murai bakalan
Murai batu

Panduan Membeli Murai Batu Bahan yang Berkualitas

Panduan membeli murai batu bahan yang berkualitas – Burung murai memang cukup populer di kalangan kicau mania. Daya tariknya tidak lain datang dari suaranya yang merdu serta bervaiasi saat bertanding dengan tandemnya.

Dari beberapa penggemar burung murai batu, ada yang lebih suka membeli murai batu bahan atau bakalan yang berasal dari hutan liar.

Alasannya harga murai bahan tersebut cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan murai batu anakan yang berasal dari penangkaran. Tentu saja mengingat trotolan dari penangkaran telah melewati proses perawatan harian serta pemberian pakan yang lebih baik.

Namun dengan perawatan teratur yang akan Anda berikan nantinya, tidak menutup kemungkinan murai batu bahan yang Anda beli bisa menyalip kualitas murai batu hasil tangkaran.

Baca Juga : Penjelasan Mengenai Murai Medan dan Ciri Fisik yang Dimiliki

Syaratnya, ketahui terlebih dahulu panduan membeli murai batu bahan yang berkualitas, sehingga Anda bisa merawat serta membentuk karakter suara sang burung dengan mudah.

Tips Membeli Murai Batu Bahan Berkualitas

Silahkan disimak sejumlah tips berikut ini agar Anda bisa mendapatkan murai batu bahan berkualitas sesuai harapan Anda.

1. Perhatikan Tingkah Laku Sang Burung

murai bakalan

tampilan murai bakalan berkarakter istimewa – sumber: agromedia.net

Dalam memilih murai bakalan usahakan sediakan waktu yang cukup untuk mengamatinyasyukur-syukur jika anda di perbolehkan untuk merekam suasana kandang murai bakalan secara keseluruhan. kemudian amati mana murai batu bakalan yang terlihat mulai berani untuk berkicau, jika sudah terlihat bisanya saya pribadi tangpa pikir panjang akan memilih burung ybakalan yang sudah terpantau mau berkicau  di kandang ombyokan.

Akan tetapi jika anda tidak punya waktu maka cobalah saat akan membeli murai batu bahan, coba tangkap dan pegang burung tersebut menggunakan tangan Anda. Jika sang burung menjerit kencang disertai gerakan memberontak, maka murai bahan tersebut layak masuk pertimbangan.

Terlebih lagi jika saat Anda dekap sang burung menampakkan perilaku mematuk-matuk tangan Anda, maka suda dipastikan bahwa murai bahan tersebut memiliki sifat serta mental yang berani.

Tipe burung murai seperti inilah yang biasanya unggul saat bertarung di lapangan, sebab sudah memiliki bekal mental yang tangguh.

2. Perhatikan Mata Burung Murai

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan saat akan membeli murai batu bakalan adalah bagian matanya. Pasalnya, mata merupakan salah satu indera penting dalam tubuh makhluk hidup, termasuk pula pada burung murai.

Maka carilah murai batu bahan yang matanya terlihat sehat, bersinar, dan tidak memiliki tanda-tanda terserang penyakit seperti katarak.

Sebab dengan mata yang sehat, Anda dapat melakukan perawatan serta pemberian pakan dengan mudah. Disamping itu, tampilan burung yang sehat serta prima tentu memnjadi nilai plus ketika burung tersebut dilombakan.

3. Perhatikan Bagian Kaki Burung Murai

kaki murai batu

tampilan kaki hitam murai batu – sumber: cherewed.com

Warna hitam pada kaki burung murai bahan dipercaya mewakili kualitas suara serta mental saat sang burung bertanding kelak.

Maka jangan heran pula, jika Anda menjumpai harga burung murai batu dengan kaki hitamnya yang dibanderol tinggi oleh sang penjual.

Selain warna kakinya, perhatikan pula kuku kaki atau kelingking dari murai bahan yang hendak Anda beli. Jika Anda menjumpai warna kedua kukunya tidak sama, maka sebaiknya Anda membatalkan transaksi.

Murai bahan dengan warna kuku yang berbeda tersebut menandakan bahwa mental sang burung belumlah stabil.

4. Perhatikan Bagian Ekor Burung Murai

Untuk mendapatkan murai batu bahan yang berkualitas, jangan lewatkan pula pengamatan pada bagian ekornya. Ekor yang menandakan kualitas istimewa dari sang burung biasanya lebih rapat serta tidak terlalu tebal.

Tampilan ekor yang demikianlah yang sering mendapat nilai plus dari juri, terlebih jika burung murai batu Anda pandai memainkan ekornya ketika sedang berkicau.

Nah, maka dari itu, hindari memilih murai batu bakalan dengan ekornya yang bercabang, apalagi yang sedang rontok bulu ekornya.

Sebab Anda tidak akan tahu kualitas mental dari sang burung dan bagaimana bentuk ekor yang sesungguhnya, jadi teliti sebelum membeli adalah suatu keharusan.

Kesimpulan

Membeli murai batu bahan atau bakalan hasil tangkapan hutan memang dibutuhkan ketelitian dalam pengamatan serta pengalaman yang lebih.

Untuk itulah, kami menyarankan agar Anda mengajak rekan pemain murai yang lebih menguasai serta berpengalaman dalam membeli murai batu bahan. Dengan demikian resiko Anda tertipu atau salah membeli bisa diminalisir.

Kami berharap informasi serta penduan membeli murai batu bahan yang berkualitas ini dapat menambah pengatahuan Anda serta dapat Anda terapkan ketika akan membeli burung murai.

Jika ada kritik, saran, atau pertanyaan lainnya, silahkan tuliskan di kolom komentar, kami akan membalas secepat mungkin.

Sampai berjumpa kembali di artikel-artikel menarik lainnya seputar burung kicauan, salam kicau mania!

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Panduan Membeli Murai Batu Bahan yang Berkualitas
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pilihan Editor

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas