Gambar burung cendet juara
Cendet

Panduan Memilih Cendet Bakalan Yang Bagus Lengkap

Ketika akan memilih burung cendet untuk lomba memang memerlukan beberapa hal yang perlu diketahui sehingga bisa menemukan burung prospek untuk juara. Namun hal yang terpenting pada burung yang satu ini memang identik dengan trah atau keturunan sehingga jika genetiknya tidak memiliki bakat, maka sebaiknya dihindari. Memang ada sarana termudah untuk memiliki burung berkualiats yaitu dengan membeli cendet yang sudah jadi.

Namun hal ini memang kurang disukai para kicau mania karena mereka lebih senang memilih bakalan untuk dirawat dengan baik dan diorbitkan menjadi juara. Hal ini menjadi salah satu tantangan bagi para pecinta burung dan tingkat kesuksesannya bisa diukur ketika bisa mengorbitkan burung prospek menjadi juara. Karena itulah, merupakan kebanggaan tersendiri bagi para kicau mania ketika melihat burung yang dirawatnya dengan baik, mampu bertarung di lapangan dan berhasil meraih juara.

Burung cendet memang memiliki mental sebagai petarung sehingga banyak ajang lomba untuk kategori burung ini. Penilaian para juri memang berbeda-beda sehingga para kicau mania selalu berusaha untuk melakukan polesan secara maksimal agar hasilnya memuaskan. Biasanya penilaian utama dari para juri yaitu memberikan skor yang tinggi bagi burung yang memiliki suara panjang dan juga banyak lagu.

Tentu saja para kicau mania berusaha untuk memberikan perawatan yang baik agar cendet bisa mengeluarkan suara panjang dan mampu bertarung di ajang lomba. Kemampuan lainnya yang perlu dimiliki yaitu bisa menyanyikan banyak lagu yang merdu dengan variasi lagu unik yang tidak dimiliki lawan di lapangan. Hal ini menjadi modal utama bagi burung cendet agar bisa menjadi juara.

Selain itu, memerlukan mental yang kuat dan tidak gentar jika bersanding dengan burung lainnya di lapangan. Burung yang mudah beradaptasi juga lebih mudah untuk menjadi juara dan bisa bertarung dalam segala cuaca, baik panas maupun dingin. Kondisi mental yang kuat juga sangat menentukan suara yang dihasilkan, meskipun ditempatkan pada posisi tengah atau pinggir arena tetap bisa mengeluarkan kicauan secara maksimal.

Cara Memilih Burung Cendet Gacor

Gambar burung cendet

Gambar burung cendet

Burung cendet yang memiliki prospek bisa dilihat dari bentuk fisiknya dan yang paling penting yaitu usahakan memilih cendet jantan. Hal ini karena hanya cendet jantan yang mampu mengeluarkan kicauan yang bagus dan panjang. Modal utama yang perlu diperhitungkan dalam memilih burung cendet yaitu melihat pada tampilan fisiknya, dari bentuk kepala, paruh, postur tubuh dan cara berdiri.

Dilihat dari Bentuk Fisik

Gambar burung cendet gacor

Gambar burung cendet gacor

Cendet prospek memiliki bentuk kepala yang besar dan bulat serta memiliki kapasitas memori yang baik sehingga daya tangkap lebih cepat. Burung ini mudah dimasteri dan tidak memerlukan waktu lama untuk menirukan suara burung master yang disandingkan. Selain itu, mata yang melotot merupakan ciri burung yang memiliki mental petarung sejati dan tidak minder ketika berada di lapangan.

Sedangkan ciri lainnya yaitu memiliki bentuk paruh panjang dengan pangkal yang lebar serta tebal. Paruh seperti ini memang bisa mengeluarkan suara yang panjang karena didukung dengan ukuran paruh yang memiliki daya tahan tinggi ketika mengeluarkan suara. Selain itu, perlu memilih paruh bagian bawah yang lurus karena identik dengan speed yang rapat dan perlu menghindari bentuk paruh yang bengkok.

Fisik yang baik juga didukung dengan letak hidung yang dekat dengan mata sehingga bisa mengatur ritme pernapasan yang baik agar tidak mudah lelah. Burung condet prospek juga memiliki bentuk badan yang berukuran sedang dan proporsional dengan anggota tubuh lainnya, seperti leher, ekor, kaki, serta sayap. Kondisi sayap cendet prospek identik selalu mengapit dengan rapat untuk menutupi tubuhnya.

Memiliki bentuk kaki yang besar dan bisa melakukan cengkeraman dengan kuat ketika bertengger di atas tangkringan. Ketika burung berkicau panjang tentunya membutuhkan kaki yang kuat untuk menahan beban seluruh tubuh saat mengeluarkan tenaga yang besar. Tentu saja cengkeraman kaki yang kuat memiliki tingkat keseimbangan yang tinggi agar bisa fokus ketika berkicau dan membawakan lagu panjang.

Dilihat dari Volume dan Lagu yang di bawakan

Gambar burung cendet juara

Gambar burung cendet juara (sumber : Saluran TV Burung Online)

Untuk volume suara memang tidak pernah merisaukan para kicau mania dalam memilih bakalan cendet prospek. Hal ini karena para pecinta burung selalu mencicil dengan memberikan perawatan yang baik dan extra fooding agar volume suaranya bisa terbentuk secara perlahan. Selain itu, secara rutin melatihnya dengan menghadirkan beberapa burung masteran yang bersuara bagus agar memiliki suara yang bervariasi.

Panduan Memilih Cucak Ijo Bakalan Yang Prospek

Burung yang dijadikan masteran antara lain, lovebird, kolibri, gereja dan bahkan belalang agar memiiki banyak stok kicauan yang akan dikeluarkan. Tentu saja jika menghadirkan banyak burung masteran secara rutin akan membuat cendet mampu mengeluarkan suara yang unik dan nggerojok secara bervariasi sehingga enak didengarkan. Selain itu, perawatan harian lainnya yang harus dilakukan yaitu proses memandikan dan penjemuran secara rutin. Tentu saja jika mampu memahami karakter dan memberikan perawatan yang sesuai, maka akan menghasilkan cendet yang bisa diandalkan di setiap ajang.

Untuk bisa mengorbitkan burung biasa hingga menjadi juara memang membutuhkan pengalaman serta waktu yang cukup lama. Proses dalam memilihburung cendet prospek tetap menjadi langkah pertama yang dilanjutkan dengan teknik dan strategi dalam memberikan perawatan harian dan polesan yang baik. Jika para pecinta burung memiliki tips dan informasi mengenai burung cendet, bisa melayangkannya di form komentar. Saran dan kritik serta informasi lainnya bisa disampaikan pada kolom komentar agar bermanfaat bagi semua pecinta burung.

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Panduan Memilih Cendet Bakalan Yang Bagus Lengkap
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas