Ragam Jenis Lovebird Biola yang Perlu Kamu Ketahui

Gambar lovebird biola
Gambar lovebird biola sumber steemitimages.com

jenis lovebird biola yang perlu kamu ketahui – Para pembaca Burungpedia.com pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis lovebird yang satu ini. Lovebird biola dikenal sebagai salah satu jenis lovebird yang memiliki harga selangit, kisaran harganya bisa mencapai 11 – 28 juta rupiah. Memang bukan rekor harga tertinggi dalam dunia lovebird, namun harga tersebut sudah cukup mencengangkan bagi orang awam.

Lain halnya dengan para penghobi atau kolektor burung yang tidak pernah hitung-hitungan dalam merogoh kocek demi melengkapi koleksi lovebirdnya di rumah.

Untuk Anda yang ingin membeli ataupun menangkarkan lovebird, silahkan disimak terlebih dahulu ragam jenis lovebird biola yang sudah kami himpun berikut ini.

Jenis-Jenis Lovebird Biola yang Perlu Diketahui

Gambar lovebird biola
Gambar lovebird biola sumber steemitimages.com

Inilah beberapa lovebird biola yang ada di Indonesia, beberapa diantaranya sudah umum kita jumpai di pasaran, namun beberapa lagi keberadaanya masih langkah.

1. Lovebird biola biru

Gambar lovebird biola biru sumber burungnya

Lovebird biola biru atau blue opaline, sesuai namanya memiliki warna khas biru cerah dengan bagian kepalanya yang putih (sable head) hingga sebatas lehernya.

2. Lovebird biola parblue

Gambar Lovebird Biola Parblue (snap361.com)

Lovebird biola parblue merupakan hasil persilangan dari lovebird biola blue posible blue (yang merupakan hasil dari lovebird biola blue x lovebird biola parblue betina) yang berhasil dikawinkan dengan lovebird parblue pastel betina.

  Perhatikan Tanda-Tanda Ketika Lovebird Mau Kawin

Karena proses persilangannya cukup rumit, maka tidak banyak breeder yang berhasil mengembangkan jenis lovebird biola satu ini. Alhasil, keberadaannya pun masih tergolong langkah.

3. Lovebird biola green


 

Ini adalah lovebird biola standar atau lovebird green opaline. Cirinya adalah warna tubuh yang didominasi oleh warna hijau dan kepala merah atau orange terang. Pada sayapnya terdapat motif yang cantik seperti batik.

4. Lovebird biola lutino

Gambar lovebird Biola Lutino (dowmlink.info)

Warna khas dari lovebird lutino ini adalah kuning bersih dengan bagian ujung sayap berwarna keputihan. Sementara kepalanya berbentuk sable dan didominasi dengan warna orange. Warna orange ini turut memberi gradasi pada ujung ekor lovebird biola lutino.

5. Lovebird biola fallow


 

Jika Anda amati, sekilas jenis loevbird biola fallow ini mirip dengan lovebird lutino. Namun yang membedakan keduanya adalah warna orange pada bagian kepala burung ini lebih melebar ke arah dadanya. Warna kuning di tubuhnya juga tidak sebersih lutino, namun ada semburat hijau tipis yang menghiasi bulunya.

6. Lovebird biola merah

-Gambar Belum Tersedia-

Jenis lovebird biola ini juga termasuk yang paling langkah dan sangat jarang ditemui di Indonesia. Warna bulunya yang didominasi merah pekat membuat biola ini nampak unik, namun sayang masih sedikit referensi yang membahas tentang jenis lovebird yang satu ini.

  Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Lengkap

7. Lovebird biola fischery

Gambar lovebird Biola Fischeri

Jika Anda mencari cikal bakal lovebird biola, maka lovebird biola fischery inilah yang merupakan asal muasal dari semua jenis lovebird yang ada.

Karena warna hijaunya yang segar, maka lovebird ini sering dijuluki dengan lovebird sayur. Batas warna merah di lehernya nampak lebih jelas dan lebih tegas layaknya kepala elang (sable head).

8. Lovebird biola euwing

Gambar lovebird biola
Gambar lovebird biola sumber steemitimages.com

Kalau menurut pandangan kami, lovebird biola euwing ini merupakan jenis leovebird yang memiliki komposisi warna paling cantik dan atraktif. Lovebird biola euwing ini memiliki satu ciri yang mudah dikenali yaitu bentuk atau corak huruf V yang nampak pada punggungnya. Itulah asal muasal dari sebutan lovebird biola euwing.

Tentu Anda bertanya, mengapa lovebird biola memiliki banyak jenis? Jawabannya adalah karena hasil silangan dari indukan lovebird biola dengan jenis lovebird lainnya bisa menghasilkan beraneka ragam mutasi lovebird baru.

Untuk mendapatkan anakan lovebird biola, maka indukan jantan yang akan Anda kawinkan baiknya berasal dari jenis biola. Sedangkan untuk indukan betinanya, boleh diambilkan dari jenis lovebird lain yang memungkinkan untuk menghasilkan anakan lovebird biola.

Sementara itu, hasil dari mutasi lovebird biola (opaline) lebih banyak lagi. Setidaknya ada 25 jenis yang sudah ada dan tercatat oleh para penangkar lovebird. Berikut ini daftarnya. Lovebird green ino opaline, Lovebird green opaline, Lovebird green euwing SF edge opaline, Lovebird green euwing SF opaline, Lovebird green dominant edge opaline, Lovebird euwing SF dark turqoise oplaine, Lovebird slaty turqoise opaline, Lovebird edge euwing violet turqoise opaline, Lovebird turqoise opaline euwing, Lovebird turqoise violet opaline, Lovebird turqoise opaline, Lovebird turqoise violet DF opaline, Lovebird turqoise dark violet (SF) opaline, Lovebird turqoise dark opaline, Lovebird euwing SF violet opaline, Lovebirdeuwing DF violet opaline, Lovebird euwing DD violet oplaine, Lovebird euwing DD blue oplaine, Lovebird euwing D blue opaline, Lovebird DD blue opaline, Lovebird blue opaline, Lovebird slaty blue opaline, Lovebird SF violet D blue opaline, Lovebird D blue opaline, Lovebird blue violet opaline

  Tips Membangkitkan Birahi Lovebird Agar Tambah Gacor

Ket:

  • Turqoise: Parblue
  • DD blue: Mauve
  • Edge: Spangle
  • Ino green: Lutino
  • Ino blue: Albino
  • Ino turqoise: Creamino

Kesimpulan

gambar lovebird bagus

Jenis lovebird biola memang sangat beragam, meskipun beberapa lovebird biola memiliki warna bulu dan penampakannya yang sekilas sama, namun sebenarnya jenisnya berbeda.

Itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai ragam jenis lovebird biola yang perlu Anda ketahui. Tetap setia pantau burungpedia.com untuk mendapat info penting dan menarik lainnya seputar burung kicauan, salam lovebird lover.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.