Gambar Burung Kutilang
Kutilang

Cara Lengkap Membedakan Kutilang Jantan dan Betina Lengkap

Kutilang Jantan dan Betina – Untuk membedakan mana kutilang yang berjenis kelamin jantan dan betina bisa dikatakan cukup susah. Hal ini di karenakn kedua burung tersebut cukup mirip dari segi warna bulu, ukuran bahkan kutilang betina juga bisa segacor kutilang jantan. Akan tetapi jika anda perhatikan lebih seksama burung ini memiliki beberapa perbedaan yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi jenis kelaminnya.

Burung kutilang adalah jenis burung yang memakan buah – buahan. Burung ini cukup banyak di pelihara kicaumania pemula dikarenakan perawatannya yang cukup mudah dan kicauannya yang cukup merdu. Burung kutilang biasanya hidup dalam satu koloni atau kelompok. Kadang jika ingin membeli burung kutilang bakalan ada rasa takut jika ternyata burung yang di beli adalah kutilang betina. Maka dari itu silahkan baca artikel mengenai ciri kutilang jantan dan betina yang sudah dirangkum burungpedia di bawah ini.

Ciri – Ciri Burung Kutilang Jantan

Gambar Burung Kutilang

Gambar Burung Kutilang (sumber : Andreas Wiraatmadja)

Kutilang jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan berdasarkan bentuk fisiknya. Selain itu biasanya kutilang jantan memiliki kicauan yang lebih gacor berbeda dengan kutilang betina yang hanya mengeluarkan bunyi kriwik saat berkicau. Harganya pun juga akan berbeda yang mana harga kutilang jantan jauh lebih mahal dibandingkan kutilang betina. Inilah beberapa ciri – ciri burung kutilang jantan.

  • Memiliki kepala yang lebih besar
  • Memiliki warna hitam pada bagian kepala yang jauh lebih jelas dan tegas
  • Terlihat lebih ganas dan agresif
  • Mempunyai jambul yang lebih panjang
  • Postur tubuh kutilang jantan lebih panjang daripada kutilang betina
  • Suara kutilang jantan jauh lebih variatif dan indah dengan suaranya yang tak putus – putus
  • Vent burung kutilang lebih menonjol

Ciri – Ciri Burung Kutilang Betina

Gambar Burung Kutilang betina

Gambar Burung Kutilang betina (sumber : Cahya Legawa)

Ciri burung kutilang jantan dan betina memiliki fitur tersendiri. Inilah beberapa ciri burung betina.

  • Jambul burung kutilang betina terlihat tegak dan pendek
  • Memiliki bentuk kepala yang sedikit lebih kecil dibandingkan kutilang jantan
  • Postur tubuh burung kutilang cenderung lebih bulat
  • terlihat lebih kalem
  • Bagian vent burung betina lebih datar
  • Tulang pubis betina jauh lebih lebar, renggang, dan empuk

4 Cara Mengetahui Ciri – Ciri Kutilang Jantan dan Betina

Burung Kutilang lokal

Burung Kutilang lokal

Setelah Anda mengetahui ciri – ciri burung kutilang jantan dan betina, saatnya Anda mencoba mengamati perbedaan ciri – cirinya.

  1. Lihatlah bagian paruh burung kutilang tersebut. Bila bagian atas paruh lebih meruncing ke bawah di bagian ujung, maka bisa dipastikan bahwa burung tersebut adalah jantan. Jika paruhnya lebih datar, maka burung kutilang tersebut adalah betina.
  2. Lihatlah bagian jambul lebih teliti. Bila jambul lebih menjulang, maka burung tersebut berkelamin jantan.
  3. Amatilah bagian tubuh. Bila tubuhnya terlihat lebih memanjang, kemungkinan besar bahwa burung itu adalah berkelamin jantan, jika tubuhnya terlihat lebih bulat kemungkinan besar burung tersebut berjenis kelamin betina.
  4. Dengarkanlah kicauannya, bila suaranya terdengar ngriwik saja dan monoton, maka burung kutilang itu berkelamin betina. Jika suaranya lantang dan variasi, maka burung tersebut berjenis kelamin jantan.

Kesimpulan

Untuk mengetahui ciri burung kutilang jantan dan betina memang susah susah gampang. Anda harus teliti memperhatikan ciri – ciri fisiknya yang secara krusial menunjukkan jenis kelamin burung kutilang tersebut. Biasanya bagian paruh, postur tubuh, dan bentuk kepala berpengaruh untuk menentukan jenis kelamin burung kutilang.

Download Suara Burung Kutilang Disini

Tetapi, Anda juga harus memperhatikan suara kicauannya. Suara kicauan burung kutilang juga bisa digunakan untuk menentukan jenis kelaminnya. Jadi, Anda harus paham ciri – ciri fisiknya dan suara kicauannya untuk menentukan jenis kelaminnya. Kicauan burung kutilang jantan jauh lebih merdu.

Download Suara Jalak Nias Disini

Bila Anda ingin memelihara burung kutilang ini, maka Anda harus menyediakan makanananya yaitu buah – buahan setiap harinya. Entah itu burung kutilang betina dan jantan jenis makanannya sama. Anda tak perlu khawatir. Yang terpenting adalah mengetahui ciri burung kutilang jantan dan betina agar Anda bisa tahu saat ingin menjualnya. Harga burung kutilang jantan jauh lebih mahal. Tentu saja hal ini akan membantu Anda dalam jual beli burung kutilang. Itulah tadi beberapa ciri burung kutilang betina dan jantan yang harus diamati dan diobservasi.

3 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Cara Lengkap Membedakan Kutilang Jantan dan Betina Lengkap
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas