burung kacer bakalan
Kacer

Merawat Kacer Bakalan Agar Bisa Memiliki Mental yang Bagus

Merawat kacer bakalan agar bisa memiliki mental yang bagus – Memelihara kacer tentu tidak terlepas dari masalah kesabaran serta ketelatenan dalam menjalankan perawatan harian.

Lebih-lebih yang kita pelihara adalah murai bakalan hutan yang biasanya hidup bebas di alam liar. Kebanyakan dari mereka akan menampakkan perilaku gelisah, stres, dan  langsung ngedrop begitu melihat sangkar.

Tantangan pastinya akan berlipat ganda, sebab selain harus lebih konsisten lagi dalam hal perawatan, kacer bakalan membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk dapat dibentuk menjadi burung yang bermental bagus.

Pada akhirnya, perawatan pun wajib dimulai dengan penjinakan terlebih dahulu, begitu burung sudah takluk, maka kita sudah bisa melangkah ke tahap pelatihan berikutnya.

Tapi kalau burung belum bisa kita “pegang”, maka tahap pembentukan mental belum bisa kita mulai.

Merawat Kacer Bakalan

burung kacer bakalan

Burung kacer bakalan – sumber: jalaksuren.net

Bagaimana? Masih tertantang untuk memelihara kacer bakalan? Hehehehe… tidak perlu ragu atau kawatir. Meskipun terlihat ruwet, tapi saat melihat hasil positif yang akan kita petik nantinya, maka pengorbanan di awal tidak akan dikenang lagi.

Baca Juga : Potensi Ternak Burung Kacer dan Caranya Lengkap

Bukankah seni merawat burung kicauan adalah demikian? Kepuasan akan jauh lebih terasa saat kita berhasil merawat burung idaman hingga menjadi jawara, dibanding dengan langsung mendapatkannya lewat pembelian yang mahal.

Patut Dibaca :  Mungkin Ini Alasan Kenapa Kacer Cuma Ngriwik Saja

Untuk menguatkan tekat Anda, kami akan membagikan tips mengenai cara merawat kacer bakalan, silahkan dilihat tahapannya di bawah ini.

1. Letakkan sangkarnya di tempat yang ramai

Bebeda dengan burung kicauan lainnya yang membutuhkan tempat sepi untuk mengawali proses adaptasi, kacer justeru harus ditempatkan di area yang ramai.

Tujuannya adalah agar sang burung mulai belajar mengenal “wilayah teritorialnya” yang baru, dan supaya sang burung nantinya mau berkicau di kondisi kemaraian seperti itu.

Jika burung sudah mulai tenang bahkan mau berkicau meskipun berada di antara hiruk pikuk keramaian, itu tandanya mental sang burung sudah mulai terbentuk.

Akan lebih baik lagi jika selama proses adaptasi tersebut, sangkarnya digantung di tempat yang berbeda-beda.

2. Mengenai perangkat makan dan minumnya

Tangkringan burung kacer

Tangkringan burung kacer

Selama melatih kacer, sebaiknya wadah pakan dan minumnya tidak perlu diganti-ganti, malah kita harus memperhatikan posisinya agar sama di tempat awal meletakkan.

Berikan pula tenggeran yang nyaman, kuat, dan tidak mudah goyah saat burung nangkring di atasnya. Tenggeran yang sering goyah akan membuat burung merasa kurang nyaman saat berada di dalam sangkar.

3. Perawatan harian dan pola makannya

Gambar jangkrik

Gambar jangkrik

Elemen penting lainnya dalam tahapan merawat kacer bakalan adalah perawatan harian dan juga pemberian pakan dengan pola yang teratur, sekali lagi harus dilakukan dengan teratur agar mental sang burung tidak bertambah drop.

Patut Dibaca :  Panduan Memilih Burung Kacer Gacor Untuk Bahan Lomba

Pemberian ekstra fooding berupa jangkrik, kroto, ulat hongkong, belalang, dan sebagainya harus diperhatikan dengan seksama, jangan sampai telat apalagi lupa. Dengan demikian, selain mental sang burung akan terbentuk, kondisi burung pun bisa sehat dan fit selalu.

4. Melatih kacer dengan 2 – 3 burung yang sejenis

Melatih kacer

Melatih kacer

Untuk meningkatkan mental dan menumbuhkan sifat fighternya kembali, maka sesekali Anda bisa melatihnya menggunakan 2 / 3 burung sejenis, usahakan usia sang burung sepantaran alias sama.

Yang perlu diperhatikan, latihan bersama ini hanya boleh dilakukan jika kondisi kacer sedang fit. Jika sang burung kurang sehat, bisa-bisa mentalnya malah nge-drop dan akhirnya mbagong.

Ingat, yang akan kita latih saat ini adalah kualitas mentalnya terlebih dahulu, bukan teknik suara dan sebagainya.

5. Rutin bawa ke latberan

Meskipun tidak ada lomba atau latber, bawa saja kacer bakalan Anda ke arena perlombaan. Gantang burung di kejauhan sambil terus diamati.

Tujuannya adalah agar sang burung lebih terbiasa dengan suara-suara kicauan dan riuhnya suara para pemilik yang menyoraki burungnya.

Perlahan tapi pasti, mental sang burung akan terbentuk, dan Anda akan melihat kacer bakalan tersebut mulai berani berkicau meskipun di sekitarnya sedang ramai, atau ada suara burung yang lebih kencang.

Patut Dibaca :  Inilah Bentuk Sarang Burung Kacer yang Ada Di Alam Liar

6. Latih dengan menggunakan burung unthulan

Sebenarnya cara ini sama sekali tidak kami anjurkan, namun perlu kami sampaikan untuk menambah wawasan kita seputar sepak terjang burung unthulan ini.

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah burung unthulan, burung unthulan adalah burung yang dikenal bermental rendah dan sengaja dikorbankan untuk ditarungkan dengan kacer yang Anda latih.

Mengadu burung secara fisik dengan tujuan mengorbitkan mental lawannya jelas bukan sesuatu yang patut dibenarkan dari segi mana pun.

Kesimpulan

Jadi, sebelum Anda mulai merawat kacer bakalan dan melatih mentalnya, pastikan bahwa sang burung telah berhasil Anda jinakkan.

Artinya, burung sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya, dengan sangkar sebagai rumah barunya, serta dengan keberadaan Anda sebagai pemilik.

Baca Juga : Burung Langka Kacer Albino / Putih Memang Benar Adanya

Burung tidak lagi nabrak-nabrak sangkar atau grabab-grubub saat kita dekati. Jika burung sudah jinak, maka tahap perawatan lainnya sudah bisa Anda mulai.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan mengenai kiat merawat kacer bakalan dan membentuk mental bertarungnya. Jika ada yang perlu ditambahkan, tidak perlu sungkan untuk menyampaikan pada kolom komentar.

Semakin banyak referensi, maka semakin lengkap pula informasi dalam artikel ini. Terima kasih telah mampir di Burungpedia.Com salam kicau mania!

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Merawat Kacer Bakalan Agar Bisa Memiliki Mental yang Bagus
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas