kacer di alam liar
Kacer

Mungkin Ini Alasan Kenapa Kacer Cuma Ngriwik Saja

Mungkin ini alasan kenapa kacer cuma ngriwik saja – Seperti yang sobat Burungpedia.Com tau burung kacer biasanya sangat aktif dan agresif. Agresifitasnya tersebut sering kali ditunjukkan dengan cara berkicau menggunakan suaranya yang kasar dan lantang.

Makhlum saja, di alam liar, sang burung akan mati-matian menjaga daerah teritorialnya dari ancaman musuh atau burung lainnya. Nah, naluri petarung tersebut akan muncul dengan sendirinya begitu sang burung berhadapan dengan burung lain yang memiliki karakter patarung yang sama.

Sebenarnya ini bagus, karena bisa menjadi bekal saat sang burung diturunkan dalam kelas gantangan. Tantangan yang ada adalah, sang pemilik harus merawat kacer dengan telaten dan rutin.

Meleset atau salah perawatan sedikit saja, burung kacer akan langsung ngedrop, stres, dan mentalnya jatuh.

Selain itu, ada lagi yang dikeluhkan oleh kacer mania. Burungnya yang dulunya rajin berkicau dan gacor, sekarang tiba-tiba jadi pendiam lalu suara yang dikeluarkan cuma ngriwik. Ada apa? Bagaimana solusinya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Penyebab Kacer Hanya Ngriwik

kacer di alam liar

Kacer di alam liar – sumber: kcindonesia.blogspot.com

Ada banyak alasan yang menjadi latar belakang kacer milik Anda menjadi ngriwik. Salah satunya adalah seperti yang kami sebutkan di atas, yaitu salah dalam penanganan atau rawatan hariannya.

Patut Dibaca :  Rahasia Dalam Pemasteran Burung Kacer

Yang tidak boleh alpa dalam perawatan harian kacer adalah terapi mandi, jika Anda malas memandikan burung, maka jangan salahkan sang burung kalau dia ngambek lantas ngriwik saja.

Beberapa faktor lainnya penyebab kacer ngiwik adalah sebagai berikut:

1. Burung tidak nyaman berhadapan dengan burung lainnya

Ingat, kacer adalah tipe burung teritorial, biasanya karakter burung seperti ini tidak mau diganggu alias ingin sendirian.

Jadi ada kecenderungan kalau kacer tidak mau dan tidak nyaman jika sangkarnya digantung berdekatan dengan burung jenis lainnya yang sudah gacor.

Kalau sudah merasa tidak nyaman seperti ini, burung akan mudah gelisah dan mengarah ke stres lalu suaranya ngriwik saja.

Untuk menghindarinya, sebaiknya pisahkan gantangan sang burung dengan burung lain yang sama-sama berkarakter fighter.

2. Burung dalam kondisi tidak fit

Inilah yang jarang diperhatikan oleh pemilik kacer, padahal kesehatan burung sangat berpengaruh pada peforma suaranya.

Maka jika burung sudah menunjukkan tanda-tanda sakit atau fisiknya drop, sebaiknya segera lakukan penanganan agar burung cepat sembuh dan masalah tidak berlarut-larut.

Patut Dibaca :  Rekomendasi Suara Masteran untuk Burung Kacer

Berikan pula multivitamin khusus burung untuk menjaga stamina dan kesehatan kacer kesayangan.

3. Burung masih muda

Kacer yang berusia muda masih mempelajari lingkungan dan juga lagu-lagu yang diajarkan. Sang burung pun cenderung memperlihatkan perilaku ngriwik karena masih kurang percaya diri untuk bersuara lantang.

Panduan Memilih Burung Kacer Gacor Untuk Bahan Lomba

Hal tersebut sudah biasa, hanya saja berikan ekstra fooding yang bernutrisi tinggi seperti jangkrik, kroto, atau belalang tiap dua hari sekali. Pakan tersebut akan jadi sumber gizi sehingga burung pun lebih sehat dan berenergi dalam berkicau.

4. Kacer merupakan bakalan hutan yang masih liar

Burung kacer yang berasal dari tangkapan hutan tentu masih merasa takut saat berhadapan dengan manusia, karena itu, bisa saja sang burung menahan diri untuk tidak bersuara lantang saat berkicau.

Untuk mengatasi problem tersebut, Anda harus melakukan penjinakan terlebih dahulu.

5. Kacer masih butuh beradaptasi

Hal ini berhubungan dengan apa yang kami sampaikan pada poin no. 4. Kacer bakalan hutan biasanya membutuhkan waktu adaptasi yang lebih lama dibandingkan dengan kacer hasil tangkaran.

Patut Dibaca :  Cara Agar Suara Burung Kacer Bisa Lebih Keras

Lamanya proses adaptasi tersebut sangat bergantung pada kondisi sang burung dan bagaimana penanganan kita.

Sebagai tambahan informasi, burung kacer tua hutan jauh lebih sulit dijinakkan dibanding dengan yang masih muda. Inilah yang menjadi pe – er kita bersama.

Panduan Membeli Murai Batu Bahan yang Berkualitas

Lanjut lagi, untuk mengatasi masalah adaptasi ini, baiknya kacer bakalan yang baru Anda beli di pasar digantang saja di tempat-tempat yang berbeda di rumah Anda.

Tujuannya adalah agar sang burung lebih cepat mengenali wilayah barunya dan mulai berani berkicau dengan lantang.

Kesimpulan

Faktor perawatan harian yang benar dan rutin tidak boleh ditinggalkan jika Anda sudah berniat untuk memelihara kacer.

Kesalahan dalam perawatan harian atau pemberian pakan bisa menjadi bencana karena merupakan pangkal dari penyebab kacer hanya ngriwik.

Pastikan kacer Anda dirawat dengan telaten, dimandikan secara rutin, dan diberi ekstra fooding sebagai penunjang nutrisinya.

Kami berharap artikel ini memberi manfaat dan pengetahuan bagi Anda sekalian. Kunjungi artikel kami yang lain dan temukan berbagai jawaban seputar permasalahan burung kicauan Anda.

 

 

 

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Mungkin Ini Alasan Kenapa Kacer Cuma Ngriwik Saja
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas