Gambar burung kacer bagus
Kacer

Panduan Memilih Burung Kacer Gacor Untuk Bahan Lomba

Cara memilih burung kacer gacor yang bagus bisa diidentifikasi dengan melihat beberapa ciri dan tentunya sangat mudah dilakukan siapa saja. Para ahli menyarankan bahwa ciri-ciri burung dengan dada putih ini yang termasuk tipe fighter bisa diamati dari tampilan fisiknya, dari bentuk kepala sampai ekor. Tentu saja ciri-ciri sebagai burung pengicau yang bagus memiliki performa fisik yang baik dan menjadi pendukung agar memiliki suara dengan volume tinggi dan kuat.

Ciri Burung Kacer Gacor

Pertama-tama bisa dilihat dari bentuk paruhnya yang lurus atau sejajar dengan garis mulut dan panjangnya sampai di bawah mata mendekati leher serta tenggorokan. Kondisi fisik semacam ini mengindikasikan bahwa burung tersebut memiliki rate volume yang nyaring ketika berkicau. Mulut bisa terbuka lebih lebar dan semua suara yang ada di tenggorokan bisa keluar dengan keras dan lepas serta tidak ada suara yang tertahan.

Gambar kacer gacor

Gambar kacer gacor

Sedangkan ciri lainnya yaitu memiliki mata yang melotot dan menjadi pertanda bahwa kacer ini memiliki pandangan yang tajam dengan lingkungan sekitarnya. Mata yang tajam juga merupakan ciri-ciri sebagai burung pemberani yang memiliki mental kuat dan rasa percaya diri yang tinggi. Tentu saja burung kacer seperti ini memiliki kemampuan sebagai fighter yang tangguh. Mata yang tajam juga menjadi tanda bahwa kondisi fisik burung memang fit dan memiliki performa yang tinggi sebagai burung pengicau.

Gambar Burung Kacer Gacor

Gambar Burung Kacer Gacor

Ciri fisik lainnya yang bisa dilihat yaitu bentuk lehernya yang tebal dan kuat sebagai pertanda memiliki pita suara yang baik untuk berkicau dalam tempo lama. Dengan leher panjang tentu saja burung kacer bisa berkicau dengan suara yang meliuk-liuk dan terdengar sangat indah. Bentuk leher sangat menentukan kualitas dan kuantitas suara yang dihasilkan karena burung ini selalu melihat ke atas ketika mengeluarkan suara yang unik dan bervariasi sehingga diperlukan leher yang kuat.

Burung Langka Kacer Albino / Putih Memang Benar Adanya

Inilah Bentuk Sarang Burung Kacer yang Ada Di Alam Liar

Download Kumpulan Suara Kacer Terlengkap MP3

Selain itu, lebih mudah menirukan suara masteran yang disajikan satu persatu atau secara bersamaan sehingga memiliki suara yang bervariasi. Hal ini membuat kacer memiliki stok suara yang berbeda-beda dan lebih mudah untuk memenangkan lomba. Biasanya masteran yang cocok untuk kacer antara lain, lovebird, sendit sempiut, pelatuk, kolibri dan lainnya.

Gambar bentuk kepala burung kacer

Gambar bentuk kepala burung kacer

Fisik lainnya yang perlu diperhatikan yaitu bentuk kepala yang tidak terlalu besar dan menjadi pertanda bahwa burung ini memiliki bakat sebagai petarung. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah tampilan bulu yang kering dan bersih serta tampak mengkilap. Bentuk tubuh yang kecil dan memanjang juga sebagai salah satu bagian penting sebagai burung kacer yang tangguh. Selain itu, sebaiknya memilih burung dengan kondisi ekor yang rapat dan tidak mekar atau terbuka.

Setelah mengetahui cara meimilh burung kacer gacor yang berbakat, tentu saja dan bisa melatihnya agar memiliki kicauan yang bagus sehingga menjadi juara dalam setiap lomba. Selanjutnya hanya mengkondisikan pada pengaturan pola treatment atau perawatan harian yang perlu dilakukan agar bakat fighter burung bisa berkembang dengan maksimal. Untuk melatih kicauannya memang tidak terlalu sulit karena pada dasarnya burung kacer adalah jenis burung pengicau sehingga banyak diminati para kicau mania di seluruh Indonesia.

Burung Kacer Untuk Lomba

Gambar burung kacer lomba

Gambar burung kacer lomba

Dalam setiap lomba, kelas burung kacer memang banyak diserbu para peserta sehingga panitia sering membagi kategori burung ini dalam beberapa kelas. Perkembangan pecinta burung berwarna hitam ini memang terus meningkat, terutama di wilayah Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya lomba yang digelar di beberapa wilayah tersebut dan khusus kategori burung kacer selalu melebihi kuota yang disediakan.

Banyak sekali pertarungan burung terjadi antara kacer mania yang berasal pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera yang bertemu dalam event atau ajang lomba yang diadakan di kota-kota besar. Dari pertemuan ajang lomba tersebut bisa terjadi transaksi jual beli burung sehingga menghasilkan pertukaran dan akulturasi dengan burung lokal. Tentu saja hanya burung yang memiliki prestasi saja atau sudah siap tarung yang membuat kicau mania berani merogoh kocek yang tidak sedikit.

Permasalahan Umum Kacer Lomba

Membeli burung kacer yang sudah jadi memang lebih mudah untuk merawatnya karena hanya meneruskan treatment harian yang biasa dilakukan pemilik sebelumnya. Selain itu, burung ini juga termasuk spesies yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga tidak mudah mengalami stress. Namun masih ada tantangan lainnya yang harus ditaklukan yaitu memahami karakter burung agar tidak melakukan kesalahan dalam perawatannya untuk menghindari efek mbagong atau mbadesi, terutama pada saat latihan atau lomba.

Gambar burung kacer mbagong

Gambar burung kacer mbagong (sumber : omkicau)

Jika kacer kesayanagan mengalami mbagong pada saat mengikuti event, maka akan menjadi bahan tertawaan dan tentunya membuat malu pemiliknya. Kondisi mbagong memang bisa dialami pada setiap burung kacer, namun pasti ada penyebabnya mengapa bisa terjadi hal yang memalukan seperti itu. Tentu saja banyak sekali solusi yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kondisi burung menjadi fit kembali dan siap tarung.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mencari penyebab burung menjadi mbagong sehingga bisa lebih mudah untuk melakukan terapi penyembuhannya. Penyebab utama yang biasanya terjadi antara lain, kondisi stress, tubuh tidak fit dan terserang penyakit. Kondisi stress bisa diakibatkan karena burung tidak merasakan kenyamanan berada dalam sangkar dan dari cara penyajian makanan yang diberikan serta kepuasan ketika mandi.

Agar burung kesayangan merasakan kenyamanan, maka harus rajin membersihkan kandang serta mengatur tangkringan dan tempat minum yang pas bagi kacer. Hal-hal tersebut sangat berpengaruh bagi kondisi burung sehingga diperlukan rasa kasih sayang ketika merawatnya agar kacer selalu berada dalam kenyamanan dan merasakan kegembiraan. Pada saat mandi dalam keramba, sebaiknya membiarkan burung merasakan kepuasan karena hal ini sangat penting untuk menjaga kondisinya agar tidak kecewa.

Penyebab lainnya yang sering membuat kacer jadi mbagong yaitu kondisi tenaga yang kurang fit, namun tetap dipaksakan untuk melakukan latihan atau lomba. Tentu saja para pecinta burung bisa memahami karakter dan kondisi stamina kacer kesayangan sebelum membawanya pada ajang latihan atau lomba. Hal ini bisa dilihat jika tingkah laku burung berbeda dari biasanya dan tampak tidak bersemangat serta selalu terlihat murung. Kondisi burung yang tidak fit biasanya kekurangan asupan mineral sehingga diperlukan terapi untuk mengembalikan kondisi tubuh dengan makanan atau bird mineral.

Gambar burung kacer sakit

Gambar burung kacer sakit

Masalah lainnya juga bisa disebabkan karena terserang penyakit dan bisa dilihat dari bentuk kotoran burung yang ada di bawah sangkar. Jika bentuk kotoran berair dan encer, maka bisa dipastikan bahwa kacer sedang terserang penyakit dan segera menanganinya dengan pengobatan yang sesuai dengan penyakit yang dideritanya.

Apabila proses mbagong terlalu lama dan sulit disembuhkan, maka diperlukan terapi untuk memandikannya dengan pasir yang mengandung mineral. Biasanya pasir yang digunakan yaitu tanah liat yang bersih atau membuat butiran dari batu bata yang disaring agar tidak ada tanah yang keras karena bisa merusak bulu. Mandi pasir bisa dilakukan di dalam keramba atau tempat lainnya agar burung bisa merasa nyaman ketika mandi. Selain itu, bisa menambahkan bird mineral ke dalam pasir yang digunakan untuk mandi agar proses pemulihan bisa lebih cepat.

Tentu saja terapi penyembuhan bagong mudah dilakukan dan jika para pembaca memiliki informasi lainnya bisa berbagi melalui komentar. Para pembaca juga bisa melayangkan pendapat atau saran dan kritik yang akan sangat bermanfaat bagi para pecinta burung mengenai cara memilih burung kacer serta informasi lainnya.

3 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Panduan Memilih Burung Kacer Gacor Untuk Bahan Lomba
2 Comments

2 Comments

  1. cucakijo jantan

    Juli 23, 2018 at 12:13 am

    Isian, durasi, dan gaya ketika burung kacer ketemu sama lawqn juga patut di pertimbangkan om, biasanya kicaumania doyan sama kacer yang mainnya anteng

  2. Zilong

    Juli 25, 2018 at 4:32 pm

    Memang rata” kacer gacor memiliki ciri fisik yang di sebutkan tapi kalo menurut saya yg penting burung itu gacor, tanpa melihat fisiknya hehe

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas