kenari macet bunyi
Kenari

Cara Menggacorkan Burung Kenari Rawatan Lama

Cara menggacorkan burung kenari rawatan lama – Burung kenari yang terkenal mudah dalam perawatan dan juga “gampang gacor” ternyata bisa kena masalah macet bunyi.

Pemicunya beragam, antara lain karena stres, trauma karena sangkarnya sering jatuh, kurang nyaman dengan sangkarnya (sangkar kotor atau baru), dan burung mengalami obesitas.

Kenari yang tiba-tiba macet bunyi padahal sudah sempat gacor tersebut membutuhkan perawatan ekstra untuk memulihkan peformanya. Semakin telaten dalam melakukan perawatan pada kenari, maka semakin cepat pula menggacorkan kembali kenari rawatan lama tersebut.

Pola Perawatan Harian Kenari

kenari macet bunyi

Kenari macet bunyi -sumber: jalaksuren .net

Rawatan harian untuk menggacorkan kenari harus Anda susun ulang. Seperti biasa, pola rawatan harian wajib itu adalah pengembunan di subuh hari, mandi, dan jemur. Lakukanlah semua itu secara teratur setiap harinya.

Khusus untuk mandi, ada kicau mania yang menganjurkan untuk mandi 1 – 2 kali sehari, namun ada pula yang meyakini untuk tidak memandikan burung sama sekali.

Alasannya adalah agar dapat menurunkan birahi sang burung. Sebagai jalan tengahnya, Anda bisa mencoba untuk tidak memandikan kenari terlebih dahulu. Tunggu sampai kondisinya fit.

Panduan Memilih Burung Kenari Bakalan prospek lomba

Atau bisa juga burung tetap dimandikan, namun cukup seminggu sekali. Sementara untuk penjemuran, lakukan pada pagi hari saat matahari sedang hangat-hangatnya. Pastikan durasinya tidak terlalu lama, cukup 2 jam per hari.

Berikan pakan yang bernutrisi

daun mengkudu untuk kenari

Daun mengkudu untuk kenari – sumber: jalaksuren.net

Mengkonsumsi pakan bernutrisi tentu penting bagi kenari yang sedang macet bunyi. Berikan pakan bernutrisi tinggi yang bisa diambilkan dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan juga biji-bijian favorit sang burung.

Berikan beberapa potong apel yang dikenal baik untu memulihkan kesehatan dan meningkatkan stamina kenari.

Selingi dengan sayuran dan daun-daunan hijau yang memberi efek cukup ampuh untuk membantu menyembuhkan kenari macet bunyi.

Beberapa sayur dan daun-daunan yang baik dikonsumsi kenari antara lain:

  • Daun mengkudu, krokot, dan juga daun gingseng
  • Sayuran hijau seperti sawi, brokoli, dan lain-lain
  • Jagung yang mampu meningkatkan birahi sang burung, pilih jagung yang masih muda dan manis rasanya.

Sayur, buah, atau daun-daunan yang diberikan haruslah masih segar dan terbebas dari paparan bahan kimia.

Ekstra fooding yang bisa diberikan untuk kenari adalah kroto, rayap, dan laron. Memang terdengar janggal jika kenari mengkonsumsi serangga, namun nyatanya banyak kenari yang menyukai pakan jenis ini.

Namun jika kenari milik Anda kurang menyukai serangga, gantilah sumber proteinnya dengan telur rebus.

Tempatkan burung di lokasi yang sepi

Jauhkan kenari yang sedang macet bunyi tersebut dari tempat keramaian, atau dari burung-burung bersuara keras lainnya. Hal ini untuk menghindarkan kenari menjadi semakin stres dan proses pemulihannya pun terganggu.

Berikan multivitamin dan suplemen burung

Setelah ketiga langkah tersebut Anda jalankan, tambahi perawatan kenari macet bunyi dengan memberikan vitamin serta suplemen burung.

Pastikan sebelum Anda memberikannya, Anda membaca terlebih dahulu dosis serta aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Itu tadi 4 cara menggacorkan kenari rawatan lama yang tiba-tiba macet bunyi. Nah, sekarang, bagaimana jika kenari milik kita tetap bunyi, tapi cuma ngriwik saja sepanjang hari? Coba diperiksa lagi jenis kelamin sang burung dan usianya.

Perbedaan Antara Kenari Betina Dan Jantan

Jika burung kenari milik Anda terbukti betina, maka Anda harus menunggu hingga sang burung berusia 1 tahun lebih untuk bisa mendengar suara lantangnya.

Tapi jika burung kenari Anda asli pejantan (hehe, memang ada pejantan palsu?) dan usianya telah memasuki usia dewasa, maka cobalah beberapa tips berikut ini untuk menggacorkan kenari yang masih nggriwik’an.

Solusi Mengatasi Kenari yang Nggriwik

Jika burung kenari yang anda rawat dalam waktu yang cukup lama akan tetapi belum gacor dan hanya ngriwik saja mungkin beberapa cara di bawah ini bisa kamu coba.

Atur pola rawatan hariannya

Sama seperti cara menggacorkan kenari yang macet bunyi di atas, coba Anda perbaiki pola rawatan harian serta pemberian pakannya.

Saat burung dijemur, berikan pakan berupa sayur dan buah-buahan saja untuk melancarkan dahak atau cairan yang mungkin menyumbat tenggorokannya.

Berikan pakan biji-bijian

Berikan pakan biji-bijian yang lengkap dan bernutrisi tinggi seperti cannary seed dan niger seed. Fungsinya adalah untuk merangsang birahinya. Sediakan pula alternatif pakan seperti selada dan telur rebus.

Tempel kenari dengan kenari lainnya yang gacor

Di alam bebas, kenari termasuk burung koloni yang terbiasa hidup berkelompok, jadi untuk memancing burung rajin kerkicau, cobalah gandengkan kenari Anda dengan kenari lainnya yang sudah gacor.

Jauhkan kenari dari kegemukan

Kenari yang kegemukan atau mengalami obesitas biasanya akan malas beraktivitas dan juga suara kicauannya kurang lantang.

Kandungan lemak yang menekan kantung udara akan membuat sang kenari kesulitan mengambil napas, sehingga kenari cepat lelah. Jangankan untuk beraktivitas, untuk sekedar berkicau pun kenari tidak mampu.

Kesimpulan

Untuk menggacorkan kembali kenari, baik itu yang sedang macet bunyi atau pun yang cuma ngriwik saja, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari penyebab permasalahan tersebut. Selanjutnya, perhatikan kembali pola perawatan harian, pakan beserta nutrisi yang ada di dalamnya agar burung tidak kekurangan gizi atau malah obesitas. Dan jangan lupa untuk menambahkan multivitamin serta suplemen untuk menunjang peforma sang burung.

 

2 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Cara Menggacorkan Burung Kenari Rawatan Lama
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas