Gambar lovebird gacor
Lovebird

Panduan Memilih Burung Lovebird Gacor Untuk Bahan Lomba

Proses memilih burung lovebird bakalan yang memiliki prospek merupakan sensasi tersendiri bagi para kicau mania dan menjadi sebuah tantangan bagi para pecinta burung mungil ini. Beberapa pengorbit yang sudah langganan juara menyatakan bahwa hal yang paling penting dalam menentukan pilihan burung yang bagus bisa dilihat dari kondisi bulu dan mata serta suaranya. Tentu saja teknik ini bukanlah hal yang sulit dilakukan dan semua pecinta burung bisa melakukannya.

Tampilan fisik yang perlu diamati yaitu keadaan bulunya, jika kondisi burung memiliki bulu yang bersih dan mengkilap, maka bisa dimasukkan dalam kategori lovebird prospek. Selain itu, juga tatapan mata yang melotot menjadi pelengkap sebagai burung yang layak untuk dibeli dan dirawat agar bisa menjadi lovebird berprestasi. Hal ini karena dari kedua ciri fisik tersebut bisa dianalisa bahwa burung tersebut memiliki mental juara dan hanya perlu dilakukan perawatan intensif agar bisa mewujudkannya menjadi juara di ajang latber atau latpres .

Gambar lovebird gacor

Gambar lovebird gacor (sumber : vebma.com)

Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu irama yang mengalun dengan berbagai cengkok ketika berkicau dan terdengar enak di telinga. Jika lovebird memiliki suara seperti ini berarti sangat berbakat untuk bisa ngekek panjang sehingga tidak akan kesulitan untuk melatihnya dengan menghadirkan beberapa burung masteran. Tentu saja kemampuan untuk ngekek panjang merupakan bawaan sejak lahir atau bakat dan juga bisa karena keturunan dari trah yang berprestasi.

Gambar burung lovebird bakalan

Gambar burung lovebird bakalan

Beberapa pengorbit ada yang suka mencari lovebird di pasaran berdasarkan pengalaman yang dimiliki, kemudian merawatnya hingga berhasil mencetak juara. Tentu saja tidak perlu merogoh kocek terlalu mahal karena banyak sekali lovebird yang memiliki bakat tersedia di pasar dan hanya memerlukan kejelian dalam memilihnya. Hal ini lebih praktis daripada membeli burung yang sudah berprestasi, namun memerlukan ketekunan dalam merawatnya.

Download Kumpulan Suara Lovebird Terbaik MP3

Tips Membangkitkan Birahi Lovebird Agar Tambah Gacor

Tentu saja menjadi sebuah kepuasan bagi seorang kicau mania jika bisa mengorbitkan burung yang didapatkan dari pasaran hingga mencetaknya menjadi juara. Kerja keras dalam merawat serta melatihnya selama beberapa bulan ternyata bisa membuahkan hasil yang maksimal. Peluang untuk memanfaatkan banyaknya lovebird yang ditawarkan di pasaran memang selalu terbuka karena tidak sulit untuk mendapatkan burung ini. Stok di pasar selalu melimpah dan para kicau mania yang bijak tentunya bisa memanfaatkannya dengan mencari burung berbakat dan melatihnya agar bisa meraih prestasi di lapangan.

Perawtan Lovebird Bakalan

Perawatan lovebird bakalan

Perawatan lovebird bakalan

Teknik perawatan yang perlu dilakukan setelah memilih burung lovebird dari pasaran antara lain meneliti dengan jeli karakternya. Kemudian memberikan strategi perawatan yang tepat sehingga burung bisa mengeluarkan potensinya dengan maksimal. Hal ini memang tidak mudah dipraktekkan, namun jika tekun dan bersungguh-sungguh dalam melakukan perawatan, tentunya lovebird bisa berkembang dengan baik.

Perawatan yang harus perhatikan antara lain, proses memandikan burung, penjemuran serta asupan makanan yang diberikan setiap hari dan juga penanganan di lapangan. Teknik khusus dalam memandikannya yaitu melakukan mandi malam yang sering disarankan para pengorbit. Waktu yang tepat untuk melaksanakan mandi malam yaitu pukul 7 malam yang bermanfaat agar kondisi birahinya menjadi stabil. Proses mandi malam bisa dilakukan dengan cara menyemprotnya secara perlahan sampai air membasahi seluruh tubuh dan melakukannya secara rutin setiap hari.

Panduan Memilih Burung Kacer Gacor Untuk Bahan Lomba

Ada teknik perawatan yang unik namun sangat bermanfaat bagi perkembangan burung yaitu pengembunan yang agak sulit dilakukan para kicau mania. Pasalnya proses pengembunan dilakukan saat sebelum subuh dan kebanyakan pecinta lovebird mengalami kesulitan untuk bangun tidur di pagi buta. Proses pengembunan sangat penting bagi perkembangan tubuh karena udara pagi buta sangat baik bagi ketahanan tulang dan pernafasan sebab menghirup udara yang bersih sehingga paru-paru menjadi semakin kuat.

Durasi pengembunan sekitar 2 jam sebelum matahari terbit dan kerodong dibuka serta menaruh sangkar di tempat yang tinggi. Namun jangan menempatkannya ke arah matahari terbit dan hindari untuk menghadap dinding yang berwarna putih. Setelah matahari terbit sekitar jam 7, perlu dilakukan penjemuran dalam tempo sebentar dan menariknya sebelum jam 8. Kemudian memberinya makanan baru dan mengganti air minum setiap hari. Setelah itu, tutup sangkar dengan kerodong hingga sore hari untuk diangin-anginkan sebentar.

Sedangkan perawatan untuk burung lovebird dalam penangkaran atau sistem ternak memang berbeda karena proses perawatan dilakukan sejak anakan setelah dipisahkan dari induknya. Para penangkar burung lovebird berprestasi lebih memilih teknik anakan yang diasuh langsung oleh induknya. Tentu saja kondisi fisik dan mental anakan akan lebih stabil jika bersama induknya.

Lovebird Ngekek Panjang

Masteran burung lovebird

Masteran burung lovebird

Hal yang paling penting yaitu jika kedua indukan memiliki kemampuan ngekek panjang, maka anakan akan lebih mudah menirunya dan tentunya jadi sarana olah bakat untuk berkicau dalam waktu yang lama. Kedua indukan yang selalu ngekek panjang adalah mastering yang sangat efektif sejak usia dini sehingga anakan akan menirunya dan tentunya bakat akan terasah secara otomatis.

Proses perawatan secara intensif akan dilakukan setelah anakan keluar dari gelodok dan memasuki usia sekitar 2 bulan. Hal ini juga berarti bahwa anakan sudah siap untuk dipisahkan dari indukannya dan penangkar mulai melakukan perawatan secara manual serta memberikan perawatan ekstra.

Anakan diletakkan pada sangkar sendiri tanpa ditutup kerodong dan hanya digunakan pada malam hari saja. Perawatan yang perlu dilakukan yaitu memandikan anakan 2 kali sehari yaitu saat pagi dan malam hari. Proses pemandian anakan dilakukan hingga semua tubuh menjadi basah agar perkembangan birahinya lebih baik. Setelah mandi perlu dilakukan penjemuran dan hanya perlu dilakukan sebentar saja. Untuk mengasah potensi anakan perlu dilakukan adu ngekek dengan burung yang usianya hampir sama agar bisa berkompetisi.

Biasanya jika beberapa sangkar anakan yang disandingkan, maka akan terlihat lovebird yang potensial dan akan ngekek untuk saling beradu kicauan. Setelah menginjak usia 3 bulan, mulai dilakukan pemasteran dengan memilih lovebird yang memiliki ngekek panjang. Jika perawatan ini dilakukan secara rutin, maka pada usia 4 sampai 5 bulan burung sudah memiliki kemampuan ngekek panjang dan bisa diajak ke lapangan untuk menunjukkan kemampuannya.

Intinya dalam melakukan perawatan agar bisa mencetak burung berkualitas yaitu memilih burung lovebird potensial dan diimbangi dengan perawatan spesial. Kedua hal ini tidak bisa dipisahkan karena meskipun memiliki burung berbakat, namun perawatannya kurang maksimal, maka lovebird tidak bisa mengeksplor bakat terpendamnya. Jika mampu melakukan perawatan yang baik pada burung yang tidak memiliki prospek, maka akan sulit untuk mencetaknya menjadi juara.

Bagi para pembaca atau kicau mania yang memiliki saran dan kritik atau ingin berbagi informasi bisa melayangkannya di kolom komentar. Tentu saja masih banyak lagi strategi atau tips lainnya mengenai perawatan untuk burung lovebird dari para kicau mania.

6 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Panduan Memilih Burung Lovebird Gacor Untuk Bahan Lomba
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas