Burung cucak rowo ropel
Uncategorized

Panduan Memilih Cucak Rowo Bakalan Yang Bagus Lengkap

Pada saat memilih burung cucak rowo tentu saja untuk mencari yang berpotensi memiliki suara berkualitas atau roppel sebagai ciri khas burung yang memiliki tubuh dengan garis-garis putih ini.

Burung jenis kelamin jantan ataupun betina sama-sama memiliki potensi untuk berkicau dengan merdu dan panjang. Tentu saja sepasang burung cucak rowo bisa saling bersahutan mengeluarkan kicauannya dalam satu sangkar.

Cucak rowo betina juga bisa mengeluarkan kicauan roppel yang merdu dan enak didengarkan serta mampu bersuara dalam tempo yang cukup lama.

Tentu saja indukan  bisa menjadi masteran yang baik bagi anakan sejak usia dini sehingga akan terlatih sejak lahir. Namun stamina indukan yang berjenis kelamin betina kurang mumpuni sehingga ketika berkicau panjang akan cepat lelah dan memerlukan waktu lama untuk bisa mengeluarkan suara lagi.

Burung cucak rowo ropel

Burung cucak rowo ropel

Untuk cucak rowo jantan memang tidak terlalu panjang ketika berkicau, namun lebih cepat dalam mengeluarkan suara. Jantan akan sering berkicau ketika sedang birahi dan tentunya untuk menggoda cucak rowo betina sehingga lebih bersemangat untuk selalu mengeluarkan suara.

Hal ini karena saat birahi juga memiliki stamina yang kuat sehingga bisa lebih sering berkicau. Jika jantan berada dalam satu sangkar dengan betina, maka sang jantan akan lebih ngotot untuk menunjukkan kemampuannya dalam bersuara sehingga bisa berkicau terus menerus.

Gambar cucak rowo

Gambar cucak rowo

Pada dasarnya, hal yang menentukan cucak rowo bisa menghasilkan suara roppel tergantung dari bakat atau potensi serta perawatan harian. Kalau ditanya mana yang lebih penting, maka jawabannya adalah keduanya sangatlah penting.

Karena cucak rowo yang berbakat bisa mengeluarkan potensinya secara maksimal jika diimbangi dengan perawatan harian yang baik. Dua hal tersebut tidak bisa dipisahkan dan perbandingannya adalah 50:50 sehingga kedua hal tersebut harus berjalan dengan seimbang.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencari cucak rowo yang memiliki bakat sebagai burung pengicau berkualitas. Kebanyakan burung ini berasal dari pulau Sumatera, diantaranya Aceh, Lampung, Jambi dan Medan.

Namun ada pula yang berasal dari pulau Kalimantan dan setiap burung cucak rowo memiliki karakter masing-masing berdasarkan daerah asalnya.

Para kicau mania perlu memiliki pengetahuan mengenai karakter masing-masing burung berdasarkan asalnya agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ketika akan memilihburungcucak rowo.

Untuk cucak rowo yang berasal dari pulau Sumatera memang lebih berpotensi dibandingkan dari pulau Kalimantan. Karakter burung yang berasal dari daerah Aceh dan Medan memiliki suara yang keras dan didukung dengan speed yang baik. Sedangkan yang berasal dari daerah Lampung memang identik dengan kecepatan suara yang tertata rapi, namun kicauannya tidak terlalu keras atau kurang nyaring.

Cucak rowo

Cucak rowo

Selain itu, perlu mengetahui karakter burung yang berasal dari hasil tangkapan hutan atau penangkaran dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Untuk cucak rowo yang berasal dari tangkapan liar biasanya memiliki suara asli hutan sehingga potensinya lebih besar untuk menghasilkan kicauan roppel.

Namun karakter burung liar memang agak susah menyesuaikan diri sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi.

Sedangkan burung hasil dari penangkaran memang mudah akrab dengan manusia sehingga kondisi mentalnya lebih baik. Namun cucak rowo hasil penangkaran masih netral dengan jenis-jenis kicauan sehingga perlu ditekankan pada pemasteran beberapa burung. Proses pemasteran perlu dilakukan dengan baik dengan menghadirkan burung master yang memiliki suara berkualitas.

Gambar cucak rowo muda hutan

Gambar cucak rowo muda hutan (sumber gambar)

Selanjutnya perlu memiliki pengetahuan mengenai karakter cucak rowo berdasarkan bentuk fisiknya agar bisa mendeteksi burung prospek.

Tentu saja karakter burung prospek bisa dikenali dari bentuk kepala sampai ekor dengan beberapa ciri-ciri fisik yang terlihat.

Hal pertama yang mudah diidentifikasi yaitu warna bulunya yang mengkilap serta memiliki garis-garis putih yang tertata rapi di sekujur tubuhnya. Tentu saja burung tersebut memiliki fisik yang sehat dan stamina yang kuat.

Bagian leher memiliki ukuran yang besar atau mengembang sebagai tanda bahwa burung mampu mengeluarkan suara yang keras dan speed tinggi.

Bentuk paruh yang tipis memang lebih crewet sehingga sering mengeluarkan kicauan dan suaranya juga sangat merdu. Tentu saja dalam mengidentifikasi bentuk paruh memang sangat penting untuk menentukan kualitas burung yang berpotensi menjadi juara.

Ukuran lubang hidungnya tidak terlalu lebar serta banyak bulu yang melindungi hidung sehingga selalu mendapatkan udara yang bersih ketika bernafas.

Hal ini membuat kondisi paru-paru tetap terjaga kesehatannya dan bisa mengeluarkan kicauan yang merdu dalam tempo yang cukup lama.

Kondisi tersebut bisa terlihat pada bentuk dadanya yang bidang dengan struktur punggung yang agak bengkok atau melengkung.

Panduan Memilih Cendet Bakalan Yang Bagus Lengkap

Ciri lainnya yaitu memiliki bentuk kepala yang besar dan bulat dengan bola mata yang agak menonjol atau melotot. Sedangkan bentuk dahinya agak ke depan sampai kepada lubang hidung sebagai tanda bahwa burung memiliki mental yang kuat dan proaktif. Ciri fisik lainya yaitu pada bola matanya yang memiliki alis bagian bawah berwarna kuning emas yang besar dan berkilau.

Tentu saja hal-hal tersebut memang bisa dijadikan pedoman ketika memilihburungcucakrowo agar bisa mendapatkan bakalan prospek yang memiliki potensi besar untuk juara. Bagi para kicau mania yang memiliki tips mengenai burung cucak rowo bisa membagikan informasinya pada kolom komentar. Selain itu, jika ada saran, kritik serta keluhan bisa dilayangkan pada form komentar yang tersedia.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Panduan Memilih Cucak Rowo Bakalan Yang Bagus Lengkap
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas