Gambar burung kenari gacor
Kenari

Panduan Memilih Burung Kenari Bakalan prospek lomba

Memilih burung kenari prospek memang tidak begitu sulit karena tampilan fisiknya mudah dikenali dari warna bulu serta anatomi tubuhnya. Biasanya para kicau mania lebih suka membeli bakalan kenari di pasar karena harganya sangat murah. Para penjual di pasar menempatkan puluhan burung kenari dalam satu kandang atau ombyokan sehingga perlu ketelitian untuk memilihnya.

Untuk bakalan burung kenari yang dijual di pasar, berusia sekitar 3 bulan dan tentunya sebagai usia anakan yang baik untuk dirawat dan dilatih. Untuk bisa mendapatkan kenari prospek bisa dilihat dari tampilan fisiknya dengan beberapa ciri-ciri yang mudah dikenali. Burung kenari yang memiliki potensi untuk cepat berbunyi yaitu yang memiliki bulu dengan warna campuran daripada warna kuning atau putih polos. Hal ini berdasarkan pengalaman para ahli yang sudah biasa mengorbitkan bakalan kenari menjadi burung juara.

Selain itu, kualitas suara juga ditentukan oleh bentuk paruhnya dan ciri-ciri burung yang memiliki bakat untuk bersuara keras dan tajam yaitu paruh yang tebal serta agak panjang. Paruh panjang disukai para pengorbit untuk ditandingkan dalam lomba karena kualitas suaranya lebih baik. Sedangkan paruh yang berukuran pendek lebih cocok sebagai burung rumahan untuk sekedar hobi dan hiasan dengan suara yang pelan serta bervariasi.

Mental Kenari

Gambar burung kenari gacor

Gambar burung kenari gacor

Agar bisa mengetahui kondisi fisik dan mentalnya perlu mengamati perilaku dan setiap gerak-geriknya. Kenari yang agresif dan selalu bergerak menjadi tanda bahwa tingkat kesehatannya sangat baik dan penuh stamina sehingga tidak mudah lelah. Selain itu, menjadi salah satu ciri burung dengan mental yang baik sehingga berbakat menjadi petarung sejati dan tidak minder ketika di lapangan. Kenari yang berbakat juga lebih sering berkicau karena memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan mudah untuk bisa tampil maksimal ketika latber atau ajang lainnya.

Mental kenari yang baik juga bisa dilihat dengan mudah, yaitu ketika didekati tidak merasa takut dan bahkan berani mematuk siapa saja yang mendekati sangkarnya. Selain itu, burung ini juga akan berkicau ketika seseorang mendekati sangkarnya dan tidak merasa gentar sedikitpun. Hal ini sangat baik bagi mentalnya karena ketika bertanding di lapangan bisa mengeluarkan kicauannya secara maksial dan berpeluang besar menjadi juara.

Bentuk Leher

Gambar kenari gacor

Gambar kenari gacor

Bentuk leher jenjang juga menjadi salah satu ciri burung berbakat untuk bisa ngekek panjang karena memiliki saluran pernapasan yang baik. Struktur leher juga menjadi salah satu ciri yang terbaik saat memilihburungkenari. Selain itu, kenari berkualitas selalu menggelembungkan lehernya ketika berkicau dan tentunya pembuluh darah akan membesar.

Hal ini akan membuat transformasi oksigen semakin lancar sehingga menghasilkan stamina yang tinggi dan kuat untuk bisa ngerol. Proses ngekek panjang membutuhkan tenaga yang sangat besar dan tentunya burung pengicau harus didukung dengan kondisi stamina yang sangat baik.

Tidak Memiliki Cacat

Gambar burung kenari sehat

Gambar burung kenari sehat (sumber : omlet.co.uk)

Hal lainnya yang tidak boleh terlupakan yaitu meneliti kondisi fisiknya lebih dekat untuk bisa mengetahui apakah terdapat cacat dalam tubuhnya. Amati semua bagian tubuh dari kepala sampai ekor sebelum membuat keputusan untuk mengambil burung tersebut. Tentu saja cacat fisik sangat mengganggu kesehatannya dan kondisi mentalnya juga akan terganggu sehingga memerlukan waktu yang lama serta akan sulit untuk merawatnya hingga sembuh. Sebaiknya tidak memilih kenari yang memiliki cacat fisik karena hanya akan mengganggu perkembangannya selama dalam perawatan serta mudah stress.

Suara Kicauannya

burung kenari gacor

burung kenari gacor (sumber IG : @m.rony22)

Bakat suara juga bisa diidentifikasi ketika masih bakalan dan perlu mendengarkan dengan seksama kualitas kicauannya. Pertama-tama perlu mendeteksi kualitas suaranya dan jika memiliki volume yang besar, maka bisa dipertimbangkan. Bakat ngerol juga bisa terlihat dari gerakan mulutnya dan selalu ingin berkicau meskipun merasa kesulitan. Hal yang terpenting untuk melakukan tes suara yaitu tidak memilih kenari yang memiliki suara serak-serak basah karena kondisi pita suaranya kurang berbakat untuk bisa menjadi burung juara.

Jenis Kelamin Burung Kenari

Gambar kenari prospek

Gambar kenari prospek (sumber : IG @kenari_prima)

Salah satu hal yang kerap merisaukan para kicau mania yaitu ketika menentukan jenis kelamin burung kenari karena takut akan keliru antara jantan dan betina. Untuk bisa mengidentifikasi jenis kelamin burung kenari bisa dilakukan dengan melihat langsung pada alat pengeluaran kotorannya atau dengan teknik lain. Hal ini bisa dilakukan ketika burung masih anakan atau sudah dewasa dengan beberapa metode dan percobaan.

Beberapa Manfaat Daun Dewa Bagi Burung Kenari

Download Kumpulan Suara Kenari Gacor Untuk Merangsang Kenari Macet Bunyi

Metode pertama bisa dilakukan dengan menggoyang-goyangkan sarang kenari anakan atau yang masih piyik. Biasanya burung yang memiliki jenis kelamin jantan akan bergerak dari tempatnya untuk mengangkat badan dan ekornya keatas serta menyembunyikan atau menundukkan kepalanya. Sedangkan kenari betina akan diam saja dan hanya akan melihat keatas untuk mengetahui siapa yang mengganggu sarangnya.

Jika ingin lebih detail bisa melakukan pengukuran pada paruhnya dengan alat atau benda yang lurus agar hasil ukuran bisa presisi. Proses pengukuran dilakukan pada garis paruh atau tengah antara paruh atas dan bawah yang diarahkan dengan garis lurus kepada bola mata. Jika garis paruh sejajar atau lurus dengan tengah bola mata, maka bisa dipastikan bahwa jenis kelaminnya jantan. Sedangkan jika letak mata berada diatas garis paruh, maka bisa dipastikan betina.

Masih ada lagi metode lainnya yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin burung kenari yaitu dengan melihat secara langsung pada alat buang kotorannya. Pada burung yang berkelamin jantan memiliki ciri fisik yang menonjol disekitar lubang pembuangannya. Sedangkan betina memiliki bentuk bulat pada alat pembuangannya dan berwarna merah bengkak. Tentu saja para pecinta burung bisa mengetahui jenis kelamin brung kenari dengan mudah agar bisa memilih yang jantan untuk dirawat dan dilatih sehingga bisa gacor dan diikut sertakan pada ajang lomba.

Poin Penting

Download Suara Kenari

Download Suara Kenari

Setelah menemukan burung yang potensial sesuai dengan hal-hal diatas, selanjutnya bisa membawa pulang untuk dirawat agar bisa memiliki kicauan merdu dan ngerol. Proses untuk bisa mengobitkan burung kenari menjadi juara memang masih panjang karena memerlukan perawatan harian yang baik serta pemasteran. Namun jika sudah mendapatkan burung prospek, maka perawatan dan pemasteran akan lebih mudah serta tidak membutuhkan waktu yang lama sampai burung jadi.

Namun hal yang perlu diingat dan bisa dijadikan sebagai pedoman jika ingin melatih burung lomba yaitu tidak terlalu tergesa-gesa ketika memilih burung kenari prospek. Pada proses pemilihan harus bisa menghasilkan keputusan yang akurat dengan mendapatkan burung yang benar-benar memiliki bakat. Hal ini akan menentukan masa depannya untuk menjadi burung yang ngerol atau sekedar mengeluarkan bunyi saja.

Panduan Memilih Burung Lovebird Gacor Untuk Bahan Lomba

Meskipun sudah melakukan perawatan dengan baik, namun jika burungnya tidak memiliki bakat, maka akan merasa kesulitan untuk menghasilkan suara yang keras dan panjang. Hal ini sudah banyak dicoba para pecinta burung dan mengalami kegagalan karena hanya mengandalkan proses perawatan saja tanpa melakukan pemilihan burung prospek atau yang memiliki bakat.

Bagi para pecinta burung kenari yang memiliki pengalaman menarik bisa membagikan informasinya melalui kolom komentar. Selain itu, jika ada saran, kritik dan keluhan bisa menuliskannya pada kolom bagian paling bawah untuk kemajuan bersama bagi para kicau mania.

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Panduan Memilih Burung Kenari Bakalan prospek lomba
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas