Pengalaman Menjodohkan Burung Lovebird

Menjodohkan lovebird - sumber:satwapedia.com

Pengalaman Menjodohkan burung lovebird – Banyak penangkar yang masih keliru mengerti tentang usia yang paling tepat untuk menjodohkan lovebird. Kebanyakan, burung lovebird yang ada ditangkaran sudah dikawinkan sejak usia 5 – 6 bulan, padahal usia minimal untuk perjodohan lovebird adalah usia 1 tahun.

Anehnya, salah kaprah ini masih saja berlanjut di karangan breeder, akibatnya, anakan yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan alias banyak problem yang membuntutinya, seperti telur nyungsang,  anakan mati, dan bobot anakan yang terlalu kecil.

Faktor utama yang menjadi penyebab masalah-masalah tersebut adalah indukannya yang masih terlalu belia, sehingga organ reproduksinya belum matang sepenuhnya. Kali ini Burungpedia.com membagikan pengalaman menjodohkan burung lovebird yang bisa Anda ikuti agar usaha ternak lovebird Anda semakin maju dan mampu menghasilkan anakan-anakan yang berkualitas.

Tips Seputar Menjodohkan Lovebird

Menjodohkan lovebird – sumber:satwapedia.com

1. Kenali masa kawin lovebird

Seperti yang kami utarakan di atas, usia ideal atau yang paling pas untuk menjodokan lovebird adalah saat lovebird berusia minimal 1 tahun.

Saat itulah organ-organ reproduksi dan juga mental indukan sudah siap untuk menetaskan telur-telurnya.

Jika sang indukan belum siap, tentu akan membawa dampak negatif, sang indukan bisa saja mengalami stres hingga memakan telurnya sendiri.

  Tips Membangkitkan Birahi Lovebird Agar Tambah Gacor

Untuk memastikan lovebird Anda telah siap kawin, kenali tanda-tanda berikut ini:

  • Burung sering mengangguk-angguk
  • Sang pejantan terlihat sering memuntahkan makanannya
  • Sang betina biasanya akan membuka sayapnya lebar-lebar sambil menganggakat ekornya

2. Lovebird yang dikawinkan harus 1 spesies

Untuk menghindari munculnya anakan hybrid atau barong, hindari mengawinkan lovebird yang berbeda spesies. Misalnya lovebird personata tidak boleh dikawinkan dengan lovebird fischery.

3. Indukan harus sehat

Pastikan indukan yang akan dikawinkan tersebut berbadan sehat dan berperawakan bagus. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan keturunan yang baik pula.

4. Persiapkan kandang perjodohan

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kandang perjodohan, sekedar saran, pakailah kandang atau sangkar yang berbahan besi sehingga lebih kuat dan tidak mudah rusak.

Sediakan pula glodok atau tempat bersarang, jangan lupa tambahkan bahan-bahan untuk membuat sarang seperti serut kayu, daun cemara, atau rerumputan.

Kalau nantinya pasangan lovebird sudah mulai membangun sarang, maka itu tandanya kedua lovebird tersebut akan segera kawin.

5. Beri pengawasan saat lovebird dijodohkan

Pisahkan idukan untuk sementara – sumber: sobatkicau123.blogspot.com

Setelah semua persiapan selesai. Tempatkan kedua indukan tersebut ke dalam sangkar perjodohan. Terus awasi, karena jika lovebird belum berjodoh, ada indikasi terjadi pertengkaran.

Tidak tanggung-tanggung kedua burung  bisa saling melukai dan salah satunya mati.

  Gambar Lovebird Barong Hasil Perkawinan Silang Antara LB Klep dan Non Klep

Untuk menghindarinya, pisahkan kedua pasangan tersebut. Jika ada alternatif jodoh lain, maka bisa dicoba kembali untuk menempatkan burung lain dalam satu sangkar.

Namun jika yang Anda hanya memiiliki 1 pasang indukan, maka pindahkan terlebih dahulu salah satu burung tersebut, kemudian letakkan di sangkar yang terpisah.

Coba dekatkan sangkarnya secara perlahan, jika sudah mulai menampakkan tingkah saling mendekat dan tidurnya pun berdekatan, itu tandanya sang burung sudah akur dan mau dikawinkan.

Masukkan kembali burung ke dalam sangkar perjodohan.

6. Masa kawin dan mengerami telur

Indukan lovebird mengerami telurnya -sumber: perawatan burung.com

Glodok atau sarang yang sudah dipersiapkan sebaiknya tidak buru-buru dimasukkan ke dalam snagkar perjodohan. Tunggu selang dua minggu, atau saat kedua burung berada dalam puncak birahinya.

Tidak lama setelah glodok dimasukkan, Anda akan melihat lovebird betina sudah bertelur dan nampak mengerami telurnya.

Masa pengeraman tersebut bisa memakan waktu selama kurang lebih 23 hari, jumlahnya berkisar 3 – 6 butir telur.

Untuk memastikan kondisi indukan tetap prima dan tidak mengalami stres saat mengerami telur, berikanlah multivitamin dan suplemen untuk menjaga stamina dan asupan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh indukan di masa-masa itu.

7. Tanda-tanda telur akan menetas

Anda bisa mengamati tanda-tanda telur akan menetas dengan cara menyinari  telur-telur tersebut menggunakan senter.

  Panduan Memilih Burung Lovebird Gacor Untuk Bahan Lomba

Saat berusia 1 minggu, telur tersebut akan membentuk otot-otot merah yang nampak dari cangkangnya saat disinari.

Dalam usia 6 minggu, anakan lovebird yang berhasil menetas akan mulai belajar keluar dari sarangnya, dan saat anakan tersebut berusia 8 minggu, maka anakan tersebut sudah bisa diambil dan dirawat oleh manusia.

Kesimpulan

Dalam beternak lovebird, kita tidak boleh sembarangan mengawinkan sang indukan. Hal yang perlu diingat adalah batas usia kawin lovebird adalah minimal 1 tahun, agar alat reproduksinya berkembang sempurna terlebih dahulu.

Anakan yang dihasilkan pun bisa sehat, tidak mengalami cacat fisik, dan mampu bertahan hingga dewasa.

Disamping itu, hindari pula untuk mengawinkan lovebird yang beda spesies, sebab nantinya akan menghasilkan anakan hybrid atau barong.

Semoga pengalaman menjodohkan lovebird ini bisa Anda pakai sebagai rujukan untuk memulai bisnis ternak lovebird dan berhasil mencetak anakan-anakan super.

Jika ada yang perlu ditambahkan atau para lovebird lover sekalian punya pengalaman menarik dan berbeda, silahkan nimbrung di sini agar semakin melengkapi referensi yang ada dan menambah luas pengetahuan kita bersama.

Tetap kunjungi burungpedia.com agar Anda tidak ketinggalan info seputar burung peliharaan dan cara perawatanya, sampai jumpa kembali.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.