Cara menggemukkan Burung Kenari yang Terlalu Kurus

Cara menggemukkan burung kenari yang terlalu kurus – Halo pengunjung setia Burungpedia Selamat datang kembali di Burungpedia.com. Situs terbaik yang hadir untuk memberi informasi seputar burung, perawatan, hingga sejumlah tips menarik lainnnya.

Kali ini kita akan berbicara tentang burung kenari, khususnya burung kenari yang mengalami masalah kurang gizi alias kurus.

cara menggemukkan kenari
Cara menggemukkan kenari – sumber: jalaksuren.net

Kalau melihat dari faktor-faktor penyebabnya, bisa dikatakan body kenari menjadi kurus karena berbagai hal, diantaranya: kurangnya pasokan nutrisi serta vitamin yang diberikan, terinveksi cacing yang masuk ke dalam saluran cernanya, sehingga menghisap sari makanan yang seharusnya diserap oleh tubuh kenari.

Atau bisa jadi, kenari milik Anda termasuk kenari yang ogah-ogahan bergerak, akibatnya otot-otot tubuhnya mengkerut dan tidak bisa berkembang.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, silahkan disimak sejumlah tips berikut ini.

Cara Menggemukkan Burung Kenari yang Terlalu Kurus

Seperti yang kami sampaikan di atas, ada tiga faktor utama yang menyebabkan burung kenari menjadi kurus, nah, di sini akan dibahas secara tuntas beserta dengan solusinya.

  Cara Menggacorkan Burung Kenari Rawatan Lama
penampakan kenari dada nyilet
Penampakan kenari dada nyilet -sumber: smartmastering.com

1. Untuk kenari yang kurang asupan gizi

Coba perhatikan, bagaimana asupan nutrisi yang Anda berikan pada burung kenari. Sudahkah mencukupi kebutuhan hariannya?

Atau malah Anda terlalu menghemat dalam memberikan pakan sehingga burung kenari milik Anda bodinya terlalu ramping alias kurus. Burung dengan kondisi seperti ini biasanya disebut dengan dada nyilet.

Jika sumber permasalahan berasal dari kurangnya asupan gizi, maka segera perbaiki kuantitas dan kualitas pakan yang biasa Anda berikan pada kenari.

Sesekali berikanlah pakan burung kenari bermerk, karena pakan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan pakan burung biasa.

Tambahkan pula suplemen dan multivitamin untuk menunjang kesehatan sang burung. Kalau menilik kebiasaan di Eropa, para pecinta burung biasanya akan memberikan terapi bee pollen untuk mengatasi masalah gizi ini.

Bee pollen atau serbuk bunga jantan sudah hadir dan tersedia di berbagai toko burung di Indonesia, jadi kami rasa tidak akan sulit mendapatkannya.

2. Untuk kenari kurang gerak

Saat burung kurang bergerak, ada dua kemungkinan yang terjadi. Yang pertama, burung jadi obesitas, dan yang kedua burung malah kurus kering.

  Suara Kenari Berbagai Jenis Bagus untuk Nambah Koleksi

Nah, keduanya tentu membawa dampak buruk bagi sang burung. Selain dapat merusak kualitas suara, kesehatan burung pun terganggu.

Coba perhatikan, mungkin sangkar yang Anda berikan terlalu kecil dan sempit sehingga menyulitkan burung untuk bergerak lebih.

Pada akhirnya, sang burung malah menjadi ogah-ogahan untuk bergerak dan menjelajah sangkarnya.

Segera ganti saja sangkarnya dengan yang lebih besar, selain itu berikan 2 atau 3 tangkringan yang diletakkan berjauhan sehingga memungkinkan burung untuk berlompatan.

Jarak antara wadah pakan dan minum pun sebaiknya dijauhkan. Dengan demikian burung jadi lebih banyak bergerak.

Otot-otot tubuhnya lambat laun akan terbentuk, sehingga burung tidak nampak kurus lagi.

3. Untuk burung yang terjangkit cacing

Untuk memastikan apakah burung Anda terjangkit cacing, lihat pada feses yang dikeluarkannya. Jika ada binatang kecil memanjang yang bergerak-gerak atau berbentuk bulatan kecil berwarna putih atau kuning – berarti itu telurnya, maka dapat dipastikan burung Anda terkena cacing.

Ciri-ciri lain burung yang terserang cacing adalah:

  • Burung selalu gelisah
  • Bulu-bulunya mekar dan nyekukruk
  • Matanya terlihat berair
  Praktik Terbaik Memaster Burung Kenari Agar Punya Isian yang Bagus

Segera lakukan penanganan dengan memberikan obat cacing khusus burung yang tersedia di toko-toko burung. Bacalah aturan pakai yang tertera pada kemasan sebelum memberikannya pada kenari Anda.

Kesimpulan

Melakukan pengamatan tentang penyebab burung kenari menjadi kurus adalah hal yang wajib dilakukan agar Anda dapat melakukan penanganan yang tepat dan segera memulihkan kondisi burung.

Kami berharap artikel ini bisa memberi manfaat bagi para pembaca sekalian. Silahkan share artikel ini agar lebih banyak lagi yang mengetahui cara menggemukkan burung kenari yang terlalu kurus.

Terima kasih atas kunjungannya, salam kicau mania!

3 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.