murai batu terserang kutu
Murai batu

Panduan Menyembuhkan Murai Batu yang Kutuan

Panduan menyembuhkan murai batu yang kutuan – Selain suara kicauannya yang merdu serta bervariasi, burung murai batu juga terkenal dengan keindahan bulunya.

Sayangnya, bulu-bulu yang memesona ini rawan terjangkiti kutu yang menyebalkan. Sebagai pemilik, tentu kondisi yang demikian sangat dihindari.

Terlebih, adanya kutu pada bulu burung murai bisa mempengaruhi kesehatan dan merembet pada masalah peforma sang burung di lapangan.

Murai batu yang terserang kutu – sumber: jitunews.com

Yang perlu diketahui, saat burung murai batu kutuan, burung tersebut akan mematuki bulu-bulunya secara sembarangan sehingga dapat menimbulkan luka pada tubuhnya.

Selanjutnya seperti yang kita ketahui bersama bahwa burung yang sedang luka atau sakit bisa malas berkicau dan akirnya mengalami macet bunyi.

Oleh sebab itu, menghilangkan kutu yang menempel pada bulu murai adalah suatu keharusan. Silahkan disimak panduan menyebuhkan burung murai batu yang kutuan berikut ini.

Cara Menghilangkan Kutu yang Mengganggu Pada Bulu Murai Batu

Untuk mengatasi murai batu kutuan, hal pertama yang wajib diperhatikan adalah masalah kebersihan kandang dan peralatan makan sang burung.

Untuk penjelasan lebih detail, sialhkan disimak panduan-panduan di bawah ini.

1. Lakukan pembersian bulu burung murai

bulu murai batu kutuan

Bulu murai batu yang terserang kutu – sumber: superkicau.com

Untuk memebersihkan bulu burung murai batu dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:

  • Menghilangkan kutu dengan menggunakan air daun sirih

Cara mengatasi murai batu kutuan yang pertama dapat Anda lakukan dengan menyemprot bulu burung dengan air rebusan daun sirih.

Ambil kurang lebih 10 lembar daun sirih, kemudian rebus menggunakan air bersih. Setelah air mendidih, diamkan beberapa saat hingga rebusan tersebut menjadi dingin.

Setelah dingin manfaat rebusan daun sirih tersebut bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan murai batu kutuan.

  • Menghilangkan kutu dengan menggunakan air cucian beras

Selain daun sirih, bahan alami yang bisa Anda pergunakan untuk mengobati murai batu kutuan adalah air cucian beras.

Namun air cucian yang digunakan haruslah air cucian yang berwarna putih susu, air cucian beras yang demikianlah yang efektif untuk menghilangkan kutu pada bulu burung murai batu.

Cara pengaplikasiannya sama dengan penggunaan rebusan daun sirih, yaitu dengan menyemprotkan ke bagian bulu yang dihinggapi kutu.

  • Semprot menggunakan obat alami

Langkah selanjutnya untuk mengobati murai batu kutuan adalah dengan memberikan obat pembasmi kutu yang bisa didapatkan di toko-toko burung terdekat.

Campurkan obat tersebut sesuai dosis yang tertera di kemasan pada air, lalu seperti biasa, semprotkan obatnya pada bulu murai yang terjangkiti kutu.

Semprotkan obat secara merata hingga kutu-kutu liar tersebut rontok dengan sendirinya.

2. Membersihkan sangkar dan segala peralatannya

Kebersihan sangkar dan peralatan di dalamnya adalah hal utama yang harus kita jaga jika ingin burung murai menjadi sehat dan terawat.

Asal muasal munculnya kutu bisa saja disebabkan oleh tempat tinggal atau sangkar sang burung kotor dan jarang dibersihkan.

Demikian pula untuk pemakaian kerodong, hindari memakaikan kerodong burung kicauan lainnya pada sangkar murai batu.

Hal ini dilakukan untuk mencegah pertukaran bakteri, kutu, serta penyakit lainnya. Jika terpaksa menggunakan kerodong bekas, sangat disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulakan bahwa menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapan untuk burung murai adalah hal wajib untuk menghindari murai batu kutuan.

Jika sang burung kesayangan terlanjur memiliki kutu pada bulunya, segera ambil tindakan pengobatan seperti menyemprot dengan air daun sirih, air cucian beras, atau dengan obat kutu khusus burung.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai berjumpa kembali di burungpedia.com.

 

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Panduan Menyembuhkan Murai Batu yang Kutuan
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas