina adalah melalui perilaku dan warna burung parkit.

Warna Burung Parkit

Sebelum metode identifikasi gender burung parkit, burung parkkit harus mencapai kematangan seksual terlebih dahulu. Biasanya burung parkit mencapai kematangan di antara 8 dan 12 bulan. Tanda kematangan burung parkit adalah terangkatnya bagian atas paruh burung parkit atau cere dengan warna yang spesifik.

Ciri burung parkit jantan terlihat dari paruhnya yang berwarna ungu cerah. Sedangkan ciri burung parkit betina terlihat dari paruhnya yang berwarna kombinasi coklat.

gambar parkit betina

gambar parkit betina

gambar burung parkit jantan

gambar burung parkit jantan

Pada beberapa kasus, jenis cere burung parkit betina akan berubah menjadi biru pucat dengan kombinasi warna keputih-putihan. Warna biru tersebut akan terlihat jauh lebih terang. Jika memasuki musim kawin, jenis warna cere paruh burung parkit jantan akan berubah-ubah.

Selain itu, perbedaan dari jenis warna terlihat dari warna kakinya. Ciri burung parkit jantan memiliki kaki berwarna biru. Sedangnkan ciri burung parkit betinamemiliki kaki berwarna coklat. Beberap jenis burung parkit betina memiliki kaki berwarna merah mudah.

Perbedaan Perilaku Burung Parkit

Ciri burung parkit jantan dan betina juga terlihat dari perilakunya. Mereka memiliki perilaku yang sangat berbeda. Banyak peneliti ungags atau dokter hewan mengatakan bahwa untuk membedakan gender burung parkit, tidak cukup hanya melalui warna.

Anda perlu memperhatikan perilaku burung parkit. Hal ini dapat menjadi indikator yang kuat untuk menentukan jenis kelamin burung parkit.

Ciri burung parkit jantan biasanya sering menampilkan kebiasaan mengayun-ayunkan kepala dan bernyanyi. Jenis burung parkit jantan terlihat lebih aktif dan agresif ketika bergerak dalam kandang.

Sementara ciri burung parkit betina memiliki siulan atau vocal suara yang lebih keras. Namun, burung parkit betina tidak terlalu sering bernyanyi.

Perbedaan Bentuk Fisik Burung Parkit Saat Bayi

Selain warna dan perilaku, Anda dapat membedakan ciri burung parkit jantan dan betina melalui bentuk cincin yang mengelilingi lubang hidung burung parkit.

Baca Juga : Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Lengkap

Saat burung parkit masih bayi, ciri burung parkit betina memiliki bentuk cincin putih di sekitar lubang hidung. Sedangkan ciri burung parkit jantan memiliki bentuk lubang cincin di hidung dengan warna pink atau ungu.

Cara ini sulit diidentifikasi jika burung parkit sudah mencapai umur kurang dari 1 bulan.

Kesimpulan

Anda telah mengetahui ciri burung parkit jantan dan betina berdasarkan perilaku dan warna. Pada dasarnya, perbedaan gender burung parkit tidak hanya terlihat dari dua hal tersebut, tetapi ada beberapa lainnya.

Namun, menurut para dokter hewan unggas, perbedaan ini terlihat jelas dengan melihat dua indikator tersebut. Dan penelitian membuktikan hal tersebut cukup untuk mengetahui ciri burung parkit jantan dan ciri burung parkit betina.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Perbedaan Burung Parkit Jantan dan Betina Lengkap
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas