Gambar lovebird barong
Lovebird

Gambar Lovebird Barong Hasil Perkawinan Silang Antara LB Klep dan Non Klep

Lovebird barong merupakan nama / istilah yang di berikan untuk hasil peranakan lovebird klep dan non klep. anakan dari lovebird tersebut sering di sebut denganlovebird barong, adapun beberapa ciri yang dimiliki lovebird barong adalah bentuk klep di sekitar mata, warna dan juga lovebird barong dikenal sebagai burung yang tidak bisa memiliki anak.

Lovebird atau burung cinta merupakan salah satu burung yang sangat cantik. Burung ini termasuk ke dalam genus Agapornis. Disebut burung cinta bukan karena ada kata porn-nya, melainkan kata agape dari bahasa Yunani yang artinya cinta, sedangkan ornis artinya burung. Ukuran burung lovebird rata-rata kecil, sekitar 13 cm hingga 17 cm. Burung ini memiliki berat antara 40 gram sampai 60 gram. Burung ini memiliki bulu yang didominasi oleh warna hijau.

Gambar Lovebird Barong Hasil Perkawinan Silang Antara LB Klep dan Non Klep
Gambar Lovebird Barong Hasil Perkawinan Silang Antara LB Klep dan Non Klep

Grey Headed Lovebird asalnya adalah dari Madagaskar, sedangkan delapan spesies lainnya dari Afrika. Yang unik dari burung ini adalah sistem perkawinan yang monogami. Sehingga seolah terdapat ikatan saling cinta antar pasangan, walaupun mungkin mereka tidak mengenal ijab kabul maupun janji suci.

Burung lovebird memiliki 9 spesies. Di antaranya adalah

  • Black Masked Lovebird atau agapornis personata
  • Lilians Lovebird atau Agapornis Lilianae
  •  Fischers Lovebird atau Agapornis Fischeri
  •  Red Faced Lovebird atau Agapornis pullarius
  •  Black Cheeked Lovebird atau Agapornis nigrigenis
  •  Black Winged Lovebird atau Agapornis Taranta
  •  Peach faced Lovebird Agapornis Roseicollis
  •  Black Collared Lovebird atay Agapornis swindernianus
  •  Grey Headed Lovebird atau Agapornis canus.

Lovebird Barong Hasil Perkawinan Silang Antar Lovebird

Gambar lovebird barong

Gambar lovebird barong dengan kaca mata tipis

Lovebird barong atau hibrid adalah lovebird hasil perkawinan silang lovebird yang klep dengan yang bukan klep. Para penggemar burung di Indonesia telah banyak melakukan perkawinan silang antar lovebird. Perkawinan silang antar lovebird ini memiliki tujuan untuk menghasilkan keturunan lovebird baru dengan warna unik dan menarik. Oleh karena itu, saat ini telah banyak lovebird dengan warna-warna yang baru hasil dari perkawinan silang tersebut. Kombinasi warna baru yang cantik hasil dari perkawinan silang dapat dijual dengan harga yang sangat mahal.

Gambar lovebird klep

Gambar lovebird klep dengan kacamata putih yang terlihat jelas dan tebal

Gambar lovebird non klep

Gambar lovebird non klep

Di antara perkawinan silang yang menghasilkan keturunan cantik adalah perkawinan antara Agapornis Fischeri atau lovebird klep dengan Agapornis Roseicollis atau lovebird non klep. Lovebird klep memiliki ukuran tubuh 14 cm.

Bulunya didominasi warna hijau, dengan warna jingga di bagian kepala dan tubuh atas, paruh berwarna merah, pantat biru, dan memiliki kacamata berwarna putih. Sedangkan  lovebird non klep ukuran tubuhnya 15 cm, dengan warna bulu hijau, muka merah, paruh berwarna gading, pantat dan punggung bagian bawah berwarna biru.

Lovebird klep mempunyai kromosom sebanyak 62, sedangkan kromosom yang dimiliki lovebird non klep adalah sejumlah 64. Hasil perkawinan silang ini  lah yang menjadi lovebird bernama Barong dengan jumlah kromosom 63.

Lovebird barong merupakan salah satu hasil perkawinan antar lovebird yang sukses. Hasil perkawinan ini menghasilkan lovebird barong yang sangat indah, unik dan menarik. Keindahan lovebird barong ini menjadikannya dapat dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Lovebird Barong?

Gambar lovebird barong atau hybird

Gambar lovebird barong atau hybird

Lovebird barong memiliki ciri khas yang unik pada kacamatanya. Lovebird klep memiliki kacamata yang lebih tebal daripada lovebird barong. Keunggulan lovebird barong dibandingkan dengan lovebird yang lainnya adalah kicauannya yang lebih sering. Lovebird barong akan lebih banyak berkicau lagi jika dipancing oleh kicauan lovebird yang lain. Akan tetapi dari durasi saya ngekek saya rasa lovebird barong masih kalah dengan lovebird non klep hanya saja pada umumnya lovebird barong rata-rata lebih cerewet.

Kekurangan dari hasil perkawinan silang ini adalah bahwa lovebird barong 99 persen tidak dapat berketurunan atau mandul. Kromosom dengan jumlah ganjil yang terdapat pada lovebird. Walaupun demikian, lovebird barong masih dapat dihasilkan dengan memperkawin silangkan lagi lovebird klep dengan non klep.

15 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Gambar Lovebird Barong Hasil Perkawinan Silang Antara LB Klep dan Non Klep
4 Comments

4 Comments

  1. Dwi

    Maret 4, 2018 at 10:38 am

    Say dulu pernah punya, tapi ya itu Durasi ngekeknya agak kurang

  2. Black murai

    April 30, 2018 at 9:32 am

    kalo setau saya baca-baca informasi dari internet, lovebird barong pada umumnya mandul alias ga bisa punya keturunan, iya sih luayan cerewet akan tetapi kalo ngomongin durasi ngekeknya saya rasa burung ini agak kalah jauh sama lovebird kacamata. paling durasi ngekek nya kurang dari 5 detik (menurut pengalaman pribadi) tapi ada juga yang durasi ngekeknya panjang, tapi ya itu tadi saya bilang rata-rata ngekeknya durasi pendek

    • Nano

      Agustus 3, 2018 at 11:44 am

      Cuma orang iseng doang keknya yang mengawinkan lb klep dan non klpe

  3. D

    Oktober 13, 2018 at 10:24 am

    Lovebird barong ga terlalu laku di pasaran

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas