Kenari

Perbedaan Antara Kenari Betina Dan Jantan

Burung kenari merupakan salah satu burung yang cukup banyak disukai penggemar burung di Indonesia. Kecantikannya membuat burung ini populer di kalangan para pencinta burung. Di samping kecantikannya, burung ini juga memiliki kicauan yang sangat merdu. Burung kenari ada yang jantan dan ada yang betina. Masing-masing memiliki perbedaan yang dapat dilihat dari bentuk fisiknya. Perilaku burung kenari jantan juga berbeda dari burung kenari betina. Berikut ini kami sajikan perbedaan burung kenari betina dan jantan berdasarkan bentuk fisik dan perilakunya.

Perbedaan Bentuk Fisik Dan Perilaku Burung Kenari Jantan Dan Betina 
Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang sangat populer karena memiliki tubuh yang cantik dan kicauan yang merdu. Kebanyakan orang lebih suka memelihara burung kenari dengan jenis kelamin jantan. Burung kenari jantan memiliki kicauan yang lebih variatif daripada burung kenari betina. Walaupun demikian, banyak orang yang tidak pandai dalam membedakan burung kenari yang jantan dengan yang betina. Bagi penggemar burung yang masih pemula, mungkin agak kebingungan dalam membedakan burung kenari jantan dengan burung kenari betina. Walaupun sebenarnya cukup mudah cara untuk membedakan burung kenari jantan dengan burung kenari betina, karena dapat dilihat dari bentuk fisik dan perilakunya.

Perbedaan Antara Kenari Betina Dan Jantan
Perbedaan Antara Kenari Betina Dan Jantan

Perbedaan bentuk fisik antara burung kenari jantan dengan burung kenari betina akan mulai mudah dilihat jika burung kenari berusia 7 bulan. Saat umur 7 bulan, burung kenari sudah bisa dikatakan dewasa, karena alat reproduksinya telah dapat berfungsi. Berikut ini ciri-ciri fisik dan perilaku burung kenari jantan:

  1. Burung kenari jantan biasanya tubuhnya atletis, ramping, dan memiliki postur yang tegap
  2. Burung kenari jantan memiliki bulu yang terlihat tegas dan cerah
  3. Setelah burung memasuki usia siap kawin, perbedaannya makin jelas terlihat, antara lain:
  4. Saat dua burung berdampingan, burung kenari jantan sering menyuap burung kenari betina dari paruh ke paruh.
  5. Perilaku burung kenari jantan lebih aktif dan agresif.
  6. Burung kenari jantan memiliki kloaka yang tampak menonjol.

Demikian tadi ciri-ciri fisik dan perilaku burung kenari jantan. Sedangkan burung kenari betina, memiliki ciri-ciri fisik dan perilaku di bawah ini.

  1. Burung kenari betina tubuhnya tidak begitu atletis, dengan postur yang tidak begitu tegak
  2. Burung kenari betina biasanya bentuk kepala dan tubuhnya bulat dengan ukuran lebih kecil
  3. Warna bulu burung kenari betina kurang begitu cerah dan agak samar
  4. Saat sedang berduaan, burung kenari betina lebih sering disuap oleh burung kenari jantan
  5. Burung kenari betina lebih suka mencari bahan sarang dan membuat sarang
  6. Burung kenari betina memiliki Kloaka yang tampak bengkak kemerah-merahan. Terlebih lagi apabila mulai siap berkawin.

Demikian sedikit ciri-ciri fisik dan perilaku untuk membedakan burung kenari jantan dengan burung kenari betina. Anda harus jeli dalam memilih burung kenari, sehingga diharapkan Anda bisa terhindar dari tindakan penipuan. Saat Anda ingin memilih burung kenari, pastikan Anda memahami, atau jika bisa Anda hafalkan ciri-ciri di atas. Anda juga bisa membawa membuka kembali artikel ini untuk mencocokkan burung kenari yang akan Anda beli. Atau jika Anda memiliki pasangan burung kenari, Anda juga bisa memanfaatkan artikel ini untuk membedakan jenis kelamin burung kenari yang lahir dari pasangan burung kenari yang Anda miliki, sehingga saat dijual Anda tidak salah tawar agar tidak disangka penipuan.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Perbedaan Antara Kenari Betina Dan Jantan
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas