Cucak rowo
Cucak rowo

Ciri Burung Cucak Rowo Jantan dan Betina Mulai dari Fisik, Kicauan dan Perilaku

Burung Cucak Rowo jantan dan betina memang cukup sulit dibedakan, terutama oleh Anda yang baru pertama kali memelihara unggas tersebut. Sebab, jika dilihat dari segi fisik tidak begitu tampak perbedaannya.

Dari semua burung pengicau, Cucak Rowo termasuk yang paling populer, baik di kalangan penggemar burung maupun orang biasa. Burung yang berasal dari suku Pycnonotidae ini juga dikenal sebagai Cucakrawa, Cangkurawah (Sunda) serta Barau-barau (Melayu). Dalam Bahasa Inggris sendiri disebut Straw-headed Bulbul, sesuai dengan warna kepalanya yang kuning pucat.

Burung bernama latin Pycnonotus zeylanicus tersebut tersebar di sepanjang Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Perbedaan kondisi cuaca, keberagaman vegetasi, ketinggian permukaan laut dan tingkat kesuburan tanah mempengaruhi keadaan fisiknya, termasuk bulu dan kualitas suara. Secara umum, panjang tubuhnya sekitar 28 cm, memiliki mahkota dan penutup telinga yang bernuansa jingga atau kuning jerami, bagian punggung coklat zaitun dengan goresan putih dan sayap serta ekor berwarna hijau atau hijau coklat-zaitun.

Gambar burung cucak rowo

Gambar burung cucak rowo

Tapi, antara Cucakrawa jantan dan betina terdapat beberapa perbedaan, meski untuk mengetahuinya cukup sulit. Sebab, ia termasuk jenis burung monomorfik, yakni tidak mempunyai perbedaan yang terlihat secara fisik. Sehingga, sangat rawan terjadi kekeliruan dalam membandingkannya. Supaya tidak salah, perhatikan karakteristik masing-masing dari mereka berikut ini:

Burung Cucak Rowo Jantan

burung cucak rowo

burung cucak rowo

Fisik:

  • Umumnya memiliki postur tubuh yang lebih besar.
  • Kepalanya bulat, besar dan tegak. Bila sudah dewasa, belahan bulu di bagian kepala pejantan akan terlihat.
  • Terdapat corak hitam di sekitar matanya.
  • Paruh tebal dan membengkok.
  • Warna bulu lebih pekat atau tegas.
  • Bagian sayap dan punggung berwarna coklat keabu-abuan dengan aksen putih.
  • Bulu ekor lebih panjang.
  • Sipit udang lebih keras dan rapat.

Kicauan:

Suara pejantan umumnya bernada tinggi, keras dan melengking. Ia mempunyai variasi gacor yang bagus. Ketika berkicau bersama, pasangannya lah yang akan memimpin.

Perilaku:

Kepala Cucak Rawa jantan yang mendongak ke atas menandakan bahwa ia pemberani. Gerakannnya seperti hendak menyerang, tubuhnya terangkat ke atas dan ekornya mengarah ke bawah ketika bertemu sesama jenis. Meski lebih agresif saat bertarung, tapi jika melihat lawan jenis ia akan tampak atraktif merayu.

Burung Cucak Rowo Betina

Gambar cucak rowo

Gambar cucak rowo sumber : Lawrence Neo

Fisik:

  • Mempunyai ukuran tubuh yang kecil.
  • Kepala datar dan tidak tampak belahan bulu.
  • Garis hitam di sekeliling matanya terlihat samar-samar.
  • Paruh tipis dan tidak terlalu bengkok.
  • Warna bulu lebih pucat.
  • Bagian punggung dan sayap bernuansa coklat keabu-abuan, tapi tanpa goresan putih.
  • Bulu ekor pendek, namun lebih mengembang.
  • Supit udang lebih lembek dan renggang.

Kicauan:

Suara Cucak Rowo betina terdengar besar dan dalam. Tapi, variasinya kurang atau dapat dibilang monoton. Ia sering bersahut-sahutan dengan kicauan sang jantan dan ketika bernyanyi bersama, pasangan hanya akan mengikuti iramanya.

Perilaku:

Pergerakan si betina tidak se-agresif pejantan. Saat berjumpa dengan lawan jenis ia akan bertingkah, seperti mengembangkan sayap, menggerak-gerakkan lidah dan membuka paruh layaknya anakan burung yang minta disuapi. Selain itu, suaranya lembut, kepalanya sering menunduk dan ekornya terangkat ke atas, tapi badannya direndahkan.

Kesimpulan

Jadi, pada dasarnya untuk membedakan Cucak Rowo jantan dan betina, Anda bisa mengamati tiga hal, yaitu ciri-ciri fisik, kicauan serta perilaku. Apabila tertarik dengan Pycnonotus zeylanicus yang bentuk fisiknya unik dan kicauannya lebih variatif, Anda bisa memilih pejantan. Namun, jika ingin memelihara Cucak Rowo yang lebih jinak, pertimbangkanlah si betina.

Demikianl informasi mengenai karakteristik burung Cangkurawah. Semoga bisa membantu Anda membedakan ciri burung Cucak Rowo jantan dan betina sebelum membelinya.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Ciri Burung Cucak Rowo Jantan dan Betina Mulai dari Fisik, Kicauan dan Perilaku
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas