Gambar murai batu bagus
Murai batu

Panduan Memilih Murai Batu Bakalan Lengkap

Teknik memilih burung murai memang sangat unik karena berbeda dengan strategi dalam menentukan pilihan seperti pada burung lainnya. Para murai mania tentu saja lebih selektif karena harga burung yang satu ini memang tergolong mahal sehingga tidak semua kicau mania mau membeli dan merawatnya.

Namun ada juga beberapa pecinta burung yang mencari dengan membeli dari para penangkap burung di hutan karena harganya jauh lebih murah. Tentu saja kondisi burung masih melempem alias tidak bisa berkicau sehingga perlu merawatnya agar bisa ngekek dan ngerol.

Memilih Murai Batu Bakalan

Gambar murai muda hutan

Gambar murai muda hutan

Bagi yang ingin membeli burung murai hasil tangkapan hutan tentunya harus bisa mengidentifikasi dengan baik agar bisa mengetahui jenis burung prospek atau tidak. Karena biasanya tampilan hasil tangkapan hutan memang agak berantakan. Hal ini karena proses penangkapan menggunakan jaring ataupun getah pohon sehingga terkadang bulunya menjadi tidak karuan.

Namun ciri-ciri murai prospek tidak hanya tergantung dari faktor bulunya saja yang panjang, melainkan keseluruhan bentuk fisik dan segi mental yang akan menentukan kualitasnya.

Karena itulah para ahli murai mania selalu melihat tampilan fisik dari kepala sampai ekor sebelum membelinya dari penangkap burung. Tentu saja dibutuhkan kejelian serta pengalaman ketika memilih jenis burung yang memiliki ekor panjang ini.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada burung murai antara lain dari tatapan matanya, bentuk paruh, postur tubuh, tekstur kepala, sayap serta kaki dan lainnya.

Murai yang termasuk mental juara memiliki mata yang melotot sebagai pertanda bahwa burung ini termasuk jenis petarung yang tangguh. Selain itu, juga sangat berbakat untuk diadu di lapangan dan tidak mudah gentar ketika melakukan trek dengan burung lainnya.

Tentu saja mental bertarung yang kuat sangat mendukung dalam pertarungan dan memiliki peluang besar untuk menjadi juara. Kondisi mata murai berwarna hitam kelam dan lebih hitam dari warna bulunya sehingga mudah untuk diidentifikasi.

Mata murai juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur kondisi fisik yang sehat atau sakit dan bisa dilihat dari warna keseluruhannya. Jika terdapat bintik putih pada matanya, maka bisa dipastikan kondisinya kurang sehat karena menderita penyakit katarak.

Hal ini bisa menyebabkan kebutaan total sehingga perlu dihindari jika warna mata terdapat titik putih. Tanda penyakit lainnya yaitu sorot mata yang terlihat sayu atau redup sebagai pertanda bahwa kondisi kesehatan burung terganggu atau sedang mengalami stress.

Untuk bagian atas kepala tampak lurus pada kedua sisinya dan berbentuk kotak jika dilihat dari depan seperti kepala kodok. Bentuk kepala kotak menjadi pertanda bahwa burung ini merupakan tipe petarung yang tangguh dan pekerja keras sehingga sangat berbakat untuk menjadi murai gacor.

Karena itulah, dalam memilih burung murai hendaknya dilihat dari segala sisi, baik depan, samping dan belakang agar lebih mantap ketika mengambil keputusan.

suara burung murai nias

suara burung murai nias (sumber : Panji Wiguna)

Gambar murai batu bagus

Gambar murai batu bagus

Ciri lainnya bisa dilihat dari bentuk paruhnya yang panjang dan ukurannya simetris dengan besarnya sehingga terlihat menarik. Paruh panjang memberikan tanda bahwa suara kicauannya terdengar keras sehingga jika dilatih dengan perawatan yang baik, hasilnya akan maksimal. Sedangkan bentuk paruh yang berukuran sedang, sangat berbakat untuk gacor serta memiliki speed yang bagus ketika berkicau.

Sebaiknya memilih paruh bagian bawah yang berbentuk lurus dan menghindari paruh bawah yang berbentuk bengkok atau tidak simetris. Bentuk paruh bawah yang bengkok akan mengeluarkan suara yang kurang bagus sehingga tidak baik bagi penilaian juri. Mulutnya bisa terbuka lebar dan pangkalnya sampai dibawah mata sebagai pertanda murai ini mampu mengeluarkan suara yang kuat dan bisa bertahan lama.

Bagi murai mania yang menyukai suara kicauan ngerol dan bertahan lama, sebaiknya memilih bentuk leher yang kecil dan panjang. Bentuk leher yang panjang merupakan representasi bahwa burung bisa mengeluarkan suara dalam tempo yang cukup lama karena memiliki saluran pernapasan yang baik dan tentu saja didukung dengan stamina yang tinggi.

Kondisi paru-paru dan pernapasan yang baik merupakan penunjang utama bagi burung agar bisa ngekek panjang yang akan disukai banyak orang dan berpotensi juara. Sedangkan bagi pecinta burung yang menyukai suara keras bisa memilih bentuk leher yang berukuran besar. Namun para ahli tidak begitu menyukai bentuk leher yang besar karena takut jika nantinya akan cepat lelah ketika lomba sehingga kicauannya kurang maksimal.

Gambar murai batu jadi

Gambar murai batu jadi

Postur tubuh yang paling baik yaitu berbentuk slim yang panjang dan ramping serta simetris dengan tekstur leher maupun ekor. Meskipun bentuk tubuhnya ramping, namun tipe burung ini cepat jadi dalam waktu yang tidak lama. Usahakan untuk menghindari bentuk tubuh yang besar dan bulat karena perawatannya membutuhkan waktu yang cukup lama sampai burung siap tampil di lapangan.

Sedangkan pada bagian samping untuk memilih kedua sayap yang panjang dan ukurannya sampai diluar tubuh bagian belakang. Panjang sayap yang melebihi tubuh memang sangat berbakat untuk menjadi juara karena memiliki stamina yang kuat sehingga mampu ngekek panjang. Tentu saja ketika burung berkicau tidak akan mudah lelah serta memiliki tembakan yang bagus.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan yaitu warna dadanya sebagai bagian penting untuk murai prospek. Warna dada burung murai berkualitas yaitu agak kekuningan dan biasanya mudah dirawat serta cepat jadi. Namun sangat sulit untuk bisa mendapatkan warna dada yang agak kekuningan karena sebagian besar dada burung murai memiliki warna coklat. Jika tidak menemukannya, maka tidak ada jalan lain kecuali memilih kebanyakan murai dengan bulu dada berwarna coklat.

Panduan Memilih Jalak Suren Bakalan Lengkap

Bagian penting lainnya yaitu bentuk kaki yang pendek dan besar sehingga memiliki cengkraman yang kuat ketika bertengger dan ngekek panjang. Pada saat ngerol, posisi cengkraman kaki tentu saja harus kuat karena menahan tubuh yang sedang mengeluarkan tenaga besar ketika ngerol ataupun nembak. Cengkraman yang sangat kuat tidak akan merubah poisi sedikitpun sehingga konsentarasi ketika berkicau tidak akan terganggu dan bisa berjalan mulus.

Tentu saja masih banyak lagi informasi lainnya dari para murai mania karena setiap pecinta burung ini memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Bagi para pembaca yang memiliki informasi, saran dan kritik mengenai cara memilihburung murai bisa melayangkannya di kolom komentar. Respon dari anda sangat berharga bagi kami untuk kemajuan bersama bagi para pecinta burung di Indonesia.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Panduan Memilih Murai Batu Bakalan Lengkap
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas