Ternak kenari omzet ratusan juta
Kenari

Omzet Ratusan Juta dari budidaya burung kenari

Omzet Ratusan Juta dari budidaya burung kenari – Tren perlombaan burung kicau memang sedang berkembang akhir-akhir ini. Banyak orang yang memelihara burung-burung kicau yang unik dan menarik untuk diperdengarkan. Karena hal ini pula lah, ternak burung bisa menjadi peluang bisnis yang cukup memberikan keuntungan besar bahkan hingga ratusan juta rupiah. Salah satu ternak burung yang paling banyak digemari adalah ternak kenari.

Seperti yang anda ketahui, kicau dari burung kenari memang memiliki banyak penggemar karena suara kicaunnya yang indah serta bulu-bulunya yang warnanya beraneka ragam. Burung kenari atau Canary bird ini memang umumnya berwarna kuning. Namun sebenarnya masih banyak jenis burung kenari lainnya yang memiliki warna putih, merah muda, oranye bahkan ada yang berwarna merah. Tak heran jika ternak kenari memang cukup booming saat ini.

Bagi anda yang ingin menekuni bisnis ternak kenari, burung kenari sebenarnya cukup menguntungkan jika anda ingin diternakkan. Selain itu, mengembangkan burung kenari juga dibilang sangat mudah. Yang terpenting adalah kandang burung yang harus selalu bersih dan jauh dari gangguan sehingga proses bertelur juga tidak akan terganggu.

Untuk masalah pakan, biasanya burung kenari hanya akan diberikan telur puyuh, biji-bijian dan sayur sawi. Saat menginjak usia 8 bulan, burung kenari sudah siap untuk kawin dan bertelur. Dalam sekali bertelurnya, satu ekor burung kenari dapat menetas hingga 4 ekor anakan.

Untuk perawatan anakan ini memang membutuhkan biaya yang cukup besar, mulai dari tenaga perawat, pakan, hingga obat-obatan, apalagi jika jumlah anakan burung kenari yang anda miliki jumlahnya hingga ratusan. Namun tenang saja, harga anakan burung kenari prestasi maupun kenari dengan warna unik sangatlah tinggi di pasaran.

Bahkan calon indukan jantan kenari yang berkualitas dan sering menjuarai lomba akan dikenakan harga hingga cukup tinggi bahkan bisa sampai ratusan juta rupiah. Untuk anakan kenari prestasi / anakan kenari dengan warna unik seperti merah biasanya dapat dijual dengan rentang harga 1-5 juta rupiah tergantung dari faktor keturnan penjatan, suara kicauan, gaya bertarung dan juga warna yang dimilikinya.

Menentukan Indukan Kenari

Untuk itu lah pentingnya memilih indukan kenari yang berkualitas, baik itu pejantan maupun betina. jika anda ingin menangkarkan kenari akan lebih baik jika menangkarkan burung kenari yang memiliki nilai jual tinggi seperti kenari prestasi, kenari yorkshire, kenari merah akan tetapi jika budget pas-pasan mungkin anda bisa mencoba menangkarkan kenari lokal terlebih dahulu.

Ternak kenari omzet ratusan juta

Kenari merah bisa di jual dengan harga yang cukup tinggi

Gambar kenari yorkshire

Gambar kenari yorkshire

Gambar burung kenari prestasi

Gambar burung kenari prestasi

Setelah itu barulah dilanjutkan dengan proses menjodohkan burung kenari. Proses ini memang membutuhkan kesabaran karena antara satu burung kenari dengan yang lainnya belum tentu cocok. Setelah proses perjodohan maka dilanjutkan dengan proses perkawinan burung kenari hingga proses pengeraman telur.

Selama proses pengeraman, anda tetap dapat meletakkan indukan betina dan jantang dalam satu sangkar yang sama. Namun kondisi tidak bisa anda lakukan jika dalam 1 sangkar terdapat lebih dari 1 betina. Selama proses pengeraman, maka jangan lupa untuk terus memberikan pakan dan menjaga kebersihan kandang.

Untuk proses penetasan telur, biasanya telur burung kenari akan menetas setelah 14 hari. Saat telur-telur burung kenari sudah menetas pun usahakan untuk tetap terus menjaga kebersihan kandang dan rutinlah memberikan pakan dan minum. Jangan sampai burung kenari anda kehabisan makan dan minuman.

Menjual Burung Kenari Hasil Penangkaran

Jika target omzet anda dalam sebulan ingin mencapai ratusan juta tentu lah anda harus bermain di kualitas dan juga kuantitas, kualitas disni mencakup suara, fisik dan juga warna kenari yang anda jual nantinya, dan yang kedua adalah tingkatkan kuantitas, jika kenari yang dapat anda jual perbulan bisa lebih dari 100 ekor dan per ekor memiliki harga sekitar 1 jutaan bukan tidak mungkin target omzet 100 juta per bulan bisa tercapai.

Akan tetapi kadang para penangkar kenari baru kadang bingung bagaimana menjual kenari hasil penangkarannya. untuk masalah ini sebenarnya bisa di atasi dengan menjalin komunikasi dengan baik dengan penjual / pengepul atau jika nga pingin ribet anda bisa menjualnya secara online.

Kesimpulan

Sebenarnya tidak ada cara yang baku dalam mengembangkan dan beternak burung kenari, semua hal tersebut dapat tergantung dari pengalaman serta trial error yang ada di lapangan. Semakin banyak pengalaman yang anda miliki maka peluang kesuksesan dalam beternak juga semakin besar.

Sehingga anda harus terus selalu belajar agar ternak kenari yang anda jalankan dapat berhasil dan sukses meraih keuntungan besar setiap waktunya. Jangan lupa untuk menjalaninya dengan keseriusan, bisnis apapun yang anda jalankan dengan serius tentu saja akan memberikan keberhasilan seperti yang diharapkan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi anda.

4 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Omzet Ratusan Juta dari budidaya burung kenari
1 Comment

1 Comment

  1. Hendirks

    Oktober 18, 2018 at 9:22 am

    om minta info tempat penangkaran burung kenari merah di jakarta donks
    terima kasih

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas