Gambar burung merpati
Merpati

Ciri Burung Merpati Jantan Dan Betina, Serta Merpati Balap Berkualitas

Merpati jantan dan betina – Ada beberapa ciri yang membedakan antara merpati jantan dan betina, mulai dari ukuran, tingkah laku atau bisa juga dengan mengamati bentuk capit udang yang dimilikinya. Perbedaan merpati jantan dan betina ini di bahas lengkap di burungpedia.

Burung Merpati

Gambar merpati jantan (kiri) dan merpati betina (kanan)

Gambar merpati jantan (kiri) dan merpati betina (kanan)

Burung merpati atau dara dipelihara pada umumnya dimanfaatkan untuk di konsumsu dagingnya, keperluan komunikasi (merpati pos), dan juga burung balap. Bila Anda serius ingin memeliharanya, pastikan sudah mengetahui ciri burung merpati jantan dan betina.

Ciri Burung merpati Jantan

Untuk mengetahui jenis kelamin burung merpati sangat mudah. Anda bisa memperhatikan sejumlah ciri fisiknya. Apa saja yang bisa dijadikan identifikasinya?

Tubuh besar dan kekar

Gambar sepasang merpati

Gambar sepasang merpati

JIka anda memperhaikan gambar di atas akan terlihat jika ukuran tubuh merpati jantan lebih panjang, besar dan kekar. Bagian kepala lebih besar, dada lebih gagah, dan urat kakinya lebih kekar. Merpati jantan juga lebih sering terbang, kalau dibandingkan dengan merpati betina.

Capit udang lebih rapat atau sempit

Salah satu cara yang cukup akurat dalam menentukan jenis kelamin merpati adalah dengan melihat sumpit udangnya. Ciri fisik merpati jantan pada umumnya memiliki capit udag yang lebih rapat / lebih sempit menandakan kalau burung merpati tersebut berjenis kelamin jantan.

Bisa membekur

Gambar merpati jantan

Gambar merpati jantan

Hanya burung merpati jantan saja yang bisa mengeluarkan suara khas tersebut. suara membekur ini akan di keluarkan ketika merpati jantan sedang merayu burung merpati betina atau bisa juga di keluarkan ketika merpati jantan sedang marah.

Ciri Burung Cendet Jantan dan Betina lengkap

Ciri Burung merpati Betina

Secara umum ciri fisik burung merpati betina adalah kebalikan dari jenis jantan. Apa saja yang bisa dijadikan pengenalnya?

Tubuh lebih kecil dan ramping

gambar burung merpati

gambar burung merpati

Bila postur tubuh burung merpati Anda lebih kecil dan ramping, maka dipastikan berjenis kelamin betina. Kepala lebih kecil dan ramping, serta kakinya kecil tidak segagah jenis jantan.

Capit udang lebih lebar

Jika merpati jantan memiliki bentuk yang cenderung lebih sempit maka untuk burung merpati betina kebalikan dari merpati jantan, tipe betina mempunyai capit udang yang lebih lebar jika di bandingkan dengan burung jantan.

Tidak bisa membekur

Perhatikan pada gambar burung merpati jantan di atas. Kalau burung merpati Anda tidak membekur, sudah dipastikan merupakan tipe betina. Sebab hanya merpati jantan yang bisa melakukan kebiasaan unik tersebut.

Bila Masih Piyik Bagaimana Cara Membedakan Jenis Jantan dan Betina?

Anda bisa mengamatinya mulai telur belum menetas, hingga burung lahir dan mencermati perilakukan. Nah, apa saja yang bisa diamati?

Perhatikan ukuran telurnya. Kalau telurnya lebih besar dan juga lebih lancip, umumnya kalau menetas burung merpatinya akan berjenis kelamin jantan. Sedangkan kalau burung merpati betina, biasanya telurnya lebih kecil dan bentuknya bulat.

Cermati bagian lehernya. Leher merpati jantan lebih lebar, dan warna bulu nampak lebih mencolok dan indah ketimbang penampilan burung merpati betina.

Download Kumpulan Suara Burung Merpati Minta Kawin

Lihatlah bagian anus. Untuk tipe jantan, anusnya lebih kasar dan tebal. Sedangkan anus burung merpati betina lebih halus dan lebih besar. Mungkin karena merpati betina harus mengeluarkan telur dan mengeraminya.

Perhatikan perilaku burung merpatinya. Memang kalau dicermati dari perilakunya seperti sulit dibedakan. Namun biasanya burung merpati jantan yang sudah mampu terbang nampak lebih galak ketimbang tipe betina.

Ciri Burung merpati Balap Berkualitas

Gambar Burung merpati balap

Gambar Burung merpati balap

Kalau Anda ingin memiliki burung merpati balap berkualitas, tentunya harus memahami berbagai ciri fisiknya. Kemudian ditunjang dengan latihan rutin, perawatan dan asupan pakan yang bermutu. Sehingga burung merpati kesayangan Anda bisa tumbuh menjadi merpati balap berprestasi dan bernilai jual tinggi.

Burung merpati balap unggul mempunyai batok kepala dengan ukuran lebih besar, daripada burung merpati jantan nlainnya. Kepala bagian depannya juga terlihat lebih tinggi, ketimbang kepala sisi belakangnya. Paruhnya juga nampak lebih runcing. Sayapnya lentur, kuat dan kekar, sehingga sangat menunjang kecepatan ketika burung ini sedang terbang.

Kesimpulan

Nah, sangat mudah sekali bukan ciri burung merpati jantan dan betina? Burung merpati jantan postur tubuhnya lebih panjang, dan besar. Capit udangnya lebih rapat, dan memiliki kebiasaan membekur. Sedangkan jenis betina memiliki sifat fisik sebaliknya. Penting juga dicermati, kalau burung merpatinya membekur, bisa dipastikan merupakan merpati jantan.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Ciri Burung Merpati Jantan Dan Betina, Serta Merpati Balap Berkualitas
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas