Uncategorized

Perbedaan Burung Kacer Betina Dan Jantan

Burung kacer merupakan salah satu burung yang memiliki kicauan merdu, sehingga banyak digemari para pencinta burung di Indonesia. Kicauan burung kacer sangat lantang, indah, dan variatif. Yang lebih menariknya lagi adalah ketika berkicau, burung kacer menengadahkan kepalanya. Inilah yang menjadi gaya khas burung kacer yang tidak dimiliki oleh burung lainnya. Orang-orang suka menyebut gaya/gerakan kepala ini dengan istilah ngobra. Sesuai dengan gerakan mendongkak yang mirip kepala ular kobra.

Perbedaan Suara Dan Bentuk Fisik Burung Kacer Betina Dan Jantan
Burung kacer dan murai batu memiliki ikatan kerabat yang dekat. Burung kacer termasuk dalam genus copsychus. Burung ini memiliki bentuk tubuh yang gempal, dengan bulu didominasi warna putih dan hitam, dan memiliki ekor yang panjang. Ekor burung ini akan bergerak ke atas ketika mencari makanan di bawah dan ketika bertengger.

Perbedaan Burung Kacer Betina Dan Jantan
Perbedaan Burung Kacer Betina Dan Jantan

Hal ini juga menjadi salah satu perilaku yang unik pada burung kacer selain perilaku untuknya yang menengadahkan kepala saat berkicau. Burung kacer banyak hidup khususnya di Asia Tenggara dan Selatan. Burung kacer biasa hidup pada ketinggian 1000 meter dpl ke bawah.

Biasanya burung ini tinggal di dataran-dataran yang rendah. Walaupun demikian, sering juga burung kucer muncul di tempat-tempat penduduk tinggal. Burung ini sangat agresif dan aktif. Para pencinta burung kacer biasanya lebih menyukai burung kacer jantan. Burung kacer jantan memiliki kicauan yang lantang dan lebih variatif. Selain itu, postur tubuhnya yang gagah juga menjadi keunggulan burung kacer jantan yang banyak disukai para penggemar burung.

Sementara itu, burung kacer betina memiliki kicauan yang lebih pelan dan kurang bervariasi.  Oleh karena itu, burung kacer jantan harganya lebih mahal daripada betina.

Bagi Anda yang menginginkan burung kacer jantan dengan kicauan lantang dan variatif, Anda sebaiknya memahami ciri-cirinya, agar tidak tertipu dengan harga yang mahal. Perbedaan burung kacer jantan dan betina berbeda saat masih kecil dan saat sudah dewasa. Saat masih kecil, burung

kacer jantan memiliki ciri-ciri seperti ini:

  1. Tubuhnya ramping
  2. Memiliki dada rata
  3. Ketika berdiri tampak tegap
  4. Biasanya lidahnya memiliki 1 atau 2 bintik berwarna hitam 
  5. Bentuk kepalanya persegi, sisi atas rata
  6. Paruh berukuran pendek, di bawah dan atasnya berwarna hitam
  7. Bulu punggung dan sayap tampak hitam legam.

Sedangkan kacer betina saat masih kecil memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tubuhnya bulat
  2.  Dadanya tampak menonjol 
  3. Saat berdiri tidak tegap seperti jantan
  4. Kepalanya berbentuk lonjong
  5. Ukuran paruh panjang
  6. Bulu dada dan punggung tampak hitam keabu-abuan.

Demikian ciri fisik pada burung kacer jantan dan betina. Jika Anda ingin membeli burung kacer yang masih kecil, sebaiknya Anda perhatikan ciri-ciri di atas, kemudian cocokkan dengan burung kacer yang ditawarkan oleh penjual. Jangan sampai Anda ingin membeli burung kacer jantan malah dikasih betina. Padahal Anda telah membayar dengan harga jantan. Sementara itu, jika Anda ingin membeli burung kacer dewasa, Anda dapat lebih mudah membedakan jenis kelaminnya.

Di kepalanya terdapat bulu berwarna hitam. Burung kacer jantan memiliki bulu kepala yang hitam mengkilap, sedangkan burung kacer betina memiliki bulu kepala yang memiliki motif keabu-abuan. Sekian tentang perbedaan burung kacer jantan dan betina. Jika Anda ingin merawat burung kacer dari kecil dengan harga yang lebih murah, sebaiknya Anda membeli burung kacer yang masih kecil, walaupun agak ribet.

5 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
1 Comment

1 Comment

  1. Master kacer

    April 10, 2018 at 7:33 am

    Kalo kacer betina pasti harganya lebih murah jika di banding kan dengan yang jantan

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas