Cara Menangani Burung Yang Tiba-Tiba Lumpuh

Burung tiba tiba Lumpuh

Burungpedia РPastinya kita akan sangat kaget jika melihat burung kesayangan kita tergulai lemas didalam sangkarnya. Burung sudah tidak bisa berdiri lagi alias mengalami kelumpuhan tiba-tiba. Hal ini tentu sangat menghawatirkan, jika tidak segera ditangani akan menyebabkan burung kita mengalami kematian. Sayang sekali jika burung yang selama ini kita rawat dan mati dengan sia-sia. Apalagi burung kita diperuntukkan mengikuti lomba.

Burung tiba tiba Lumpuh

Dalam artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara kita mengenali dan menangani burung yang tiba-tiba mengalami kelumpuhan ini. Berikut adalah beberapa poin yang harus kita perhatikan dalam menangani burung yang tiba-tiba lumpuh.

Ciri-Ciri Burung Yang Mengalami Kelumpuhan Tiba-Tiba

Ciri-ciri burung yang akan mengalami kelumpuhan tiba-tiba diantaranya adalah burung mengalami drop, lemas, dan tidak bertenaga. Biasanya mereka akan malas untuk menyantap makanan mereka. Jika hal ini terjadi dianjurkan agar segera ditangani.

Penyebab Burung Tiba-Tiba Lumpuh

Burung yang lemas atau kurang bertenaga menandakan burung itu kurang akan asupan mineral Terutama kekurangan akan kalsium. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan burung itu sendiri. Daripada itu burung yang masih dibawah umur dianjurkan untuk dapat mengkonsumsi banyak mineral agar bisa tumbuh dengan sempurna. Hal ini juga bisa disebabkan oleh kekurangan darah, atau anemia.

  Sukses Mendulang rupiah dari Ternak Murai Batu

Cara Mengatasinya

Cara kita mengatasi burung yang mengalami ini dengan memberikan asupan makanan yang baik. Beri makanan yang mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang tinggi. Anda juga dapat mengetahui bagaimana cara untuk penggemukan burung kenari anda di artikel Cara menggemukkan Burung Kenari yang Terlalu Kurus. Tidak dianjurkan memberi vitamin dengan dicampurkan kedalam minumannya. Karena hal itu akan sia-sia, vitamin yang akan masuk hanya sedikit. Lebih baik untuk mencampurkan ke makanan burung tersebut. Misalnya burung pemakan serangga, dapat anda beri kroto yang sudah kita taburi dengan vitamin.

Untuk kekurangan darah atau anemia dapat kita atasi dengan memberi vitamin B12, vitamin ini dapat menaikkan sel darah merah burung kita. Jika tidak mempunyai vitamin B12, anda juga dapat memberikan vitamin B Compleks atau vitamin lain yang memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi.

Cara kita dalam memberi asupan sangat disarankan untuk menggunakan injeksi jika burung itu sudah dalam keadaan sangat lemas atau sudah tidak mau makan lagi. Jika burung masih mau untuk mengkonsumsi makanan, disarankan tempat makan dapat didekatkan dengannya untuk bisa makan dengan cepat. Nah, dalam memberi asupan ini kita jangan sekali-kali memegang burung yang sedang lemas tadi, hal ini dapat menyebabkan burung terjepit hingga tidak bisa mengkonsumsi makanannya dengan baik.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.