gambar burung cendet jantan
Cendet

Ciri Burung Cendet Jantan dan Betina lengkap

Cendet jantan dan betina – Burung pentet adalah salah satu jenis burung kicau yang mampu berkicau indah dan bervariasi. Burung pentet ini seringkali dikenal dengan sebutan burung cendet. Burung ini cenderung lebih galak dan bersifat teritorial.

Karena lebih galak, maka kalian harus berhati – hati saat ingin memegangnya. Bisa – bisa tangan kalian akan dipatuk. ANtara burung jantan dan betina kami rasa cukup susah untuk di bedakan, cendet jantan dan betina memiliki warna yang hampir sama dan juga keduanya sama sama bisa berkicau dengan suara yang lantang dan isian yang bagus.

Akan tetapi kali ini admin burung pedia akan mencoba untuk mengulas lebih jauh mengenai perbedaan burung cendet jantan dan betina. jadi baca terus artikel dari burung pedia.

Ciri Burung Pentet Jantan

gambar burung cendet jantan

gambar burung cendet jantan (sumber : http://dhiauliman.blogspot.com/)

Ada beberapa ciri fisik yang bisa dideteksi dan diamati dari burung pentet jantan.

  • Memiliki bentuk kepala yang terlihat lebih ceper atau datar
  • Memiliki bulu berwarna hitam di bagian pipi dan warna hitamnya jauh lebih mencolok dibandingkan cendet betina
  • Saat masih piyik, pendet jantan mempunyai warna hitam di bagian ekor
  • Bagian supit pendet jantan, biasanya bentuknya lebih kecil dan panjang dengan motif garis pada bulunya yang tak beraturan.
  • Untuk bagian ekor, pendet jantan juga memiliki warna hitam yang lebih mencolok dan lugas
  • Memiliki paruh yang melengkuh ke bagian bawah dan paruh bawah lebih lurus
  • Untuk masalah perilaku, burung pendet jantan jauh lebih agresif, rakus, dan berdiri lebih tegap dan gagah.

Download 7 Suara Burung Cendet Pilihan Isian Mantap

Ciri Burung Pentet Betina

Setelah Anda mengetahui ciri burung pentet jantan, inilah beberapa ciri burung pentet jantan dan betina.

  • Rata-rata mempunyai bulu berwarna hitam terlihat kurang lugas, semu, dan tak mencolok
  • Memiliki bentuk kepala pendet betina lebih menggelembung atau bulat
  • Saat masih piyik, warna hitam pada bagian ekor terlihat kurang jelas dan semu.
  • Untuk bagian supit, pendet betina mempunyai bentuk yang jauh lebih besar dan motifnya lebih teratur menyerupai bentuk bunga
  • Bagian ekor pendet betina mempunyai warna hitam lebih semu dan lugas
  • Mempunyai paruh yang lebih tipis dibandingkan dengan pentet jantan

Itulah beberapa ciri burung pentet jantan dan betina yang bisa Anda amati saat membeli atau ingin memelihara burung pentet di rumah.

Kesimpulan

Untuk mengetahui ciri burung pentet betina dan jantan, Anda harus melihat beberapa ciri burung pentet diatas. Secara umum untuk mengetahui jenis kelamin burung pentet itu, maka Anda harus melihat bagian paruh, ekor, dan warna burung pentet itu. Saat Anda sudah mengetahui bentuk dan ciri fisiknya, maka Anda bisa menentukan jenis kelamin burung pentet itu. Mengamati ciri non fisik juga bisa dilakukan untuk menentukan jenis kelamin burung pentet. Jika burung pentet lebih agresif biasanya berjenis kelamin jantan.

Bila Anda ingin memelihara burung pentet dari piyik, maka sifat galak dari burung pentet akan hilang sendiri. Bahkan terkadang burung pentet itu akan terlihat lenjeh saat besar nanti. Walaupun burung ini galak, tetapi kicauan burung pentet begitu memukau. Burung ini mampu melengking tajam dan bernyanyi merdu dengan nada – nada manis nan harmonis. Panjang bagian tubuh burung pentet ini berkisar 20 – 25 cm dengan adanya ciri ujung paruh yang khas yaitu saling mengait.

Cara membedakan Burung Ciblek Gunung Jantan dan Betina

Untuk membedakan jenis kelamin burung pentet bagi pemula agak sedikit sulit. Tetapi bagi senior semuanya akan terasa mudah untuk membedakan jenis kelamin burung pentet dari kicauan dan suaranya.

Itulah tadi beberapa ciri burung pentet jantan dan betinayang bisa digunakan sebagai dasar dan panduan untuk memberikan jenis kelamin pada burung pentet itu sendiri. Ilmu ini akan sangat bermanfaat untuk Anda yang suka dengan burung pentet.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Ciri Burung Cendet Jantan dan Betina lengkap
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas