Inilah cara Penilaian Burung Lovebird di Kontes Kecantikan

Penilaian lovebird di kontes kecantikan – Memenangkan kontes kecantikan burung bagi lovebird lover tentu menjadi kebanggaan tersendiri.

Tetapi sudah tahukah Anda apa saja yang dinilai dalam kontes kecantikan tersebut? Mari kita bedah satu-per satu agar para lovebird lover bisa mempersiapkan burung kesayangan menjadi raja / ratu kontes.

1. Bentuk Kepala Burung Lovebird

Beauty contest Lovebird
Beauty contest Lovebird (sumber mediahobby)

Bagian kepala biasanya menjadi sasaran pengamantan pertama dewan juri. Kriteria kepala lovebird yang cantik dan sempurna versi juri adalah sebagai berikut:

  • Ukuran kepalanya haruslah proposional alias seimbang dengan ukuran tubuhnya, namun ada beberapa kontes yang menyukai ukuran kepala yang lebih besar. Bentuk kepala sang burung juga baiknya bulat seperti koin dengan jenong (tonjolan) di dahinya.
  • Untuk lovebird kaca mata, tentunya yang dicari adalah yang memiliki ring mata yang tebal dan bersih.
  • Ujung paruhnya runcing, tidak terlalu mancung dan tidak terlalu pesek, dan panjangnya nampak seimbang dengan kepala.

2. Warna bulu

Warna Lovebird
Warna Lovebird (sumber omkicau)

Untuk warna, penilaian tentu didasarkan dengan warna yang sesuai dengan spesies lovebird itu sendiri. Contohnya, jika lovebird yang akan Anda ikutkan kontes kecantikan adalah tipe Fischery wild, maka carilah burung dengan warna dada yang full red.

Batas marking merah dan juga hijau kecoklatan pada jidatnya rata (tidak bergelfombang), disamping warnanya haruslah cerah dan mengkilat.

  Foto Hasil Kawin Silang Burung Parkit Dengan Lovebird

3. Sayap Burung Lovebird

Sayap pada lovebird yang dilombakan baiknya memiliki bulu yang sudah tumbuh sempurna atau sang burung tidak sedang dalam keadaan mabung. Pilih juga lovebird yang tidak menyilangkan sayapnya saat sang burung sedang bersantai.

4. Perhatikan Bentuk Dada

Penilaian lovebird dalam kontes kecantikan selanjutnya akan menyasar bagian dada sang burung. Jika tampak samping dada yang dimiliki lovebird kesayangan terlihat lebar dan membusung, maka sang burung berhak mendapat poin yang lebih tinggi. Ditambah lagi jika bagian rongga sayap atau ketiaknya tidak terbuka.

5. Punggung

Punggung lovebird yang lurus akan mendapat penilaian yang tinggi, sedangkan yang berpunuk, tentu akan mengurangi nilai serta keindahan lovebird itu sendiri.

6. Ukuran Tubuh

Nilai tinggi akan diberikan pada lovebird dengan ukuran tubuh yang lebih besar dan lebih tegap dibanding dengan lawan-lawannya. Namun tentu saja ukuran tubuh yang gagah ini bukanlah patokan untuk memenangkan kontes, karena nilai dari semua kriteria akan diakumulasikan.

7. Harmonisasi

Maksud harmonisasi dalam penilaian lovebird adalah penilaian secara keseluruhan baik itu dari kepala yang proposional, bulu sayap yang cantik, warna yang cerah, kebersihan, dan lain sebagainya.

  Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Lengkap

8. Aspek Kebersihan dan kerapian

Kebersihan serta kerapian lovebird tentu akan menjadi salah satu poin penilaian juri. Oleh sebab itu, saat akan mengikuti kontes kecantikan, pastikan sang burung telah bersih seluruhnya.

Perhatikan bulu-bulunya jangan sampai ada yang lepas atau tidak tertata dengan rapi. Begitu pula dengan kebersihan kaki dan kuku sang burung.

Periksa kebersihan di sela-sela jari, dan pastikan kukunya tidak ada yang copot. Begitu pula dengan lubang kloakanya, pastikan selalu bersih dan bebas dari sisa kotoran burung.

Sedangkan untuk paruhnya, Anda bisa membersihkan bagian ini dengan menggunakan baby oil agar tampilan paruhnya lebih mengkilat.

9. Tingkah laku lovebird

Gambar Lovebird
Gambar Lovebird (Peter Békési)

Tingkah laku biasanya akan mendapatkan poin kecil dalam penilaian lovebird, kendati demikian, Anda harus tetap melatih sang burung untuk memiliki attitute yang baik jika berhadapan dengan juri.

Yang tidak kalah penting adalah, bagaimana cara Anda mengatur emosi sang burung agar tetap tenang saat ditempatkan di area yang ramai seperti tempat kontes.

Meskipun poinnya kecil, tapi jika nilai dari tingkah laku lovebird sangat rendah, bisa-bisa sang burung kalah dalam kontes kecantikan tersebut.

9. Kondisi kesehatan

Burung Lovebird
Burung Lovebird

Lovebird yang diikutkan kontes kecantikan harus dalam kondisi fisik yang prima atau tidak sedang terganggu kesehatannya.

  Gambar Lovebird Barong Hasil Perkawinan Silang Antara LB Klep dan Non Klep

Juri tentu akan memberi poin yang tinggi pada lovebird yang nampak sehat, matanya bersinar, dan auranya gagah. Sedangkan tampilan lovebird yang loyo dan kurang bersemangat tentu akan membuat juri menyisihkannya dari daftar calon jawara.

Kesimpulan

Jika Anda hendak mengikutkan lovebird kesayangann dalam kontes kecantikan, maka poin-poin yang kami jelaskan di atas haruslah mendapat perhatian lebih dari Anda.

Juri akan mengamati lovebird secara teliti mulai dari ujung kepala hingga kakinya. Untuk itulah, Anda juga wajib merawat dan mempersiapkan lovebird secara detail. Jangan lupa pula untuk melatih lovebird bersikap manis di depan dewan juri, semakin baik tingkahnya, maka nilainya semakin tinggi.

Tentu akan sulit untuk mendapatkan nilai sempurna, tetapi keunggulan yang lain tentu akan menutupi nilai yang kurang. Namun akan lebih baik lagi jika lovebird mampu meraih poin tinggi dari setiap aspek yang diamati oleh juri.

Itu saja yang bisa kami bagikan seputar cara penilaian burung lovebird di kontes kecantikan, semoga bisa membantu Anda dalam mempersiapkan burung kesayangan meraih mahkota kejayaannya. Jika ada yang perlu ditambahkan, silahkan sampaikan pada kolom komentar agar referensi ini semakin bertambah.

4 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.