Perhatikan Hal Ini Dalam Memilih Burung Kacer untuk Dilombakan

Perhatikan hal ini dalam memilih burung kacer untuk dilombakan – Kelas kacer dalam lomba gantangan memang masih menjadi primadona. Terbukti dalam setiap latber atau pun lomba skala besar, karcis kacer selalu habis mengikuti kelas murai batu yang juga banyak penggemarnya.

Popularitas kacer di luar pulau Jawa seperti Sumatera dan Kalimantan malah lebih tinggi lagi, permintaan kacer Jawa untuk “diterbangkan” ke daerah-daerah tersebut masih saja terus mengalir.

Nah, pada halaman ini, burungpedia.com ingin membagikan cara memilih kacer bagus untuk dilombakan. Beberapa kriteria di bawah ini sangat penting untuk diperhatikan, selain tentu saja ketelatenan kita dalam merawatnya nanti.

Cara Memilih Kacer Bagus untuk Lomba

ilustrasi gambar kacer juara
ilustrasi gambar kacer juara

Menurut beberapa kicau mania, untuk memilih kacer dengan karakter yang berkualitas, pengalaman merupakan pegangan yang terbaik. Namun bagi para pemula, tentu pengalaman tersebut merupakan sesuatu yang mahal.

Tapi tidak perlu bingung, karena kami telah mengumpulkan sejumlah ciri-ciri kacer unggulan yang bisa Anda jadikan patokan untuk menilai apakah burung kacer di hadapan Anda punya prospek bagus atau tidak.

Suara, Lagu dan Gaya Kacer Saat di Lapangan

meningkatkan volume kacer
meningkatkan volume kacer – sumber: burungkicau.info

Faktor yang pertama adalah suara burung kacer, namanya juga lomba burung berkicau pasti yang dinilai adalah suaranya suara disini meliputi isian, durasi dan juga volume yang dimilikinya.

Kacer yang dinilai bagus pada umumnya memiliki suara isian yang bervariasi dan memiliki tembakan-tembakan khas seperti kenari, lovebird maupun suara burung sikatan londo.

Kemudian volume atau keras tidaknya suara kacer, pada umumnya kacer memiliki suara yang cukup lantang dan bisa membuat burung lain terdiam karena kerasnya suara burung kacer tersebut.

  Mungkin Ini Alasan Kenapa Kacer Cuma Ngriwik Saja

Gaya kacer saat di pertemukan dengan burung lain juga perlu kamu perhatikan, kacer yang bagus pada umumnya hanya bermain di tangkringan sambil mengeluarkan gaya khasnya ketika berkicau atau yang sering di sebut dengan istilah ngobra.

Tampilan Fisik Burung Kacer

Selain suara, volume dan juga gaya burung kacer saat di lombakan anda juga bisa memilih kacer dengan ciri fisik seperti yang kami tulis di bawah ini.

1. Tampilan Bulu

Gambar bentuk kepala burung kacer
Gambar bentuk kepala burung kacer

Tampilan bulu dari kacer berkualitas istimewa adalah bersih, kering, serta mengkilap. Untuk sementara ini kacer dada putih dinilai lebih unggul dari segi kualitas suara jika dibandingkan dengan kacer dada gelap atau hitam.

Jadi, jika Anda melihat burung kacer dada putih namun bulunya tidak bernada kering, maka karakter burung tersebut agaknya kurang fighter.

2. Penampakan Mata

Gambar kacer gacor
Gambar kacer gacor

Mata kacer yang melotot atau tampak mendolo sampai mau keluar dari kelopaknya memberikan kesan garang pada sang burung.

Mata burung kacer yang biasa saja atau kurang mendolo menandakan burung tersebut kurang atau tidak berpengalaman dalam bertarung.

3. Bentuk Paruhnya

Gambar Burung Kacer Gacor
Gambar Burung Kacer Gacor

Jika ingin memilih kacer bagus, maka pastikan ia memiliki paruh yang terlihat lurus dengan belahan memajang hingga ke belakang hampir menyentuh leher, atau tenggorokan, atau bagian bawah matanya.

Dengan paruh yang demikian, sang kacer mampu membuka mulutnya lebar-lebar untuk menghasilkan volume suara yang lantang dan tembus.

4. Postur Tubuhnya

suara burung kacer poci
suara burung kacer poci

Sedangkan untuk postur tubuhnya, pilihlah kacer yang berpostur tubuh kecil memanjang (tidak pendek) dengan ekor yang mengumpul alias tidak mekar.

  Standar dalam Penilaian Lomba Burung Kacer

Itu tadi sedikit tips memilih kacer bagus yang bisa Anda praktekkan saat akan membeli burung di pasar atau di tempat tangkaran.

Sementara itu, masalah lain yang kerap dihadapi oleh kacer selain rawan terserang stres adalah, sang burung nampak sering mbagong atau mbedesi ketika tampil dalam suatu lomba.

Kalau hal itu terjadi pada kacer Anda, rasanya tentu akan sangat memalukan dan ingin segera mengakhiri lomba.

Dari pada terus menjadi bulan-bulanan pemain lainnya, silahkan disimak faktor apa saja yang menyebabkan kacer mbagong saat lomba dan bagaimana cara menghilangkan kebiasaan jelek tersebut.

Menghilangkan Kebiasaan Mbagong pada Kacer

Gambar burung kacer mbagong
Gambar burung kacer mbagong (sumber : omkicau)

Menurut pengamatan yang kami lakukan, beberapa faktor pemicu kacer mbagong antara lain karena burung kalah mental saat dilombakan, atau sang burung mengalami kelelahan fisik.

Karena itu, jika melihat burung Anda nampak lesu dan kurang bertenaga, sebaiknya burung dikandangkan terlebih dahulu, tidak perlu memaksakan untuk diikutkan lomba.

Untuk menghilangkan kebiasaan mbagong tersebut, para pemain kacer sering melakukan terapi mandi pasir. Ada dua cara untuk mempraktekkan terapi mandi pasir ini.

Silahkan dipilih sesuai dengan kemampuan atau mana nantinya yang lebih disukai snag burung.

Terapi mandi pasir di dalam keramba.

Terapi mandi pasir terbukti moncer untuk dapat “meluruskan” tingkah kacer Anda. Cukup sediakan pasir bersih yang sudah di ayak ke dalam keramba, lalu biarkan sang burung mandi pasir di dalamnya.

Terapi mandi pasir di tanah terbuka. 

  Download Kumpulan Suara Kacer Terlengkap MP3

Metode mandi pasir yang kedua ini dinilai lebih beresiko. Pasir yang sudah dibersihkan dan diayak diletakkan di atas tanah. Setelah itu, taruhlah sangkar burung di atas pasir  tersebut.

Tarik dasar atau lantai sangkar secara perlahan agar bagian bawahnya jadi terbuka dan terhubung langsung dengan pasir.

Yang perlu diperhatikan, beri beban di sisi sangkarnya agar sangkar tidak mudah roboh dan bergeser karena angin atau gerakan dari kacer.

Jangan sampai sangkarnya terbuka dan memberi kesempatan bagi kacer untuk lepas. Nanti yang stres berganti pemiliknya, hehehe…

Terapi mandi pasir ini memungkinkan kacer untuk bisa ngasin, tapi di jaman yang serba ada ini, Anda bisa langsung membelikan asinan burung yang sudah bisa didapatkan di toko-toko burung terdekat.

Kesimpulan

Untuk memilih kacer bagus bisa Anda mulai dengan melihat tampilan fisiknya baik itu dari bulu, mata, paruh, hingga warna dadanya.

Kendati demikian, kacer dengan tampilan fisik sempurna belum menjanjikan kalau nantinya akan tampil optimal dalam perlombaan yang diikuti.

Salah satu masalah yang ditakuti oleh kacer mania adalah burung yang mbagong ketika sedang perform, mungkin saja sang burung belum siap tampil atau badannya kurang fit.

Untuk mengatasi serta menghilangkan kebiasaan mbagong itu, berikan terapi mandi pasir dan asinan pada kacer milik Anda. Semoga artikel dari Burungpedia.Com ini dapat Anda pakai sebagai bahan referensi dalam memilih kacer bagus. Jika ada pertanyaan atau pun saran, jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.