Gambar murai medan
Murai batu

Penjelasan Mengenai Murai Medan dan Ciri Fisik yang Dimiliki

Penjelasan Mengenai Murai Medan dan Ciri Fisik yang Dimiliki – Para pemain murai medan sering kali kecele dan mengalami kesulitan ketika harus membedakan antara burung murai medan dengan burung murai jenis lainnya.

Tidak mengherankan memang, mengingat banyak tampilan fisik dan ciri yang dimiliki murai medan cenderung mirip dengan jenis burung murai lainnya.

Terlebih apabila disandingkan dengan burung murai berekor panjang, atau saat sang murai medan mengalami masa mabung. Dijamin hal tersebut akan menjadi kendala tersendiri untuk para pecinta murai medan.

Mengingat burung ini banyak sekali penggemarnya, maka tidak ada salahnya untuk  mempelajari mengenai ciri fisik yang bisa  dijadikan pegangan saat memilih murai medan, tujuannya pasti – agar kita tidak kena tipu oleh para oknum penjual yang nakal.

Para penjual yang tidak tahu aturan tersebut kerap kali mengelabui calon pembeli dengan cara memasang ekor pasangan pada burung murai medan agar terlihat mirip dengan burung murai medan yang sedang dicari oleh pembeli.

Namun tidak perlu risau lagi, karena pada halaman ini, kami secara khusus akan memberi penjelasan mengenai murai medan dan ciri fisik yang dimiliki.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, mari kita berbicara sejenak mengenai burung murai yang terkenal dengan ekor panjangnya yang aduhai.

Penjelasan Singkat Mengenai Murai Medan

Jika dilihat dari segi tampilan ekor dan suara, murai batu memang terkenal memiliki kemampuan lebih mumpuni dibanding dengan jenis murai lainnya.

Namun fakta sebenarnya, burung murai medan merupakan sebutan belaka untuk burung murai yang memiliki ekor panjang, dulunya jenis burung ini memang banyak didatangkan dari Medan.

Burung-burung murai berekor panjang tersebut merupakan burung tangkapan hutan yang berasal dari daerah seperti Bahorok, Gunung Leuser, dan beberapa tempat lainnya.

Nah, saat ini, burung yang dijuluki dengan sebutan murai medan kebanyakan merupakan burung murai yang berekor panjang dengan motif u / v / w yang asalnya dari Sumatera Utara.

Oleh sebab itulah, tidak semua murai medan memiliki kualitas yang setara, semua tergantung dari mana Anda mendapatkan murai tersebut, dan tidak ketinggalan, faktor keturunan, serta perawatan hariannya (bila Anda membeli burung yang sudah jadi).

Baiklah, mari kita mulai masuk ke ciri-ciri utama dari murai medan yang bisa Anda pakai sebagai patokan saat akan membeli burung tersebut, silahkan disimak penjelasan berikut ini.

Ciri Fisik Pada Murai Medan

Seperti yang Anda lihat pada diagram gambar di atas, murai medan dapat dibedakan dari bulu ekornya. Sementara untuk ciri-ciri spesifik lainnya silahkan dibaca pada penuturan di bawah ini:

1. Bentuk Tubuhnya

Gambar murai medan

Gambar murai medan sumber : Murai Super

Jika Anda perhatikan, bentuk tubuh dari murai medan ini cenderung lebih besar, tegap, sekaligus atletis. Dan ketika di pertemukan dengan burung sejenis (murai) burung ini tidak akan ngembung seperti murai kalimantan / borneo.

2. Warna Bulu

Tampilan warna bulu pada burung murai medan yang bisa dijadikan sebagai pembeda dari jenis murai lainnya adalah warna bulunya yang hitam legam serta mengkilat. Apabila terkena pancaran sinar matahari, warna bulu ini akan terlihat kebiru-biruan.

3. Warna Kaki

Menurut informasi yang beredar, semakin hitam warna kaki pada burung murai, maka semakin baik pula kualitas yang dimiliki.

Hal tersebut juga berlaku pada murai medan, ketika masih berusia muda, murai medan memiliki tampilan warna kaki yang merah kehitaman. Warna ini akan berubah menjadi lebih hitam pekat ketika burung menginjak usia dewasa.

4. Panjang dan Pola Ekor

Ciri fisik yang paling mudah dilihat adalah dari bentuk ekornya. Ekor pada murai medan memiliki 4 pasang bulu putih dengan strip hitam yang membelah secara horisontal.

Ciri ini mirip dengan murai malaysia, namun kembali lagi pada pakemnya, bahwa ekor dari murai medan cenderung lebih panjang. Untuk lebih jelasnya, silahkan dilihat pada gambar di bawah ini.

ciri murai medan

Pola ekor murai medan – sumber: hobiburung.com

Jika diamati, memang tampilan fisik murai medan hampir mirip dengan murai malaysia, terlebih lagi keduanya sama-sama berekor panjang akan tetapi ada juga murai medan / murai malaysia yang memiliki ekor pendek.

Namun murai malaysia ekornya lebih lentur dan tipis, sehingga terkadang nampak seperti melengkung ke bawah.

Kesimpulan

Membedakan murai medan dengan jenis murai lainnya memang gampang-gampang susah, namun jika kita sudah paham mengenai ciri fisik seperti yang telah kami tuturkan di atas, maka tidak akan sulit lagi dalam menentukan jenis burung yang ingin Anda beli.

Teliti pula sebelum Anda membeli burung murai medan, baik itu yang masih trotolan, maupun yang sudah jadi, sebab banyak penjual yang mencoba mengecoh pembeli dengan menempelkan bulu palsu dengan menggunakan lem.

Hal tersebut selain merugikan pembeli, juga akan mengganggu kehidupan burung murai itu sendiri. Bahkan burung murai dengan ekor palsu tersebut cenderung gampang mati karena ada benda asing yang menempel di tubuhnya.

Sekian penjelasan mengenai murai medan dan ciri fisik yang dimiliki, semoga dapat membatu dan menjadi referensi yang baik untuk Anda.

Jika ada yang kurang atau perlu dikoreksi, silahkan ditambahkan pada kolom komentar yang sudah kami sediakan.

 

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Penjelasan Mengenai Murai Medan dan Ciri Fisik yang Dimiliki
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas