Ciblek

Tips Lengkap Memilih Ciblek Gunung Gacor di pasar Burung

Pintar memilih ciblek gunung ombyokan bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengorbitkan burung liar ini menjadi juara. Namun langkah pertama tentunya harus bisa menentukan pilihan pada burung yang berbakat dan para kicau mania harus mengetahui ciri-cirinya.

Memang banyak sekali jenis burung ini yang bisa mudah ditemukan di alam liar dan bisa menjadi sensasi tersendiri bagi para kicau mania yang suka merawat burung liar agar memiliki suara nembak dan bernilai tinggi.

Jika tidak ingin capek pergi ke hutan sendiri, maka bisa membeli bakalan ciblek ombyokan yang tersedia di pasar burung. Memilih kawanan burung liar prospek yang terdapat pada ombyokan memang tidak begitu sulit jika mengetahui triknya.

Panduan Memilih Burung Ciblek Gunung Bakalan

Meskipun terdapat puluhan burung yang sejenis, namun metode katuranggan dan melihat mendengar suaranya secara langsung tetap menjadi cara terbaik untuk menentukan burung yang berkualitas. Hal ini bisa dilihat dari tampilan fisiknya dari bentuk paruh sampai ekor yang identik dengan ciblek berbakat.

Gambar ciblek gunung dewasa

Gambar ciblek gunung dewasa

Pilih Burung Cigun Jantan

Tentu saja hal utama yang harus dilakukan yaitu menentukan ciblek jantan terlebih dahulu karena lebih potensial dibandingkan dengan betina. Memang tidak sulit untuk menentukan jenis kelamin burung ini karena bisa dilihat dari warna paruh bagian bawahnya.

Untuk ciblek jantan memiliki paruh bawah berwarna hitam, sedangkan betina mempunyai paruh bawah dengan warna putih. Hal ini bisa dilakukan oleh semua orang dan bahkan para pemula juga membedakannya dengan mudah.

Lihat Bentuk Ekornya

Untuk melakukan pemilihan ciblek yang berbakat bisa dilihat dari bentuk ekornya. Jika terdapat salah satu ciblek yang memiliki ekor lebih panjang dari segerombolan burung liar ini, maka bisa segera menandainya untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Untuk ukuran panjang ekor ciblek memang tidak bisa ditentukan dengan jelas, namun yang paling penting untuk memilih burung yang memiliki ekor paling panjang diantara puluhan burung lainnya yang terdapat dalam ombyokan.

Gambar burung ciblek gunung

Gambar burung ciblek gunung (sumber : ganangpriyat)

Tentu saja ekor yang panjang juga akan memiliki bentuk kepala yang besar dan panjang sehingga tekstur tubuh proporsional. Hal ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan karena postur tubuhnya pasti lebih menonjol diantara burung lainnya.

Perhatikan Bentuk Kepalanya

Ciri-ciri fisik tersebut tentunya belum cukup untuk dijadikan pedoman dan bisa melanjutkan penelitian dengan melihat ketebalan paruhnya. Paruh ciblek berbakat memiliki bentuk dan ukuran yang tebal dan perbedaan ini bisa terlihat jelas jika dibandingkan dengan burung lainnya.

Tahap selanjutnya dalam memilih ciblek gunung yaitu dengan melihat kondisi matanya yang selalu melotot tajam ketika memandang lingkungan sekitar. Mata yang selalu melotot menandakan sebagai burung pemberani dan tentunya memiliki mental yang kuat untuk bertarung di segala ajang. Tipe burung seperti ini juga tidak akan mudah minder jika bertanding di lapangan dan tentunya bisa berkicau di setiap suasana.

Ciri lainya bisa dilihat dari bentuk lehernya yang lebih panjang dibandingkan burung lain yang ada dalam satu ombyokan. Leher panjang memang memiliki kelebihan dalam mengeluarkan kicauan karena terdapat kantung suara yang berlebih sehingga bisa mengeluarkan suara yang keras dengan durasi yang lama. Bentuk leher yang panjang juga sangat berguna untuk sirkulasi darah dan oksigen agar berjalan lancar sehingga memiliki stamina yang kuat.

Download suara ciblek gunung disni

Tentu saja hanya burung dengan stamina tinggi yang mampu bersuara dengan keras dan juga lama karena membutuhkan renaga yang sangat besar. Kantung suara akan menyuplai oksegen berlebih saat berkicau sehingga tidak akan kekurangan udara. Ketika burung sedang berkicau, maka potensi untuk mengambil napas memang sulit dan kantung suara akan membantunya memberikan oksigen dari dalam.

Memilih Ciblek Gunung Muda

Gambar ciblek gunung muda

Gambar ciblek gunung muda (sumber  pecinta_love_bird)

Langkah selanjutnya untuk memilih ciblek yang masih muda dan bisa dilihat dari bola mata serta bagian paruhnya. Ciblek muda memiliki bola mata yang berwarna kuning cerah. Selain itu, warna paruh bagian bawah juga masih terdapat bintik putih dan tidak semuanya hitam.

Kondisi kaki juga masih terlihat halus karena kondisi tulang masih lembut. Ciblek muda memang lebih mudah untuk dilatih karena suaranya masih alami dan lebih cepat menirukan suara dari burung masteran sehingga bisa bervariasi.

Hal lainnya yang bisa membuat ciblek juara yaitu memiliki mental yang bagus dan bisa dilihat dari tingkah lakunya selama dalam ombyokan. Burung dengan metal petarung memang lebih agresif untuk selalu bergerak dan seolah-olah ingin mendominasi burung lainnya.

Selain itu, akan selalu melawan jika merasa terganggu burung lain dan berani mengajaknya bertarung. Tentu saja tipe burung seperti ini memiliki mental petarung sejati dan tidak akan pernah minder di segala suasana.

Kondisi burung juga terlihat mulai ngeriwik atau mengeluarkan suara untuk berkicau, meskipun kecil dan sebagai pertanda bahwa burung memang memiliki bakat untuk gacor.

Hal yang paling penting yaitu meneliti kondisi fisiknya dari ujung kepala sampai ekor untuk mendeteksi adanya cacat fisik. Jika terdapat cacat fisik pada burung tersebut, sebaiknya tinggalkan saja dan memilihciblekgunung lainnya yang kondisinya lebih baik.

Tentunya setiap pecinta burung memiliki pengalaman sendiri mengenai suka duka ketika merawat ciblek gunung dan bisa berbagi tips pada kolom komentar. Selain itu, bagi pembaca yang memiliki saran dan kritik, jangan segan-segan untuk melayangkan komentarnya demi perkembangan dunia hobi burung.

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Tips Lengkap Memilih Ciblek Gunung Gacor di pasar Burung
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas