Gambar cucak ijo gacor
Cucak ijo

Panduan Memilih Cucak Ijo Bakalan Yang Prospek

Proses dalam memilih burung cucak ijo menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi para kicau mania ketika ingin menambah koleksi burung yang berwarna hijau ini.

Bentuk dan postur tubuh cucak ijo memang bervariasi berdasarkan asal usulnya dan sebagian besar berasal dari Banyuwangi, Kalimantan dan Sumatera. Daerah asal tidak begitu berpengaruh pada kualitas burung ini karena hal yang terpenting yaitu kondisi fisik serta mental yang akan membuat cucak ijo prospek bisa menjadi juara.

Hal pertama yang perlu dilihat para pecinta burung yaitu mengukur panjang dan lebar postur tubuhnya. Apabila ukuran tubuhnya proporsional, maka bisa dipertimbangkan.

Gambar cucak ijo gacor

Gambar cucak ijo gacor

Hal ini berdasarkan pengalaman sebagian besar para master bahwa anatomi antara kepala, leher, badan, sayap dan kaki yang seimbang merupakan ciri fisik cucak ijo yang berkualitas dan bisa dimasukkan dalam menu pembelian.

Namun faktor utamanya lebih menitikberatkan pada postur tubuh yang agak panjang karena diidentifikasi memiliki stamina yang tinggi. Karena burung yang gacor harus didukung fisik yang kuat untuk mengeluarkan tenaga yang sangat besar ketika ngekek panjang.

Selain itu, juga didukung dengan bentuk dada yang lebar sebagai bukti bahwa kondisi paru-parunya sangat baik dalam pernapasan sehingga bisa mengeluarkan suara yang nyaring.

Gambar cucak ijo

Gambar cucak ijo

Bentuk punggung juga terlihat melengkung sebagai pertanda bahwa cucak ijo tidak cepat lelah dan bisa mengatur ritme pernapasan dengan teratur. Tentu saja suara yang dihasilkan bisa melengking dan mampu bertahan dalam tempo yang cukup lama. Cucak ijo yang memiliki kelengkapan postur tubuh yang panjang dengan dada lebar serta punggung melengkung lebih cepat jadi jika diberikan perawatan yang baik serta berpotensi menjadi juara.

Burung cucak ijo

Burung cucak ijo

Cucak ijo prospek juga memiliki bentuk mata yang melotot karena punya mental kuat serta kepercayaan diri yang tinggi sehingga tidak minder di lapangan. Tatapan mata juga tajam dan tidak gentar dengan lingkungan sekelilingnya. Hal ini menjadi salah satu ciri sebagai petarung yang tangguh. Mental yang tinggi merupakan sarana pendukung utama untuk menjadi juara bagi cucak ijo ketika disandingkan dengan burung lainnya di arena lomba.

Ciri lainnya yang tidak kalah penting yaitu memiliki paruh yang besar dan juga tebal sehingga mampu mengeluarkan kicauan yang bagus. Bentuk paruhnya juga lurus sehingga kualitas suara bisa nembak dan keras. Sedangkan paruh yang bengkok suaranya terkesan ngebas dan kurang enak didengarkan sehingga perlu dihindari.

Bentuk paruh menjadi bagian penting ketika memilih burung cucak ijo dan paruh yang baik memiliki lubang hidung yang dekat dengan mata. Sedangkan warna paruh yang baik yaitu hitam pekat sesuai dengan warna matanya dan serasi dengan warna topeng yang menutupi bagian mata sampai leher depan.

Gambar cucak ijo hutan

Gambar cucak ijo hutan (sumber gambar)

Bagian lainnya yang perlu diperhatikan yaitu memilih bulunya yang memiliki warna hijau terang dan mengkilap serta tidak rontok. Kondisi bulu juga kering jika disentuh dan tidak kusam sebagai pertanda bahwa fisiknya sehat serta tidak memiliki penyakit. Tampilan warna bulu cucak ijo memang tidak selalu sama karena pengaruh dari daerah asalnya sehingga perlu lebih fokus pada kualitas bulu yang baik dan tidak rontok.

Sedangkan ciri lain cucak ijo berkualitas yaitu struktur sayapnya mengepit dengan kondisi ditutupi bulu dengan rapat. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi kesehatan burung senantiasa terjaga dengan baik karena bagian sayap bisa aktif dan penuh semangat serta mampu bergerak sempurna. Cucak ijo yang sehat memiliki daya tangkap lebih cepat sehingga jika dihadapkan burung masteran yang bersuara indah, maka bisa menirukannya dalam waktu singkat.

Untuk mengetahui tingkat kesehatan burung bisa melihat dari bentuk kotorannya. Apabila kotoran yang dihasilkan berbentuk padat, maka bisa disimpulkan bahwa kesehatannya sangat baik. Hal ini juga bisa dilihat dari tingkah lakunya yang lincah dan memiliki nafsu makan yang besar sebagai indikasi bahwa kondisi kesehatannya cukup baik.

Sedangkan tingkat stress yang baik bisa terlihat dari tingkah lakunya yang sering menggerakkan ekor ketika berkicau dan merasa nyaman serta tidak gusar. Kondisi stress yang baik akan membuat cucak ijo mampu mengeluarkan kicauan yang keras dan enak didengarkan. Selain itu, mampu mengatur ritme pernapasan dan tidak tersengal-sengal sehingga suara yang dihasilkan memiliki speed yang rapat.

Meskipun sudah mendapatkan cucak ijo berkualitas, namun masih tergantung dari proses polesan dan perawatan yang dilakukan. Jika membeli burung yang sudah jadi, sebaiknya perlu menanyakan perawatan harian yang dilakukan penjual. Hal ini agar bisa menerapkan perawatan sendiri sehingga burung bisa mendapatkan sentuhan yang biasa dan sesuai dengan karakternya. Namun jika membeli dari penangkap burung, maka harus terus memantau perkembangan fisik dan mentalnya agar mengetahui karakter aslinya sehingga bisa memberikan perawatan yang sesuai.

Panduan Memilih Murai Batu Bakalan Lengkap

Tentu saja proses perawatan harian akan menentukan masa depan burung sehingga bisa menjadi juara ataupun ngembos. Karena itulah meskipun bisa memilih burung cucakijo prospek, namun masih ada lagi pekerjaan besar yang menanti untuk memberikan perawatan dan kenyamanan agar potensi burung bisa berkembang secara maksimal.

Setiap pecinta burung memiliki teknik dan strategi yang berbeda ketika memilih, merawat hingga berhasil mengorbitkannya menjadi juara. Karena itulah, bagi para pembaca yang memiliki saran dan kritik ataupun keluhan serta info atau tips yang bisa dibagikan. Jangan sungkan-sungkan untuk menuliskannya pada kolom komentar agar bisa tercipta interaksi yang baik antar kicau mania.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Panduan Memilih Cucak Ijo Bakalan Yang Prospek
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas